2015/09/04

EXTRA KEREN – Bikin Sendiri DOMPET dari Kertas & Lakban

Mau Dompet cewek yang romantis ? mau Dompet cowok yg extra keren ? Beli di Mall memang banyak, tapi harganya yang gak nahan Sis ^_^ mahal amat bro ! J, Sebenarnya …
Para sobat BintangTop.com dapat membuat sendiri hanya dengan kertas dan isolasi – sebuah dompet anti air dan unisex (cowok atau cewek bisa pakai) bahkan dengan warna sesuai selera yang cocok dengan warna favorit atau kepribadian kalian, juga bisa pula dengan motif / gambar yang keren pula.

Mau tahu caranya ? MUDAH dan Praktis kok, Yuk …

Bikin Sendiri Dompet Keren dari isolasi Lakban :
(baca berurutan dengan cermat agar tidak membingungkan ya)

Material yang perlu sobat siapkan hanyalah :

EXTRA KEREN – Bikin Sendiri DOMPET dari Kertas & Lakbana. lakban / Isolasi besar – 2 buah (dengan warna berbeda).
Lakban umumnya berwarna hitam dengan harga sekitar 6 ribu per Roll.
Tapi sebaiknya beli lakban yang warna atau lakban printing (motif) dengan gambar atau pola sesuai selera kalian, biar dompetnya lebih keren coy.
Beli di gramedia atau super market / Ace hardware, atau beli online juga banyak.

 b. Gunting  dan Kertas A4 (panjang 30cm x lebar 21cm).

Kertas ukuran folio / lebih panjang juga bisa.
c. Pensil dan Penggaris.

Tuh kan … mudah banget material yang perlu disediakan.

2 roll isolasi - lakban warna dan lakban printing

DIY Tutorial - Cara Membuat Dompet dari Lakban :

1. Membuat Pola 
Sediakan kertas A4 (panjang 30cm x lebar 21cm) atau Folio (F4) posisikan memanjang / horizontal.
Ukurlah dengan penggaris, dan Gambarlah 3 buah garis tegak, masing-masing berjarak 7 cm.
Jadi sekarang panjang kertas telah terbagi menjadi 3 bagian sama besar, dengan jarak @7cm = 21 cm. silakan potong kertas pada garis terakhir sehingga kertas sobat kini menjadi kotak sama sisi yaitu 21cm x 21cm.


2, Gunakaan pensil, Buatlah 1 gambar lengkung di bagian tengah (menghubungkan 2 garis tegak), cukup satu sisi saja, jika sobat menggambar lengkung maka nanti saat dipotong bentuknya akan menjadi oval, jadi silakan kresikan sesuai selera, bila mau di bentuk hati, maka silakan buat separuh gambar dari bentuk hati.

3. Melapisi bagian Dalam Dompet dengan lakban warna.
Balik kertas tadi, sehingga gambar kini ada di bawah, sekarang potonglah 5 buah isolasi lakban warna dengan panjang sekitar 23 cm, lalu tempelkan masing-masing lakban secara tegak pada kertas (searah dengan gambar garis pada kertas).
Perhatikan bahwa isolasi di buat overlap atau bagian pinggirnya sedikit menumpuk pada bagian pinggir lakban disebelahnya, begitu seterusnya sampai semua kertas tertutupi oleh 5 lembar lakban tadi.
Potonglah sisa isolasi lakban yang melebihi kertas dengan cutter / gunting. Terkecuali pada sisi kiri dan kanan - sisakan sekitar 1 cm untuk kemudian ditekuk dan direkatkan pada kertas.


4. Membuat Lubang untuk menyelipkan kartu nama, ktp, atm
Lipat kertas pas pada bagian tengah (gambar garis dan lengkung ada di luar), kemudian guntinglah kertas pada bagian gambar lengkung tadi, coba buka lagi kertasnya, maka sudah jadi tuh bentuk oval atau bentuk hatinya.

Membuat Lubang pada dompet kertas untuk menyelipkan kartu nama, ktp, atm

5. Saatnya melihat bentuk dompet yang sebenarnya …
Lipatlah kertas pas pada bagian gambar garis tegak yang membagi kertas menjadi 3 bagian tadi, kemudian lipat lagi pas ditengah, Yes … Kini para sobat BintangTop.com sudah bisa melihat bentuk jadi dompet, namun … bagian pinggir masih terbuka serta bagian luar masih berupa kertas, maka tugas selanjutnya adalah manutup bagian pinggir yang terbuka serta melapisi permukaan kertas dengan lakban sesuai warna yang disukai, lebih keren dengan lakban printing / motif gambar.

DIY Tutorial - Cara Membuat Dompet dari Lakban :

6. Melapisi Bagian Luar Dompet dengan lakban printing / motif / gambar
Buka lagi semua lipatan kertas, letakkan kertas di meja, silakan gunakan cara yang sama seperti sebelumnya untuk melapisi kertas dengan lakban, kali ini potonglah sekitar 5 buah isolasi lakban panjang sekitar 25 cm, rekatkan pada kertas searah dengan gambar garis tegak yang ada, tempelkan secara overlap (saling menumpuk sedikit pada bagian sisi lakban, sekitar 1/2 cm saja).
Jangan lupa - Gunakan cutter, lubangilah bagian tengah lakban sesuai gambar oval atau bentuk hati seperti yang sudah dibuat sebelumnya.


7. Masih ingat kan bahwa kertas telah terbagi oleh garis tegak menjadi 3 bagian, sebelumnya juga sudah sobat lipat mejadi dompet pada langkah 5 diatas, kini … Lakukan pengguntingan pada sisa isolasi yang melebihi dari kertas pada bagian kiri dan tengah, namun tetap sisakan lakban melebihi kertas sekitar 2 cm pada bagian paling kanan (lihat gambar), kelebihan ini dipakai untuk mengunci dompet setelah dilipat.

Terakhir, Lipat dompet pada 3 bagian yang sama tadi, seperti sobat melipat sebelumnya pada langkah 5. perhatikan pada bagian pinggir dompet yang terdapat sisa panjang lakban melebihi kertas 2 cm tadi, tekuk dan rekatkan dengan kuat untuk mengunci lipatan dompet, sehingga bagian pinggir dompet sudah tidak terbuka lagi / tidak bocor biar uangnya tidak jatuh.

Pics : Martin M
Bikin Sendiri Dompet Keren dari isolasi Lakban

Yap … Dompet sobat telah jadi gan … tidak hanya keren, dompet ini juga anti air :)


CATATAN :
- Bagian atas yang terbuka adalah untuk di masuki uang.
- Bagian lubang ditengah dompet bentuk oval atau bentuk hati adalah untuk dimasuki kartu ATM, KTP, atau kartu lainnya.

Silakan berbagi dengan sobat kalian via icon sharing ^_^




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.