2015/10/01

Trik Ideal - MEMOTONG KACA Bulat dengan Cutter Jangka

Tulisan ini sebagai lanjutan (alternatif) dari tulisan sebelumnya … Trik Manual - Memotong Kaca Secara Lingkaran/Bulat, dimana dalam tulisan tersebut para sobat BintangTop.com tidak menggunakan alat khusus pemotong kaca bulat.
Untuk teknik kedua ini adalah merupakan cara ideal dalam memotong kaca secara lingkaran, yakni menggunakan cutter kaca khusus model jangka yakni memiliki lengan (arm) dan poros tengah (center point).

Pemotongan Kaca secara lingkaran dengan Cutter jenis Jangka / berporos.
Dengan alat ini, kelebihannya :
- Pemotongan dapat sobat lakukan dimana saja, baik di meja besar/panjang maupun di lantai secara bebas, karena sobat tidak perlu berputar menglilingi kaca seperti pada teknik manual sebelumnya, melainkan pisau ini yang akan berputar.
- hasil potong lingkaran lebih halus sempurna, dan lebih mudah dalam mengatur radius lingkaran, tinggal main geser mata pisau pada rel/lengannya.

Siapkan Alat dan Bahan :
a. Cutter / Alat Pemotong kaca model compass / jangka
b. Minyak sembarang (sedikit saja)
c. Kaca atau cermin yang hendak di potong.



Cara Pemotongan Kaca secara Bulat dengan Glass Cutter Compass

 1. Siapkan kaca diatas meja, untuk kaca kecil - berilah lamakan kain agar tidak licin dan menjadikan kaca mudah bergeser terhadap meja.
Pasang cutter kaca diatas kaca, posisikan poros / center point dimana posisi pusat lingkaran mau diletakkan, pencet tuas yang ada sehingga poros ini merekat kuat pada kaca.

Trik Ideal - MEMOTONG KACA Bulat dengan Cutter Jangka2. Tentukan besar radius lingkaran dengan menggeser mata pisau pemotong kaca yang terdapat pada lengan (arm).

3. Olesi mata cutter dengan minyak, Pegang poros tengah dengan tangan kiri dan lakukan penggaretan dengan menggerakkan lengan pisau berputar disertai penekanan yang cukup (sampai terdengar decit suara penggoresan)


Catatan :
- Menggores kaca harus sekali jalan, mengulang penggoresan dapat menimbulkan garis ganda yang beresiko belahan kaca menjadi tidak halus / retak.

4. Baliklah kaca sehingga goresan melingkar berada dibawah. Lakukan penekanan pada bagian atas kaca dengan 2 jari (jempol dan telunjuk) di bagian dalam  pinggir lingkaran. Dengan penekanan secukupnya sampai terdengar suara krek ! tanda kaca bulat telah terdorong bergeser dari kaca luarnya namun belum bisa lepas. Jangan memaksa kaca bulat keluar, nanti menyebabkan pecah.


melepaskan kaca bulat dari bingkai luarnya dengan cara …
Buatlah goresan lurus pada beberapa sudut di luar lingkaran, yang menghubungkan garis lingkaran dengan tepi luar kaca.
garetan lurus ini untuk mematahkan kaca luar lingkaran menjadi beberapa bagian.
Untuk lingkaran diameter kecil maka cukup 4 garis saja.

Cara Pemotongan Kaca secara Bulat dengan Glass Cutter Compassc. Ganjal kaca dengan penggaris besi atau lainnya pada bagian dalam lingkaran, lakukan penekanan / pemukulan perlahan di sekitar luar lingkaran, maka kaca luar lingkaran akan pecah satu per satu terlepas dari kaca bulatnya, dan tinggal tersisa kaca bulatnya.

Pastikan para sobat BintangTop.com  sudah paham dengan tutorial sebelumya :

Artikel Berhubungan :





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

3 comments:

  1. Min saya berada di lampung timur di mana saya bosa mendapatkan alat tersebut

    ReplyDelete
  2. Min saya berada di lampung timur di mana saya bosa mendapatkan alat tersebut

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli online aja gan ... banyak ...
      termasuk lazada/tokopedia.

      Delete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.