2015/10/11

Trik Membuat PER/PEGAS dari KARDUS bekas

Per atau pegas biasa digunakan sebagai peredam kejut, penahan getaran, pelontar, atau untuk melindungi suatu benda dari benturan … dari berbagai alasan dan kebutuhan yang sekiranya nanti sobat butuhkan entah untuk apa saja … berikut merupakan kreasi per atau spring yang dibuat dengan memanfatkan kardus bekas.

Umunya per berbentuk bulat spiral, namun karena dari lembaran kardus, kita akan membuat dengan cara berbeda, yaitu per segi empat ...

Cara mengubah kardus menjadi Per / Pegas
Siapkan 3 macam barang saja :
a. Lembaran kertas kardus
b. Gunting
c. Isolasi kertas, kalau tak ada bisa pakai isolasi plastik.

Contoh Pembuatan Cardboard Spring / Per Kardus

1. Siapkan lembaran kardus dan guntinglah beberapa potongan dengan ukuran kotak 7 cm x 7 cm. dalam contoh ini sedang dibuat 6 potongan kotak.

Pembuatan Cardboard Spring / Per Kardus

2. Kontruksi kertas kardus.
Jika kita perhatikan, sebenarnya kertas kardus terbentuk dari 3 lapisan, yaitu lapisan dalam berupa kertas gelombang, bentuk gelombang membuat lembaran kardus menjadi kuat dan tidak mudah tertekuk, ini adalah bagian rangka / tulangan kardus.
Lalu ada 2 lapisan luar bolak balik berupa kertas lembaran tipis sebagai penutup atau cover dari kertas gelombang tadi.



- Yang perlu dilakukan adalah …
Kelupaslah lapisan luar kertas kardus sekitar 2,5 cm saja, kelupas pada bagian kiri dan kanan serta baliknya juga.
lakukan hal yang sama pada potongan kardus lainnya. Lihat gambar.
- disini bisa kita lihat bahwa kertas yang dikupas otomatis akan melengkung (jawa: ngelinting). Lengkungan kertas menjadikannya lebih kaku dan inilah yang akan dimanfaatkan untuk daya spring.

3. Waktunya bikin per …
Gabungkan potongan kardus kotak dengan potongan lainnya secara bersusun keatas, dengan cara … bagian pinggir kertas terkupas / lengkung tadi direkatkan satu sama lain dengan menggunakan isolasi kertas.
Setelah semua di tumpuk dan diisolasi bagian kertas lengkungnya … maka … Cardboard Spring / Per Kardus telah jadi …

Pics : Selkey MB
Trik Membuat PER / PEGAS dari KARDUS bekasSilakan coba ditekan-tekan pakai jari, maka … tweng…weng..weng … susunan kardus akan mantul-mantul ^_^ dan coba juga jatuhkan dari atas maka akan terpantul di lantai beberapa kali.

- Silakan coba dengan membuat kotak dengan ukuran berbeda, missal lebih besar dan lebih kecil dari 7cm x 7cm, maka akan didapatkan hasil yang berbeda dari segi daya springnya. Bahkan untuk mainan pun juga lucu :)


Gaya pegas dari kardus ini nanti dapat dimanfaatkan untuk apa saja tergantung kebutuhan, yang mungkin nanti sobat membutuhkan.
Yang jelas … konsep pegas dan spring power dapat dimanfaatkan sebagai peredam kejut, penahan getaran, pelontar / pelempar, ataupun untuk melindungi suatu benda dari benturan, penarik / pendorong ke posisi semula, dan sebagainya.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.