2016/09/14

Tutorial Menggunakan Sekering pada Listrik Rumah Tangga

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas beberapa alat-alat listrik yang umum digunakan di rumah, diantaranya adalah kWh meter dan MCB (miniature circuit breaker).

Alat tersebut berfungsi untuk menyambung atau memutus aliran listrik pada rumah tangga. Salah satu alat yang memiliki fungsi serupa adalah sekering atau Fuse.

Ingin tahu apa saja …
kegunaan dan penerapan pemakaian sekering pada rumah tangga?
Yuk simak penjelasannya di bawah ini:
  
a. Fungsi  Fuse
Sekering atau fuse merupakan alat yang berfungsi sebagai pengaman apabila terjadi konsleting listrik. Sekering dipasang untuk menghubungkan MCB dan beban listrik rumah tangga.
 Gambar di bawah merupakan contoh gambar aneka sekering. Biasanya sekering tersebut dipasang pada socket atau housing tertentu agar bisa diinstalasikan dengan MCB dan beban listrik. 
b. Cara Kerja Sekering
Apabila terjadi konsleting / korslet listrik akibat kelebihan beban atau hubung singkat, maka MCB tidak langsung terputus, melainkan sekering yang terputus terlebih dahulu. Oleh karena itu, inilah fungsi sekering yang disebut dengan fungsi pengaman. Maka apabila listrik padam akibat konsleting, kita hanya perlu menekan saklar sekering dan listrik akan kembali menyala.


c. Komponen Sekering
Bagian dalam sekering terdiri dari lilitan atau tembaga yang menyambungkan listrik. Namun, apabila sering terjadi kongslet maka daya tahan sekering menjadi berkurang. Bahkan sekering bisa terbakar apabila sudah melewati batas normal akibat listrik padam. Berikut adalah salah satu contoh sekering yang terbakar:

Tutorial Menggunakan Sekering pada Listrik Rumah Tangga

d. Penggantian Sekering
Apabila Fuse putus ataupun terbakar, tidak perlu khawatir. Sebelumnya kita perlu mematikan listrik rumah dengan cara menonaktifkan MCB. Selanjutnya kita perlu mengganti sekering yang bisa diperoleh di toko listrik terdekat.

- Jika dalam keadaan darurat, kalian juga bisa mengganti kawat atau serabut pada sekering dengan cara membuka bagian dalam sekering dan meletakkan kembali sekring pada socket (housing). Pastikan aliran listrik dari MCB telah terputus ketika mengganti sekring, demi keamanan dan keselamatan kerja.

Seiring perkembangan zaman, sekering mungkin sudah jarang digunakan sebagai pengaman listrik rumah tangga. Umumnya hanya menggunakan MCB (Miniature Circuit Breaker) untuk memutus dan menyambungkan aliran listrik.

Tetapi bagi sebagian besar orang, masih menggunakan sekering karena memang fungsinya lebih aman daripada hanya menggunakan MCB.

Demikianlah pembahasan artikel tentang sekering ini, semoga para sobat BintangTop.com bisa lebih aman dan nyaman dalam menggunakan pemakaian listrik.

Yuzwan P




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.