2015/08/05

SUPER SIMPLE - Membuat Ayunan/BANDULAN PORTABLE

Pada kesempatan ini, kita akan sharing mengenai Bandulan / Ayunan, tidak hanya melulu anak-anak saja yang suka permainan ini melainkan sebenarnya orang dewasa pun juga senang, terbukti kalau ada mainan ayunan yang nganggur, pasti deh bakalan ikut main ayunan ^_^

Sebelumnya, saya sudah pernah menulis artikel tentang Membuat Bandulan dari Ban Bekas.
Dimana bisa dipakai oleh 3 anak kecil sekaligus atau 1 orang dewasa ,
Namun kali ini …
- Ayunan atau bandulan yang akan kita buat adalah jenis ayunan tali tunggal dan portable / mobile dimana bisa dibawa kemana saja tinggal dimasukkan dalam tas, lalu dipakai di mana saja di tempat / spot yang memungkinkan.
- Pembuatannya bahkan sangat sederhana dan mudah dimana hanya membutuhkan tali seutas saja.


Chek it Out …

Bikin Bandulan / Ayunan Tali Tunggal Super Sederhana

membuat bandulan dari kayu dan taliCukup sediakan Barang :

a. Tali tamper yang kuat, saya pernah beli yang ukuran minimal diameter 1 cm atau 1/2  inch … dan terbukti kuat saya pakai ayunan serta olahraga Pull Up ^_^
Pernah saya tulis juga tentang ... Aplikasi HP memBantu Olah Raga Pull Up.

- Untuk tali dengan ukuran lebih kecil namun bahkan lebih kuat adalah jenis tali paracord.
- Panjang tali minimal 4 mtr – 6 mtr, terutama butuh panjang jika dipakai mobile, sebab akan menemui pohon yang berbeda-beda ketinggiannya.

b. Papan Kayu selebar duduk kalian.

Yap … itu saja yang diperlukan , gak ada lagi ? beneran ?
O ya … tentu saja sebatang pohon untuk menggantung ayunanmu atau palang kayu/besi di rumahmu, atau terserah apa yanga da di sekitar pekarangan atau halaman belakang rumah untuk menggantungkan ayunan :).

Cara Pembuatan Ayunan yang Gampang :

1. Sediakan / Potong papan menjadi bentuk bulat dengan diameter minimal 45 cm atau jika  ukuran kotak setidaknya 40cm x 40cm.

SUPER SIMPLE - Membuat Ayunan/BANDULAN PORTABLE2. Setelahnya, Bila perlu dicat yang bagus gan, atau bisa juga silakan lem bagian atas papan dan tempeli dengan sepon / barang lembut lainnya biar empuk dan sobat bisa betah berlama-lama main bandulan :)
Atau … Tidak diapa-apakan juga tidak masalah, yang penting digosok / diamplas saja bagian pinggir / ujung papan biar tidak kasar.

3. Lubangi bagian tengah / center, jangan pinggir gan - nanti miring, terus tidak imbang lalu sobat jatuh bakal di tertawakan tetangga ^_^
Seharusnya dilubangi pakai mesin bor tangan / hand drill, tapi kalau tidak punya pakai saja alat lain yang penting tali tamparnya nanti bisa masuk.
Kalau saya kebetulan punya alat bor kayu manual pakai putaran tangan.

4. Masukkan tali tampar ukuran minimal diameter 1 cm atau tali paracord semisal seri 400 (bermakna bisa menahan 400 Kg).

5. buat simpul dan sisakan bentuk melingkar pada bagian atas dudukan. Jadi nanti simpul lingkar inilah yang nanti digantung.

cara bikin ayunan sederhana

5. Langkah terakhir … Lemparkan ujung tali tampar / paracord pada dahan pohon yang kuat atau palang kayu / besi di rumah kalian.
Hubungkan 2 ujung tali yang menjuntai kebawah dan masukkan pada simpul lingkaran yang ada pada dudukan ayun.
Simpul kan ke dua ujung tali minimal 3x, untuk tali tamper ini tidak perlu kuatir, karena ukuran diameternya yang cukup besar sehingga meskipun disimpul mati 3x tetap mudah kok melepasnya.

Note : Dilarang terlalu tinggi jarak antara dudukan ayunan dengan tanah. Buat saja 60 - 70 cm dari tanah demi kemanan, jaga-jaga kalau ada yang jatuh tidak bakalan sakit ^_^

Nah tuch … Sudah bisa main bandulan sekarang, anak-anak pasti pada rebutan ^_^

Pics : Charles R


Karena Bandulan ayun tali tunggal ini memiliki kelebihan – mobile / portable, maka dapat dibawa dengan tas kemana saja dan dipasang dimana saja.

Cukup lemparkan talinya pada pohon dimana saja, semisal di taman, di  kota, di jalan, atau di tempat lain yang sekiranya terdapat dahan/palang besi/kayu untuk berayun.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.