2015/10/15

Ubah KARDUS SUSU jadi Wadah Compartement SERBA GUNA

Jangan buang kotak susu sehabis minum, jika para sobat BintangTop.com membeli susu cair semisal ultra milk, indo milk, atau Frisian flag / susu bendera cair, terutama yang kemasan 1 liter atau kemasan kecil, maka …

kemasan atau box nya dapat dikumpulkan beberapa buah untuk di ubah menjadi wadah serba guna, yaitu wadah dengan sekat-sekat atau istilahnya container compartment, nanti bisa untuk menyimpan barang-barang kecil, mainan anak, peralatan menjahit, bahkan untuk kosmetika dan cindera mata semua tergantung kebutuhan mau dipakai apa saja terserah ^_^

Cara Merubah Kotak Susu menjadi Wadah Bersekat Serba Guna

Alat dan Bahan :
a. Kemasan kardus - bekas susu cair 1 liter – 4 buah.
atau bisa juga menggunakan bekas kemasan susu cair mini (susu anak-anak) – 12 buah.
b. Kain katun atau kain kaos juga boleh, idealnya kain bermotif.
c. Pita (optional) – 1 roll, untuk hiasan.
d. lem - secukupnya
e. Gunting
f. Pensil dan Penggaris
f. Lembaran kardus lebar – 1 buah, misal bekas kardus sepatu.

Cara Merubah Kotak Susu menjadi Wadah Bersekat Serba Guna

Langkan Membuat Compartment Container

1. Pemotongan kemasan susu
Potonglah Kardus susu cair (kemasan 1 liter) menjadi 3 bagian, hasilnya menjadi box kotak dengan lubang atas dan bawah, dari 1 kemasan susu setidaknya bisa di buat 3 box. Maka dari 4 kemasan menghasilkan minimal 12 buah box.

- Para sobat BintangTop.com bisa juga memanfaatkan kemasan susu cair yang kecil (susu anak-anak) … maka 1 kemasan hanya menjadi 1 box, sehingga diperlukan sebanyak 12 buah kemasan jika menggunakan box susu cair anak-anak, serta dimensi keseluruhan wadah kompartement yang dihasilkan nantinya juga menjadi lebih kecil.

Pelapisan kain dalam2. Pelapisan kain dalam
Ukur panjang lebarnya box, lalu gunting kain sesuai ukuran untuk ditempelkan sebagai dinding dalam box, serta tambahkan panjangnya sehingga bagian atas dan bawah box kainnya di lipat keluar sekitar 1 cm dan di lem.
Lakukan hal serupa pada 12 box yang ada, sehingga kini bagian dalam box sudah tertutupi semua dengan kain.

3. Merangkai 12 box menjadi kompartemen / Sekat-sekat
Tempelkan masing-masing box tadi satu sama lain, dengan cara merekatkan dengan lem pada setiap dinding luar box di bagian atas dan bawahnya.
Setelah semua bergandengan, maka terbentulah 12 sekat / kompartement.

Membuat dasar container4. Membuat dasar container
Rangkaian sekat 12 box tadi … letakkanlah diatas lembaran kardus bekas sepatu, dengan ini sobat dapat melakukan pengukuran untuk pemotongan lembaran kardus sesuai dimensi rangkaian compartement.
Buatlah potongan lebih lebar pada ke empat sisi, untuk dilipat sebagai dinding luar rangkaian kompartement. Dengan demikian lebarnya harus sama dengan ukuran tinggi kompartement (lihat gambar).


- Lapisi bagian dalam kardus sepatu yang sudah dipotong tadi dengan kain sebagai dasar wadah, sedangkan bagian dalam kertas yang dilipat tidak perlu di lapisi kain, melainkan di beri lem untuk direkatkan pada dinding luar rangkaian kompartement / sekat.

5. Pelapisan dinding luar Wadah
Setelah rangkaian 12 sekat sudah di rekatkan dengan dasar dan dinding luar wadah dari kardus sepatu, saatnya melapisi dinding terluar wadah dengan kain, untuk hasil yang lebih indah … tambahkan pita di bagian atas secara keliling.

Ubah KARDUS SUSU jadi Wadah Compartement SERBA GUNAYap … Wadah ? Container dengan 12 sekat / compartment telah jadi …
Mau dipakai untuk wadah apapun bisa, entah untuk kosmetika, perhiasan, peralatan jahit, mainan anak, dan sebagainya

- dengan cara yang serupa diatas, bila dirasa perlu, para sobat BintangTop.com dapat menambahkan cover / penutup atas dari lembaran kardus bekas sepatu juga, (lihat gambar paling atas) dan dilapisi kain serta dihiasi pita agar keren.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.