2015/10/30

SALES LPG ke Rumah-Rumah & PENIPUAN a.n PERTAMINA

Beberapa waktu yang lalu rumah kami didatangi oleh petugas keliling yang mengatakan dari pihak Pertamina dan sedang memberikan penyuluhan dari rumah ke rumah untuk memeriksa apakah masyarakat sudah paham dan menerapkan penggunaan Lpg dengan benar atau tidak.

Pada saat itu kita mempersilakan masuk, petugas adalah pria seorang diri dengan pakaian rapi. Setelah kita ajak masuk ke dapur, ia pun langsung memeriksa tabung gas, kabel/ selang elpiji, dan kompor gasnya sekalian.
Kami pun ikut manggut-manggut mendapat penjelasan darinya tentang tips aman penggunaan tabung gas Lpg tersebut.

Sebelum pergi si petugas memasangkan kawat ram-raman / kasa besi yang katanya sebagai anti tikus agar tidak dimasuki bagian bawah kompor gasnya sehingga aman untuk selang dan kabelnya.
Untuk jasa itu kita membayar sekitar Rp 10 - 15 ribu an saya lupa.
                 
Sales LPG ke Rumah-Rumah & Penipuan atas nama PertaminaDalam jangka sekitar 1 bulan saja ternyata ada orang lain lagi yang datang dan mau memeriksa tabung gas Lpg rumah kami …
Saat itu adalah 2 orang yaitu pria dan wanita, keduanya ramah dan kita masih mempersilakan masuk dan memeriksa ^_^

Setelah itu akhirnya akami membayar sekitar 30 puluh ribu rupiah untuk anjuran membeli valve anti bocor … :)

Bahkan …
sampai artikel ini saya tulis, pas bulan lalu dan kemarin masih ada saja berdatangan berbeda orang yang mau memeriksa tabung dan kompor gas Lpg rumah kita di perumahan yang tenang ini ^_^

Cukup 2 kali saja, dan untuk yang ke tiga dan seterusnya kita menolak setiap ada orang yang mengaku bertugas memeriksa instalasi LPG rumah ^_^

Alasan Kami :
a. Yang saya sangka benar sebagai Petugas dari Pertamina diatas … ternyata bukanlah betul dari pertamina, melainkan sales perusahaan yang mengatas namakan pihak pertamina dalam rangka penyuluhan dan informasi penggunaan gas Lpg di masyarakat.

sebelumnya saya sempat heran … lha katanya petugas dari Pertamina masak kok ya terus datang dan datang lagi, masak perusahaan sebesar pertamina tidak memiliki planning dan schedule yang jelas tentang coverage area yang perlu mendapat penyuluhan sehingga tidak sampai terjadi pendatangan petugas lebih dari 1 kali.

b. Setelah saya cari dan cari Informasinya …
Oalah … Pertamina pernah memberikan pernyataan bahwa mereka tidak ada program penyuluhan yang menugaskan dengan mendatangi dari rumah ke rumah / door to door.

- Sebenarnya adalah mereka memang sales dari aneka perusahaan penjualan produk gas Lpg seperti unit kompor gas, selang, aksesories pengaman, dan sebagainya.

c. Dari informasi yang saya kumpulkan …
saya baru tahu bahwa ada 2 macam sales … yaitu sales yang baik dan sales penipu.

1. Alhamdulillah dari 2 kedatangan sales yang menemui rumah kami termasuk golongan sales baik-baik ^_^ meskipun ada sedikit unsur menipu (mengatas namakan pertamna misalnya) namun yang jelas mereka tidak menipu untuk mendapatkan uang, mereka memberikan penyuluhan tata cara penggunaan gas Lpg yang tepat dan aman. Adapun uang yang saya keluarkan untuk membayar mereka adalah memang untuk membayar jasa mereka dan yang satunya untuk membeli produk mereka.

- Untuk sales yang baik, ada kalanya mereka membuat kita merasa iba kalau tidak membeli sesuatu yang sudah mereka terangkan cukup banyak ^_^ karena itu saya tidak pernah lagi memasukkan mereka ke rumah sebab merasa tidak perlu membeli apapun lagi untuk instalasi gas Lpg di rumah sederhana ini :)

waspada bahaya kebakaran gas Lpg2. Sales Penipuan …
Untuk kategori sales yang tidak baik, mereka memang dari perusahaan, namun yang namanya orang memang berbeda-beda karakter dan usaha mereka dalam mendapatkan uang. Antara lain adalah dengan cara …
- menjual produk dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga aslinya, mereka memanfaatkan ketidak tahuan masyarakat akan hal ini.

- menakut-nakuti pemilik rumah akan bahay kebakaran akibat ledakan tabung gas jika tidak diberi pengaman, begini dan begitu, jadi akhirnya beli ini dan itu dengan harga ratusan ribu rupiah / lebih mahal …
- sebagian yang lain pernah cerita bahwa si petugas menanyai yang macam-macam dan memperhatikan isi rumah, dan menaruh curiga jangan-jangan mau mencuri ^_^
Tapi untuk yang ini tentunya juga tidak pasti, apakah ada pencuri rumahan yang bermoduskan sebagai sales ?

TIPS dari Kami saat di datangi Sales …
- jika para sobat BintangTop.com memiliki waktu untuk berbincang dengan sales, tidak ada salahnya untuk mengijinkan mereka masuk ke dapur dan biarkan sekali-kali memeriksa keadaan insatalasi gas elpiji kalian, bisa jadi memang perlu ada pembenahan yang benar.

kalaupun pada akhirnya sobat mengeluarkan uang, setidaknya toh juga bagi-bagi rizki dengan mereka yang mau bersusah payah berjalan jauh untuk mencari nafkah.
Uang tersebut juga memang untuk membayar jasa atau produk mereka itupun jika sobat tertarik untuk membelinya.

- Perhatikan keamanan dan pastikan ada orang lain di rumah saat ada petugas yang masuk demi menjaga dari orang yang jahat / hal lain yang tidak diinginkan.

- Bila sobat tidak mau menerima mereka masuk ke rumah, maka tolaklah dengan halus, semisal bilang kalau sudah ada yang mendatangi dan sudah di periksa atau alasan lainnya
Jangan menunjukkan wajah tidak senang / benci agar tidak melukai perasaan sales yang baik hati. Sales juga manusia ...




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.