2015/08/24

Langka Tapi Nyata - Seni Rupa dengan Lakban / Isolasi

Anda mungin tidak percaya atau bahkan tidak mengira, Tapi inilah salah satu bentuk nyata kreativitas dalam hal seni rupa / lukis atau menggambar, bukan dengan cat air atau kuas warna, melainkan menggunkan lakban,

ya… betul sekali … lakban atau isolasi besar yang umumnya berwarna hitam biasa dipakai untuk menjilid buku, mengepak barang, mengisolasi atk / alat tulis kantor dan segala keperluan lainnya. dimana sebenarnya ada aneka pilihan warna lain selain hitam. Untuk itulah seni rupa isolasi ini dapat sobat lakukan sendiri di rumah.
  
Mau tahu caranya ?? Yuk kita ikuti …

Alat dan Bahan :
a. Isolasi lakban - beberapa Roll dengan warna berbeda
b. Spidol – (bukan yang permanent lho ya)
c. Cutter
d. Triplek atau media lain sebagai tempat dasar menempel gambar.



Trick - Cara menggambar dengan Isolasi Lakban

1. Sediakan bidang gambar, misalnya triplek kotak.
Bentangkan lakban hitam secara horizontal pada seluruh permukaan triplek sebagai dasar gambar.

2. Siapkan pula foto atau gambar yang hendak kita tiru menjadi seni gambar isolasi.
Jadi bukan langsung mengarang langsung dengan lakban, tentunya hasilnya sulit dan tidak maximal.

Pada dasarnya, Trick yang dilakukan adalah … mencontoh bentuk - bagian per bagian detail foto untuk di gambar pada lakban.
Caranya …
Lakban di bentangkan pada kaca, lalu digambar dengan spidol, potong lakban sesuai detail gambar, lalu ditempelkan pada bidang gambar sesuai posisi yang di inginkan.

Untuk detail gambar yang besar maka diperlukan beberapa bentangan lakban sekaligus, dijajar secara over lap (sebagian sisi di tumpukkan ke sisi lakban satunya) , dengan demikian sobat dapat menggambar detail lebih besar pada lakban yang rata dan sudah lebar ini.

cara membuat gambar dengan isolasi(Silakan lihat gambar, perhatikan bahwa wajah dibuat dengan 4 bentangan lakban putih  secara vertikal/tegak.

3. dimulai dengan menggambar bagian wajah pada lakban warna putih atau krem, setelah selesai, silakan gores dengan cutter secara detail agar hasilnya bagus. Kemudian lepas dari kaca dan tempelkan pada bidang gambar (papan yang sudah tertutup lakban hitam pada point 1 diatas tadi).


(bagi yang kurang mahir menggambar, bisa diakali dengan teknik ngeblat, letakkan gambar diatas lakban di kaca, lalu gores dengan cutter sesuai bentuk logo/gambarnya :)

4. gunakan cara yang sama, lanjutkan dengan menggambar pada bentangan lakban warna kuning di kaca, sebagai rambutnya.

Trick seni lukis dengan lakban
Ingat bahwa untuk warna hitam pada rambut, tidak perlu di buatkan detail dari lakban lagi, sebab warna dasarnya sudah terbuat dari lakban hitam.



5. dengan cara yang sama pula, lanjutkan membuat detail dari lakban untuk mata (lakban biru), pita rambut, hidung, bibir (lakban merah), dan seterusnya …

Dan … Amazing …
Inilah hasil akhir Seni Menggambar dengan Isolasi lakban yang mengagumkan.

Langka Tapi Nyata - Seni Rupa dengan Lakban / Isolasi

Gambar di atas bahkan bukan dibuat oleh seorang seniman professional, melainkan dibuat oleh pecinta seni biasa, berkat imajinasi dan kreatif dalam menuangkan idenya melalui gambar isolasi lakban.

Ada yang mau coba ?
Pajang di ruang tamu, pasti para teman tidak mengira bahkan tidak percaya sebelumnya bahwa gambar yang para sobat BintangTop.com buat ternyata terbuat dari isolasi lakban ^_^





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.