2016/08/28

Yuk Ketahui Alat-Alat listrik di Rumahmu Beserta Fungsinya

Setiap rumah yang telah dialiri listrik pasti di dalamnya terdapat beraneka alat alat listrik untuk mendukung aliran listrik tersebut, apalagi rumah rumah besar di kota. Namun, beberapa alat listrik tersebut tidak kita ketahui namanya.
Padahal … bisa jadi para sobat BintangTop.com sekalian udah biasa melihat setiap hari :)

Mungkin saja ada yang familiar, namun ada kesalahan penyebutan nama sehingga menjadi lucu bagi orang lain yang sudah tahu nama sebenarnya ^_^. Contohnya saja istilah “colokan” yang sangat familiar bagi kita. Nah apa saja sih alat-alat listrik tersebut? Yuk simak penjelasan singkatnya di bawah ini:

instalasi Alat-Alat listrik di Rumahmu Beserta Fungsinya
1. Saklar
Alat ini biasa disebut dengan “cetekan”. Saklar berfungsi untuk memutus atau menyambungkan aliran listrik pada suatu perangkat elektronik. Contoh penggunannnya adalah untuk menyalakan atau mematikan lampu.

Saklar

2. Fitting Lampu
Fitting lampu digunakan sebagai wadah untuk memasang lampu. Apabila tidak menggunakan fitting lampu, kita akan kesulitan menyambungkan lampu ke listrik.
Bagi yang awam, mungkin hanya sekedar menyebut namanya sebagai wadah lampu :)

Fitting Lampu
3. Steker
Steker inilah alat yang biasa disebut dengan “colokan”. Alat ini berpasangan dengan perangkat elektronik misalnya: televisi, kipas, charger, dll. Berfungsi untuk menyambungkan aliran listrik dari stop kontak ke perangkat elektronik.
Steker

4. Stop Kontak
Bentuk alat ini adalah terdapat dua lubang di dalamnya. Stop kontak berfungsi untuk menyambungkan steker ke aliran listrik. Hati-hati jangan sekali kali memasukkan jari anda ke lubang colokan atau stop kontak ini, karena bisa kesetrum :) ajari juga anak anak tentang menghindari bahaya setruman listrik.

Stop Kontak

5. Sekering / Fuse
Sekering berfungsi sebagai pengaman pada instalasi listrik di rumah tangga. Di dalamnya terdapat fuse, apabila terjadi korsleting listrik maka sekering akan terputus. Jadi mencegah terjadinya ledakan akibat korsleting listrik. saat ini model sekering mulai jarang digunakan.
sekering jadul untuk listrik rumah yaitu dari batu berbentuk kerucut, dan sekering yang lebih baru yaitu sekering otomatis seperti pada gambar berikut ...

Sekering / Fuse

6. MCB
MCB merupakan singkatan dari Miniature Circuit Breaker. Alat ini berfungsi sebagai penyambung atau pemutus aliran listrik dari PLN sebelum dialirkan ke beban elektronik. MCB telah menggantikan fungsi sekering.
Miniature Circuit Breaker
7. Stabilizer
Jika tegangan listrik di rumah anda sering naik-turun, stabilizer adalah solusinya. Alat ini berfungsi untuk menstabilkan tegangan listrik, dengan cara menyimpannya pada stabilizer dan dialirkan ke beban elektronik (TV, kulkas, komputer, dll).

Baca Juga :
- Tips memilih dan Cara Pasang Stabilizer pada perangkat listrik

Stabilizer
8. kWh Meter
Setiap rumah yang dialiri listrik, pasti terpasang kWh meter. Alat ini berfungsi untuk mengukur pemakaian daya listrik di rumah tersebut. Kemudian hasilnya dicatat oleh petugas PLN untuk dibuat tagihan listrik.

kwh meter

Nah, demikanlah beberapa penjelasan dan kegunaan dari beberapa alat alat listrik yang terdapat di rumah. Diharapkan para sobat BintangTop.com bertambah wawasannya dan bisa menyalurkan ilmunya ke orang lain. Semoga bermanfaat ya guys !

Baca Juga :
- Cara Mudah menghitung biaya listrik rumah, biar bisa menghemat




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.