2016/11/03

Quilling Art – Membuat Lukisan Kertas Ucapan Ulang Tahun

BintangTop.com – Quilling Paper Art – Seni Kerajinan Menggulung Kertas.
Ketika sahabat terbaik ulang tahun pasti kita akan bingung cari-cari hadiah yang pantas diberikan di hari spesialnya, kan sobat ? Terkadang hadiah yang ada dipasaran tidak terlihat istimewa lagi dimata kita karena sudah terlalu umum ya, hmm kenapa kita tidak mencoba membuatnya sendiri?

Quilling Art atau Seni Quilling memang belum cukup populer di Indonesia, namun sangat pantas untuk dicoba sebagai salah satu alternatif untuk ucapan ulang tahun atau hiasan dinding, bahkan sebagai seni kerajinan. Karena alat dan bahannya yang mudah didapatkan disekitar kita. Yuk langsung simak aja cara membuat hadiah ulan gtahun dari lukisan quilling yang cantik dan elegan.

Quilling Art – Membuat Lukisan Kertas Ucapan Ulang Tahun

Membuat Lukisan dari Kertas dengan Teknik Quilling

Alat dan Bahan         :
1. Kertas Origami / A4 Warna
2. Gunting
3. Cutter
4. Jarum Quilling
5. Lem Fox
6. Lem Kertas
7. Kertas pola yang sudah di print (dalam hal ini saya menggunakan pola kepala siluet wanita lengkap dengan nama dan umur)
8. Penggaris
9. Pensil
10. Cutting Mat / Alas apapun yang bisa digunakan untuk memotong kertas.

Langkah Cara Pembuatan Lukisan untuk Ucapan Ultah dengan Seni Quilling

1. Potong-potong kertas origami atau A4 warna dengan ukuran lebar 0,5 cm, untuk permulaan silahkan gambar titik-titik di dua ujung kertas untuk kemudian garislah mempertemukan dua ujungnya dan kemudian potong menggunakan cutter. Lakukan hingga jumlahnya cukup banyak agar nanti saat proses perangkaian tidak perlu mengulang-ulang.

membuat lukisan orang dengan quilling paper

2. Ambil kertas pola yang sudah di print. Kemudian ambil potongan kertas warna peach (atau warna yang anda inginkan), beri lem fox disalah satu sisi kertas dan ikuti bentuk kertasnya sesuai pola.

3. Langkah selanjutnya adalah membuat alas / background, saya memilih warna merah dan kuning sebagai dasaran. Ambil selembar potongan kertas warna merah / kuning, ambil jarum quilling, dan gulung dari dua arah berbeda dan berlawanan (silahkan lihat gambar jika kebingungan). Buatlah cukup banyak, sisihkan terlebih dahulu.



4. Kemudian membuat hiasan bunganya sebagai aksen pinggir, ada dua jenis bunga yang saya buat. Yakni double flower dan single flower, proses pembuatannya hampir sama hanya saja double flower anda perlu menumpuknya dua kali dan dengan bentuk putik yang berbeda.

5. Membuat Double Flower (Bunga Ganda) :
Pertama silahkan gulung selembar potongan kertas hingga menjadi bulatan, lepaskan dari jarum. Beri lem diujungnya, rapikan. Bagian pertama, jepit pelan-pelan pada kedua ujung bulatan, lakukan pada 4 kelopak lain.



Buat putiknya dengan memotong kecil-kecil seperti rumbai di salah satu sisi potongan kertas, kemudian baru gulung menggunakan jarum quilling.



Rangkailah Putik dan Kelopak (putik ditengah dikelilingi 4 kelopak) sehingga menjadi bunga, ini untuk bunga bagian atas.





Bagian kedua, jepit pelan-pelan pada salah satu ujung bulatan, lakukan pada 4 kelopak lain.

Bunga bagian bawah :

cara bikin bunga kertas dengan quilling art

Rangkailah dengan cara menumpuk bunga bagian atas dan bawahnya.

membuat bunga ganda dari menggulung kertas
Gambar Rangkaian Double Flower / Bunga ganda

6. Membuat Single Flower / Bunga Tunggal :
Pertama silahkan gulung selembar potongan kertas hingga menjadi bulatan, lepaskan dari jarum. Beri lem diujungnya, rapikan. Kemudian jepit pelan-pelan salah satu ujung bulatan, lakukan pada 4 kelopak lain.

Buat putiknya dengan cukup menggulung kertas, namun jangan dilepas dari jarumnya, dan beri lem. Kemudian keempatnya satukan. (Caranya sama dengan saat membuat bunga besar pada double flower)

7. Membuat daun, ada 2 jenis daun yang saya gunakan.
Cara membuatnya sangat mudah, untuk daun yang pertama anda cukup membentuknya melalui selembar potongan kertas yang di bengkok-bengkokkan.



Untuk daun kedua, caranya sama seperti membuat bunga, namun bedanya ada pada jepitan tangan anda. Silahkan lihat gambar

membuat daun dengan quilling paper art

8. Membuat hiasan lain. Ambil 4-5 lembar potongan kertas dengan warna berbeda , tumpuk. Beri lem di salah satu ujung setiap kertas dan satukan. 



Kemudian ujung kumpulan kertas yang sudah disatukan silahkan gulung menggunakan jarum quilling, rapikan. Buat beberapa hiasan lagi, sisihkan.



9. Proses perangkaian, pertama susun single flower dengan posisi yang anda inginkan, namun jika saya menyarankan silahkan letakkan di ujung-ujung kertas agar nanti bisa nampak seperti membingkai.

10. Diikuti double flower dan rangkai daun quilling.
11. Pasang beberapa hiasan, dan kemudian barulah susun background sedemikian rupa.

12. Ingat bahwa prosesnya bisa anda bolak-balik, tidak harus berurutan.

13. Dalam membuat background pada lukisan saya, saya tidak memenuhinya. Karena menurut saya akan terlihat terlalu penuh jika background tertutup kertas secara keseluruhan.

Langkah Cara Pembuatan Lukisan untuk Ucapan Ultah dengan Seni Quilling

14. Beri finishing pada leher siluet dengan membuat quilling seperti cara membuat background dengan warna lain (dalam hal ini saya memilih merah muda).
  
15. Lukisan quilling ucapan selamat ulang tahun dan gambar wanita pun sudah jadi. Anda bisa menaruhnya didalam bingkai jika berkenan.

Sangat special untuk sahabat / orang terkasih ya. Untuk hasil jadi yang pertama jika tidak rapi tidak masalah, dalam seni quilling ini yang sangat dibutuhkan memanglah kesabaran dan ketelatenan.

Semakin sering para sobat BintangTop.com  membuat aneka kerajinan dengan seni kertas Quilling Art ini, maka hasilnya akan semakin rapi. Tertarik? Selamat mencoba dan berkreasi entah untuk hiasan, untuk kerajinan, dan sebagainya sesuai kebutuhan.

# Kembali ke :




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.