2016/06/04

Modifikasi Charger Bekas (HP) Menjadi Adaptor

Charger merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mengisi daya baterai. Apalagi di era teknologi gadget saat ini, charger sangat penting bagi gadget sobat, hampir semua orang memiliki charger untuk mengisi daya ponselnya.

Namun, terkadang kualitas charger tidak semuanya bagus. Pemakaian yang berlebihan dan perawatan yang tidak sesuai dapat menyebabkan ujung charger menjadi rusak.
Tapi, para sobat BintangTop.com jangan dulu langsung membuangnya ... Charger bekas sobat, masih bisa digunakan kembali lho, sebab hanya ujungnya saja yang rusak.
  
Pada tutorial kali ini kita akan memanfaatkan charger bekas dengan cara dimodifikasi menjadi adaptor bagi perangkat lain. Misalnya untuk adaptor arduino, tape recorder, atau untuk sumber daya project elektronika sobat. Yuk langsung aja kita simak bagaimana cara membuatnya:

Cara Modifikasi Charger Second Menjadi Adaptor lainnya

Alat-alat :
• Charger bekas (ukuran 5v /12v) @1 buah
• DC jack power male @1 buah
• Pengupas kabel (atau bisa pakai cutter)
• Tang potong

Langkah – Langkah Reparasi :

1. Siapkan charger dan jack yang akan digunakan, berikut ini contoh gambarnya:



2. Potong ujung charger dengan tang potong dan kupas isinya. Ketika telah dikupas akan terdapat 2 kabel yang terisolasi. Biasanya kabel positif berwarna putih atau merah, dan kabel negatif berwarna hitam. Agar lebih mudah mengenalinya kabel negatif mayoritas berwarna hitam.

3. Kupas isi kabel putih dan hitam tersebut dengan menggunakan pengupas kabel, Jika sobat tidak memiliki pengupas kabel, dapat menggunakan cutter.

4. Setelah dikupas kabelnya, maka hasilnya akan seperti ini:



5. Lepaskan bagian-bagian pada DC jack dengan cara diputar, bagian inti akan digunakan untuk melilit kabel sedangkan bagian luar yang berupa socket pelindung. Setelah dibuka akan menjadi seperti ini:

Cara Modifikasi Charger Second Menjadi Adaptor lainnya

6. Masukkan socket hitam pada kabel charger. Ingat, masukan terlebih dahulu socketnya sebab apabila bagian inti sudah dililit kabel akan sulit untuk memasukkan socketnya.



7. Lilitkan kabel yang berwarna putih pada bagian dalam inti (lempengan pendek) dan kabel hitam pada bagian luar inti (lempengan panjang). Lilitan juga bisa disolder agar permanen dan lebih kuat. Supaya lebih jelas dapat melihat gambar dibawah ini:



Nb: pemasangan ini disesuaikan pada female jack perangkat lain, jangan sampai terbalik karena bisa mengakibatkan korsleting atau hubung singkat.

8. Tutup bagian inti oleh socket dengan cara diputar.

9. Jika ingin semakin rekat socketnya, sobat bisa menambahkan lem. Setelah ditutup hasilnya menjadi seperti ini:

Modifikasi Charger Bekas (HP) Menjadi Adaptor
Pics : D. yuzwan P

10. Charger bekas telah berhasil dimodifikasi, untuk pemilihan jack tergantung kebutuhan sobat, bisa juga dihubungkan dengan USB/microUSB/miniUSB.

Bagaimana menurut sobat ? Semoga bermanfaat ya, jadi para sobat BintangTop.com dapat mengurangi jumlah sampah dan limbah elektronik dengan cara memanfaatkan charger bekas ini.

Selamat Mencoba!




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.