2016/06/07

Ubah HP mu jadi Proyektor 3D Hologram dgn Plastik Mika

Dulu Hologram 3 Dimensi … hanya terealisasi di film filem, sampai pada akhirnya terciptalah teknologi manipulasi video untuk menampilkan bentuk 3D secara nyata bahkan dapat dibuat berinteraksi dengan manusia.

Saat ini, Para sobat BintangTop.com gak perlu memiliki proyektor super canggih untuk menghadirkan Hologram 3 Dimensi di rumah sobat, karena pada tutorial kali ini … kita akan membuat proyektor sederhana ala kadarnya, menggunakan Hp dan video youtube atau aplikasi android, tapi hasilnya menakjubkan … Wow !.
                 
Btw, Sebagian besar orang telah membuat proyektor ini dari Cover CD, menurut saya … sayang kalau cover CD harus dirusak, karena cover tersebut masih bisa dipakai untuk menyimpan CD biar awet (saya termasuk orang yang suka burning data Ke DVD karena Cd/Dvd merupakan salah satu media penyimpanan yang anti virus).
Belum lagi Cover CD lumayan tebal dan bakalan cukup susah untuk memotongnya.


Beberapa hari kemarin, tidak tahu bagaimana, tercetus ide membuat proyektor 3D Hologram tapi dengan mengganti bahan utamanya. Ide pertama datang berupa plastik pembungkus satu set tang yang baru saya beli kemaren. Plastiknya lumayan keras. Dan ternyata saya cari kemana-mana tak ketemu juga. Sudah terbuang hiks.

Akhirnya saya punya ide membuatnya dari :
- Plastik mika yang biasa dipakai buat jilid di fotocopian
- Alternative lainnya … saya menggunakan plastik bekas pembungkus minyak goreng.

Dan luar biasanya, It’s Work! Yuhu sukses semuanya.

Langsung saja caranya (Saya jabarkan dengan plastik mika ya)



Cara Membuat Proyektor Hologram 3 Dimensi dengan Handphone

1. Gunting plastik mika dengan ketentuan sesuai gambar
Karena yang dibutuhkan adalah bentuk piramid, sehingga bentuk mika yang diinginkan tersebut ada empat, cara mudahnya sebelum memotong adalah dengan melipat plastik mika hingga menumpuk empat sehingga nanti sekali potong kita akan mendapatkan 4 potong sekaligus.

plastik mika

2. Satukan empat potongan mika tersebut dengan selotip. Jika anda bermaksud membuat guntingan langsung menggandeng pyramid sehingga tak perlu selotif, kelemahannya nanti adalah ketika proyektor di aplikasikan maka bentuk segi empat kurang membentuk persegi yang sesuai (saya sudah mencobanya, bentuknya jadi mletot :)
  
3. Cari video youtube yang menampilkan gambar untuk proyeksi 3D. Berikut salah satu list video pencarian saya kemarin (cukup banyak galery videonya)  …
https://www.youtube.com/playlist?list=PLMnOej5-vrrCAkrD7pOZ-XHjI8zvtQbXc

Atau silakan install aplikasi android, cari di google play store ... Vyomy 3D projector
(Vyomy menyediakan beberapa macam video 3d hologram, ingat ... banyak aplikasi lain yg hanya bohongan dan mengecewakan ... saya rekomendasikan yang punya Vyomy saja)

4. Letakkan mika yang membentuk piramid dengan posisi terbalik di atas HP / smartphone.



5. Nyalakan video dan selamat menikmati tampilan 3D yang ditampilkan proyektor sederhana  buatan kita.

Proyektor 3D Hologram dari Plastik Mika/Bungkus Minyak
Proyektor 3D hologram dengan Plastik mika

- Untuk menonton tampilan terbaik 3D hologram dengan proyektor buatan kita ini, paling sesuai adalah di malam hari di tengah kegelapan. Sebelumnya jangan lupa setting smartphone untuk kecerahan layar paling poll maksimal dan layar smartphone setting otomatis rotasi agar video 3D dapat tampil lebih melebar sehingga visual 3D yang ditampilkan akan lebih besar pula.

- Untuk pembuatan dengan menggunakan plastik bekas pembungkus minyak goreng, caranya hampir sama saja. Hanya saja anda perlu mencuci plastik terlebih dahulu untuk menghilangkan sisa minyak. Dan hanya gunakan bagian plastic yang berwarna bening.

Cara Membuat Proyektor Hologram 3 Dimensi dengan Handphone
Proyektor 3D hologram dengan Plastik Minyak goreng

Pics : Sayekti A

Keunggulan menggunakan plastik bekas minyak ini adalah … para sobat BintangTop.com tidak perlu membeli bahannya, mudah di dapet pula.
Kelemahannya … nanti bentuk piramida yang dihasilkan akan kurang membentuk dengan pas serta kurang kokoh. 

Mudah Pembuatannya, Tapi Hasilnya … Wow Menakjubkan !




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.