2015/10/23

PERAHU dari KARDUS – Ajari anak Bikin MAINAN sendiri

Alih-alih beli mainan … yang namanya anak kecil gak bakalan berhenti untuk selalu minta dan minta dibelikan lagi setiap mainan yang ia lihat di manapun dan kapanpun … Libatkan saja si anak atau adik para sobat BintangTop.com untuk membuat sendiri mainannya.

Selain melatih mereka menjadi aktif dan kreatif sejak kecil juga bisa menghemat keuangan dari pada melulu buat beli mainan bisa dialihkan untuk lainnya yang lebih penting buat perkembangan anak juga, sebab sekali mereka diajari dan berhasil … maka mereka akan lebih senang dan memungkinkan lebih sering untuk membuat mainannya sendiri.

Dalam artikel yang lalu … saya menulis artikel tentang … Sayang anak - ajari bikin mobil mainan dari kardus ... Dimana pembuatnya juga seorang anak kecil, maka kali ini saya sharing tentang …

Ajari Si Kecil - Bikin Sendiri Perahu Mini dari Kardus

Persediaan Bahan :
a. Kardus tipis – semisal kardus bekas susu / makanan atau kardus sepatu.
b. Pulpen dan penggaris
c. Gunting

PERAHU dari KARDUS – Ajari anak Bikin MAINAN sendiri

Cara Gampang Membuat Perahu Mungil dari Kertas Kardus

1. Menggambar Pola perahu
Buatlah gambar berupa garis lurus dan lengkung sebanyak 3 macam. Yang satu untuk dinding kiri, satunya lagi untuk dinding kanan, dan yang ketiga adalah untuk dinding belakang perahu.

- Membuat dinding / lambung perahu kiri
dinding kiri perahu dibuat dengan menggambar garis Letter L dengan panjang 125 cm dan lebar 6 cm. lalu buatlah garis lengkung yang menghubungkan kedua ujung garis Letter L tadi. 

Pola perahu dari kardus makanan- Membuat dinding / lambung kanan perahu
Gambarlah lagi dengand bentuk yang sama seperti diatas namun dibuat secara mirror / berhadapan, sebab nantinya dipakai sebagai dinding kanan. Jika tidak dibuat berhadapan maka nantinya dinding yang kiri bagian gambarnya ada diluar namun dinding yang kanan gambarnya ada di dalam ^_^

- Membuat dinding belakang / buritan perahu
Gambarlah kotak dengan ukuran sekitar 6 cm x tinggi 5,5 cm. lalu buatlah garis lengkung pada bagian bawah kiri dan kanan sebagai bentuk bagian bawah perahu yang terendam air nantinya.

2. Gunting semua gambar pola yang sudah di buat pada lembaran kardus tadi. Lalu satu-persatu temukan ujung dinding kiri pada bagian lengkung dinding belakang, lanjutkan pula dengan dinding yang kanan, serta temukan bagian bawah dinding kiri dengan dinding kanannya.

Pics : Lissa S
sambung dan lakban kertas kardusnya- Agar tidak lepas, semua sambungan ini diisolasi dengan lakban bening. Termasuk sambungan bagian bawah / lunas perahu juga di isolasi full secara memanjang.
- Agar menarik … jangan lupa bagian luar kertas kardus yang bergambar supaya diposisikan di bagian luar ya.

3. Tambahkan boneka kecil atau orang-orangan maupun layar dari kertas …
Letakkan di kolam atau bak besar berisi air … dan perhatikan si adik kecil meluncurkan perahu perdananya hasil karya sendiri ^_^ pasti asyik …

kapal jenis roro

untuk para sobat bintangTop.com sebagai orang tua atau kakanya ... mungkin bisa bikin perahu lebih besar langsung sesuai besarnya box kardus yang sudah ada ... seperti gambar diatas :) ...
kapal jenis Ro Ro - Roll on Roll off dengan pintu - rampdoor seperti pada kapal ferry dan kapal angkutan barang antar pulau, dan untuk memainkannya ... perlu di luncurkan di kolam besar atau sungai :)




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

4 comments:

  1. terima kasih atas pengetahuan new buat pembelajaran di TK Ak-Furqon Srowo Sidayu Gresik.kepala TK

    ReplyDelete
  2. dengan belajar akan menambah pengalaman new.sukron

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, dah mampir bu guru ^_^
      untuk aneka kreatifitas / pembuatan mainan anak anak lainnya, bisa di cari dengan mengetikkan " mainan " di kolom pencarian halaman web ini.
      syukron ... ^_^

      Delete
  3. wah ternyata gampang banget ya..thx info nya

    judi bola

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.