2016/06/13

5 Tips Kendalikan Pengeluaran Agar Dompet Tidak Kebobolan

Setiap orang pasti memiliki kebutuhannya masing-masing. Tapi, siapa di antara kamu yang merasa antara kebutuhan dengan penghasilan tidak berimbang?
Nah, jangan buru-buru menyalahkan penghasilanmu. Bisa jadi ada yang salah dari penentuan prioritas, cara, hingga kebiasaan pemenuhan kebutuhan pribadi kamu selama ini lho.

Supaya tidak salah langkah, para sobat BintangTop.com bisa mengatur ulang prioritas kebutuhan utama. Mulai dari kebutuhan tempat tinggal kamu seperti rumah pribadi atau sewaan.

Yuk simak …
5 Tips Mengendalikan Pengeluaran Rumah Agar Dompet Tidak Sering Kebobolan :

1. Belanja kebutuhan di pasar tradisional
Nah, untuk kamu yang bisa memasak baik yang mahir ataupun biasa saja bisa memaksimalkan biaya makan dengan membeli bahan bahannya di pasar tradisional.
Dengan ditambah dengan sedikit jurus tawar menawar harga, dijamin pegeluaran makanmu lebih hemat dibandingkan kamu membeli makanan siap saji.

- Sedangkan bagi kamu yang tidak mahir memasak bisa mulai mengeksplorasi kemampuan memasakmu secara perlahan. Yup, kemampuan ini menjadi penting karena bisa memangkas pengeluaranmu secara efektif.

5 Tips Mengendalikan Pengeluaran Rumah Agar Dompet Tidak Sering Kebobolan
2. Hemat pemakaian listrik
Yuk mulai sekarang biasakan disiplin dan bijak dalam menpergunakan pasokan listrik bagi kebutuhanmu. Jangan biarkan perangkat lelektronik seperti lampu, charger, atau lainnya dibiarkan bekerja tanpa ada fungsi dan manfaatnya.
- Jika bijak mempergunakannya untuk hal hal yang sangat dibutuhkan, kamu bisa rasakan perbedaan pengeluarannya deh.

3. Minimalisir biaya transportasi
Bagi kamu yang beraktifitas di dunia perkuliahan atau bekerja, memperhatikan jarak tempuh antara tempat tinggal dan tempat tujuan bisa menjadi metode efektif dalam meminimalisir pengeluaran lho.

- Caranya, bagi kamu yang beraktifitas rutin untuk belajar atau bekerja di tempat yang jaraknya relatif dekat bisa menggunakan alat transportasi yang ramah lingkungan, sehat, dan hemat biaya seperti sepeda.
- Sedangkan bagi kamu yang harus menempuh jarak cukup jauh untuk belajar atau bekerja bisa memperhitungkan antara pengeluaran dengan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Selain itu jangan lupa memperhitungkan efektifitas antara jarak dan waktu tempuh.

Jika terbukti lebih hemat dan cepat sampai ke tempat tujuan dengan menggunakan kendaraan umum, maka kamu bisa mulai membiasakannya nih.

4. Miliki gaya hidup sehat
Meski tidak berdampak langsung, jangan sekali-sekali sepelekan gaya hidup sehat. Yup, pola hidup sehat bisa jadi pola konsisten dalam hidupmu karena bisa mencegah banyak datangnya penyakit yang justru akan menambah pengeluaran kamu nantinya.

- Selain itu, dengan membatasi konsumsi junk food atau makan cepat saji, rutin makanan sehat yang kaya serat serta rutin berolahraga akan menjadi kombinasi agar pengeluaran kamu teralokasikan dengan baik deh.

Sisihkan 10 – 20 % penghasilanmu untuk investasi bisnis lainnya

5. Sisihkan 10 – 20 % penghasilanmu untuk investasi bisnis lainnya
Terakhir, namun tidak kalah pentingnya adalah alokasi penghasilanmu sebanyak 10 – 20 % untuk investasi.

- Yup, menyisihkan penghasilanmu sebagai investasi tersebut dimaksudkan agar nantinya dana itu bisa dialihkan untuk mengembangkan usaha lainnya.
- dengan begitu … perputaran uang kamu bukan hanya masuk dari satu pintu dan keluar ke banyak tempat. Selain itu, investasi tersebut bisa juga menjadi tabungan untuk kebutuhan jangka panjang kamu lho.

Nah, apakah para sobat BintangTop.com udah mulai menelusuri setiap pengeluaran? 
Silakan aplikasikan tips dan trik di atas menyesuaikan kehidupan kamu, dan semoga dompet kamu tidak kebobolan terus lagi ya.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.