2015/09/29

Trik Manual - MEMOTONG KACA Secara LINGKARAN/Bulat

 Tulisan ini merupakan seri lanjutan dari tulisan sebelumnya di … Teknik Dasar memotong kaca Datar dan KacaBermotif.
Sebaiknya sobat membacanya terlbih dahulu sebelum melanjutkan membaca artikel ini.
Setelah para sobat BintangTop.com sudah memahami dan mempraktekkan cara memotong kaca datar dan lurus, kini saatnya mengembangkan kemampuan dengan mempraktekkan cara memotong kaca menjadi bentuk lingkaran, lengkung atupun bulat.

Pemotongan kaca secara lingkaran memiliki trik khusus agar dapat tercapai bentuk lingkaran secara sempurna sesuai keinginan dan tercegah dari resiko pecahnya kaca secara tak beraturan.

Cara Potong Kaca secara lingkaran, Lengkung, & Oval
Siapakan alat dan sarana :
a. Kaca yang mau dipotong
b. Penggaris plat besi dan spidol kecil.
c. Sedikit Minyak (sembarang minyak, gak ada gak papa)
d. Pisau pemotong kaca biasa / standard

Meja kaca LingkaranTrick Pemotongan Lingkaran dengan pisau kaca biasa (model pena/lurus)

1. Taruh kaca di meja kerja yang rata, jangan di lantai, sebab pemotongan kaca secara lingkaran nanti membutuhkan badan kita berputar. Karenanya meja yang digunakan jangan meja panjang.

- Bila kaca terlalu lebar, maka potonglah dulu kaca secara kotak diluar lingkaran, sehingga kini kaca bulat berada di dalam kaca kotak yang tidak terlalu besar. perhatikan kerataan meja untuk mencegah kaca mudah pecah / retak saat tertekan, gunakan lamakan kain untuk mencegah kaca bergeser akibat licin terhadap meja.
- Gunakan spidol dan penggaris, buatlah gambar lingkaran pada kaca sesuai diameter yang diinginkan.

cutter kaca model pena
                                                       
2. Siapkan pisau pemotong kaca, olesi mata pemotongnya pada minyak dulu. lalu lakukan penggoresan pada kaca sesuai ukuran gambar spidol / diameter lingkaran yang di perlukan.

penggoresan pada kaca sesuai ukuran diameter lingkaran 

Penting, Perhatikan :
- Menggores kaca harus sekali jalan, jangan mengulang penggoresan sebab dapat menimbulkan garis doubel yang beresiko belahan kaca menjadi tidak halus bahkan retak, Caranya …
- Pegang kaca dengan tangan kiri untuk mencegah bergeser, lalu gores kaca dengan pisau dan tangan kanan, terus jalankan pisau sambil ditekan sampai terdengar suara goresan – badan berputar mengelilingi meja kerja, dengan demikian penggoresan dapat dilakukan secara stabil tanpa berhenti di tengah jalan.

3. Setelah penggoresan selesai, baliklah kaca sehingga goresan tadi kini berada dibawah.
Ganjal bagian bawah pinggir goresan kaca dengan penggaris plat. Lalu … Lakukan penekanan pada bagian atas kaca dengan 2 jari (jempol dan telunjuk) di bagian dalam  pinggir goresan lingkaran tadi. Dengan penekanan yang cukup … maka kaca bulatnya akan sedikit tergeser  ke bawah, namun belum bisa lepas. Jangan memaksanya menekan terus nanti dapat memecahkan kaca bulatnya. Malinkan harus melanjutkan dengan trik selanjutnya berikut ini …

Lakukan penekanan pada bagian atas kaca dengan 2 jari

4. setelah kaca bulat sudah ditekan dan ada suara penggeseran, kini saatnya melepaskan kaca bulat dari tempatnya, caranya …
Buatlah goresan secara lurus pada beberapa sudut di luar lingkaran, goresan lurus ini dipakai untuk mematahkan bingkai kotak luar lingkaran menjadi beberapa bagian.
jika lingkaran diameternya kecil maka cukup 4 garis saja, makin besar lingkaran maka diperlukan garis lurus lebih banyak disekitar luar lingkaran tersebut.

mematahkan bingkai kotak luar lingkaran menjadi beberapa bagian.


c. Ganjal kaca dengan penggaris besi pada bagian pinggir dalam lingkaran, lakukan penekanan pada sekitar goresan lurus tadi, maka bingkai kaca luar lingkaran akan pecah bagian perbagian terlepas dari kaca bulatnya, lakukan penekanan selanjutnya pada beberapa goresan lurus yang lain sehingga akhirnya hanya tersisa kaca lingkaran sempurna dan halus.

Artikel Awal / Sebelumnya : 

Para sobat BintangTop.com ... sebaiknya membaca juga ...




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.