2015/10/01

TIPS Darurat – Cara Memotong KACA dengan GUNTING Biasa

Apa yang saya sebut darurat disini adalah … sobat tidak memiliki alat khusus - cutter / pisau pemotong kaca, sementara pemotongan kaca minta segera dilakukan, dan karena sifatnya darurat maka sobat tidak masalah dengan hasil potongan yang tidak se halus / sempurna seperti halnya jika kita menggunakan glass cutter.

Dalam tutorial ini, kita akan sharing cara memotong kaca bentuk persegi panjang tak beraturan untuk dipotong menjadi lingkaran / bulat.

Cara Potong kaca dengan Gunting biasa
Alat dan bahan :
a. kaca / cermin yang mau dipotong.
Untuk teknik gunting ini, memiliki keterbatasan, yaitu cocok untuk kaca yang tipis tebal 2 mm, 3 mm, atau 4 mm, misalnya cermin,  maximal tebal kaca yang dipotong adalah sekitar 5 mm., lebih tebal dari itu maka lebih sulit untuk dilakukan dengan resiko crack / pecah. Makin tipis kaca tentunya menjadi lebih mudah.
b. Gunting besar / gunting plat / Gunting seng (jangan gunting kertas ya :) natinya guntingnya yang patah :)
c. Wadah besar / baskom diisi air bersih.

TIPS Darurat – Cara Memotong KACA dengan GUNTING BiasaTips Menggunting Kaca (dalam contoh ini, dari persegi menjadi bulat) :

1. Siapkan kaca, pegang dengan tangan kiri, celupkan ke dalam baskom air.


2. lakukan pengguntingan dimulai dari tepi kaca selebar beberapa mm saja dan terus berlanjut menggunting lagi semakin ke dalam. Jadi … pengguntingan harus dibuat bertahap, sedikit-sedikit sampai akhirnya pinggiran kaca habis menuju tanda lingkaran. Pengguntingan kaca yang terlalu lebar dan langsung lurus, selain berat saat pengguntingan juga sangat berisiko retak dan memecahkan kaca.

pemotongan kaca harus dilakukan dalam airSangat Penting, untuk safety / keamanan :
- pemotongan kaca harus dilakukan dalam air, agar serpihan kaca tidak terlempar ke udara / mengenai kulit.
Selain itu, menurut teori kimiawi … air akan membantu pemotongan kaca lebih mudah. saya kurang paham karena hal tersebut berurusan dengan unsur kimia air dan kaca saat bertemu dan terjadi crack ^_^

- Penting ! meskipun pengguntingan sudah dilakukan didalam air, Gunakan kaca mata, untuk jaga-jaga mata kelilipan akibat serpihan kaca. Jangan meremehkan … penggunaan kaca mata juga membedakan orang professioanal atau amatir dalam pekerjaan mereka,
Baca Juga : Professional VS Amatir dalam hal Safety saat Beraktivitas

- Gunakan juga sarung tangan untuk menghindari serpihan guntingan kaca mengenai tangan.

memotong kaca bentuk persegi panjang tak beraturan untuk dipotong menjadi lingkaranBerikut contoh hasil pengguntingan kaca yang sebelumnya persegi panjang tak beraturan menjadi kaca bentuk bulat / lingkaran.
seperti dikatakan sebelumnya, karena bersifat darurat, belum ada alat pemotong kaca khusus, maka disini hasil guntingan tidak bisa halus bulat sempurna. Harap maklum ya :)

CATATAN :
Teknik Memotong kaca dengan gunting tentu saja tidak direkomendasikan, karena itulah saya beri judul “tips darurat” …


Bila para sobat BintangTop.com sering membutuhkan pemotongan kaca / cermin, sebaiknya segera miliki glass cutter / pemotong kaca yang banyak dijual dipasaran dengan harga hanya puluhan ribu rupiah, atau ada yang seratus ribu tergantung jenis dan fiturnya, bahkan ada yang model multi fungsi dijual sekitar Rp 90 ribu meliputi gunting, glass cutter, meteran, pembuka tutup botol, dan obeng ^_^

Artikel Berhubungan :




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.