2016/06/08

5 Trik Atasi Resliting Rusak, Macet, DLL Tanpa Ganti baru

Ngomongin baju, biasanya baju kesayangan adalah baju yang sering kali dipakai. Saking terlalu sayangnya karena nyaman dipakai, kadang kala baju setelah dipakai, dicuci, kering langsung dipakai lagi. Saking seringnya dipakai, tak heran jika baju cepat kucel atau bisa saja rusak di beberapa bagian.

Salah satu hal yang paling mengganggu adalah jika resleting celana jeans kita rusak. Mau mengganti resleting di celana jeans itu kok males sekali. Bahan celana jeans yang tebal bikin susah jahit-jahit sendiri, nunggu tukang permak lewatnya kapan. Tapi ternyata ada cara sederhana untuk mengatasi celana jeans yang rusak.
1. Cara memperbaiki resleting yang Rusak / Jebol tanpa menggantinya :

1. Pada resleting yang rusak, tarik kebawah mata resleting hingga batas ujung resleting. Hal ini bertujuan untuk mengukur dimana kita akan menggunting sedikit resleting agar mata resleting bisa masuk pas dan mengguntingnya tidak terlalu kebawah.
2. Gunting pada batas mata resleting yang telah dibawa kebawah tadi.

3. Masukkan mata resleting pada guntingan yang telah dibuat.
4. Mata resleting yang telah dimasukkan tarik ke atas untuk mengecek apakah resleting sudah berfungsi dengan baik.

5. Jahit tepat diatas guntingan. Proses menjahit ini bertujuan agar ketika resleting dibuka kebawah maka resleting tidak akan lepas lagi.
6. Resleting sudah kembali normal. Jika jahitan terlihat kurang rapi, dapat pula menambahkan kancing untuk menutupi jahitan tersebut.

 Cara memperbaiki resleting yang Rusak / Jebol tanpa menggantinya

2. Cara memperbaiki resleting yang Macet :

Langkah diatas sangat cocok untuk mengatasi salah satu mata resleting yang lepas. Lantas bagaimana jika masalahnya adalah resleting macet ??

a. Lilin
Gosokkan lilin pada gerigi resleting baik sebelah kanan maupun kiri serta sisi depan dan belakang. Lalu jalankan resleting. resleting bakalan jadi lancar kembali.

b. handbody lotion atau sabun mandi.
Alernatif pengganti lilin, Caranya sama cukup dengan mengoleskannya di gerigi resleting baik secara langsung dengan jari maupun dengan bantuan cutton bud. Hati-hati mengoleskannya dan jangan terlalu banyak karena bisa meninggalkan noda di bahan celana anda.

3~4. Solusi Cepat – Kancing Celana Lepas & Pinggang Kebesaran

- Trick paling simple jika anda belum sempat menjahitnya adalah dengan menggunakan bantuan binder clip. Klipkan saja pada celana. Binder clip ini juga dapat digunakan jika lingkar pinggang celana anda kebesaran.

- Dan jika kancing celana anda kain serta kancingnya cuma hampir lepas, maka olesi bagian jahitan kancing dengan cat kuku. Cara ini akan cukup lama menahan kancing tetap ditempat hingga anda dapat menjahit ulang kancing yang hampir lepas tersebut.

5. Solusi praktis – Kancing Celana selalu turun

Untuk resleting lama yang mudah turun meski sudah dinaikan, dapat menggunakan bantuan Ring gantungan kunci. Kaitkan bulatan gantungan kunci pada resleting dan setelah menarik resleting sampai atas, kancingkan kaitan gantungan kunci tadi pada kancing celana maka resleting tak akan turun-turun lagi :)

Adakah masalah Resliting lainnya yang pernah dialami oleh para sobat BintangTop.com lainnya ?? yuk di share problem / tips mengatasinya.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.