2016/06/20

Ini loh 5 Jenis Warna Tempat Sampah yang Perlu Kamu Ketahui

Supaya gak gagal paham, kamu perlu tau 5 jenis warna tempat sampah yang tersedia.
Ternyata … permasalahan terkait lingkungan kita sudah tidak bisa diremehkan lagi lho. Salah satu dampak besar yang sering disepelekan oleh banyak warga adalah sampah.

Gara-gara tidak membuang pada tempatnya, kini sampah menyebabkan banjir, bahkan kerusakan lingkungan dalam skala besar. Bahkan, belum lama ini beberapa laman berita yang mengulas tentang lingkungan merilis dampak sampah plastik yang menyengsarakan beberapa biota laut.

Melihat kejadian tersebut seharusnya pintu hati kita terketuk untuk melestarikan lingkungan ini, tidak ada kata untuk terlambat kok. Salah satu cara sederhananya adalah dengan membuang sampah pada tempatnya.

Nah, niat baik kamu untuk membuang sampah pada tempatnya juga harus dibekali oleh pengetahuan supaya tidak salah. Karena, setidaknya saat ini

5 Jenis Warna Tempat Sampah yang Perlu Kamu Ketahui

Ada Lima Jenis Tempat Sampah Yang Kamu Perlu Ketahui, yaitu:

1. Tempat sampah organik (warna hijau)
Jenis tempat sampah berwarna hijau merupakan wadah untuk sisa makanan organik. Nantinya, sampah jenis ini bisa dijadikan pupuk kompos.
Biasanya sampah organik berupa daun-daunan, bekas sayuran, dll. Selain itu, tempat sampah jenis ini juga berperan mempercepat pembuatan kompos.

2. Tempat sampah non organik (warna kuning)
Warna kuning menjadi ciri khas bagi tempat sampah untuk jenis non organik, seperti plastik bekas, kemasan air mineral berbahan plastik, dll.
Nah, dengan memberikan wadah terpisah pada jenis sampah ini, proses pemilihan bahan saat daur ulang akan berjalan lebih mudah karena tidak tercampur dengan bahan jenis lainnya.

3. Tempat sampah non organik berbahaya/B3 (warna merah)
Sampah jenis ini harus dipisah karena biasanya berasal dari B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun), yaitu sampah kaca, kemasan detergen atau pembersih lainnya, serta obat nyamuk atau pembasmi serangga dan sejenisnya.
Hal tersebut berguna supaya sampah jenis ini tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan orang lain dan makhluk hidup lainnya.

4. Tempat sampah non organik berbahan kertas (warna biru)
Yup, sesuai namanya, tempat sampah berwarna biru ini diperuntukan bagi sampah jenis kertas. Pemisahan sampah kertas bermanfaat untuk mempermudah pengerajin dan industri daur ulang untuk mengolah sampah menjadi kebutuhan lainnya.

5. Tempat sampah residu (warna abu-abu)
Wadah jenis ini diperuntukan bagi sampah residu atau berupa ampas yang berasal dari selain empat jenis sampah di atas.

By the way,
Semoga pengetahuan dasar tentang jenis tempat sampah yang telah disampaikan diatas bermanfaat bagi para sobat BintangTop.com yang kini semakin peduli dengan lingkungan ya.

Artikel berhubungan :




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

  1. Oh ternyata warna tempat sampah tersebut merupakan kode jenis sampahnya ya mba???,,,ahaa baru tahu nih saya.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.