2015/08/13

CARA MengeBOR / Melubangi KACA, Botol, atau Keramik

Adakah para sobat BintangTop.com pernah menginginkan untuk melubangi sebuah kaca atau botol atau barang terbuat dari keramik kaca lainnya ?
Kiranya artikel ini dapat bermanfaat bagi kalian. Teknik ini juga dipakai oleh para teknisi Bengkel dan Home industri baik untuk kerajinan maupun aneka produk lainnya.

Sebenarnya membuat lubang pada kaca tidak berbeda dengan mengebor lubang pada benda lainnya seperti besi atau kayu, hanya saja karena kaca adalah bahan yang mudah retak dan pecah, maka diperlukan perhatian khusus juga, apalagi jika barang yang sobat punya adalah satu-satunya … tentu tudak mau barangnya pecah bukan ?

Teknik Bor Kaca / Keramik


Sediakan Peralatan :
a. Mesin Bor tangan / manual,
mungkin kalian dapat pinjam pada tetangga / orang yang bekerja di bengkel teknik ^_^ (beberapa teman saya melakukannya)

Idealnya -  Sobat Memilikinya sendiri, dengan cara membeli di Toko alat teknik, tidak ada ruginya punya alat ini, bahkan sangat bermanfaat.
Antara lain untuk mengebor dinding saat akan pasang paku/viser, melubangi kayu untuk baut dan barang keperluan rumah tangga, dan aneka kreativitas yang ada di BintangTop.com ini pun juga ada beberapa yang tak lepas dari menggunakan mesin bor tangan.

b. Mata Bor Intan / Diamond untuk Kaca,
Pada kenyataannya banyak yang bukan intan / berlian, melainkan mata bor standard namun ujungnya dibuat khusus dari baja kelas tinggi / baja potong cepat yang biasa disebut HSS / High Speed Steel. mata bor intan sejati umumnya dipakai untuk pengeboran tanah/batu dalam bumi untuk bidang minyak dan gas bumi.
Gunakan Mata bor intan kaca bentuk cylinder atau yang mata ujungnya berbentuk mirip mata tombak sehingga sering disebut "mata bor tombak".
mata bor kaca bisa di beli di toko teknik terdekat di kota sobat ataupun supermarket, kalau tidak mau modal - silakan pinjam teman :)

c. Alat Safety
Sangat Penting ! utamakan selalu keselamatan dalam bekerja dimanapun.
Kali ini … Sediakan sarung tangan dan sebaiknya pakai baju lengan panjang, kemudian pakai kaca mata untuk melindungi seandainya ada serpihan kaca saat pengeboran.

d. Spidol untuk penanda posisi lubang.
e. Air - 1 wadah atau semprotan air juga lebih oke.

Langkah Pengeboran / Pelubangan pada Kaca

1. kali ini contohnya adalah melubangi sebuah toples untuk pot tanaman, dimana mau dilubangi untuk lubang keluaran air dan ventilasi tanah.

2. Letakkan toples pada bidang yang rata, dan jepit dengan batu besar atau lainnya yang penting pastikan supaya tidak goyang-goyang.
Buat titik dengan spidol sebagai tanda yang mau dibuat lubang, posisikan tanda lubang di bagian puncak agar pengeboran tidak sampai miring.

3. Jangan lupa gunakan alat keselamatan sarung tangan dan terutama kaca mata.
Pasang mata bor pada chuck / rumah mata bor.
Nyalakan mesin bor tangan, lakukan pengeboran secara vertical / tegak lurus dari atas.

4. Penting - jangan menekan mesin bor tangan ke bawah, biarkan bor manual ini menekan kaca atas dasar berat mesin itu sendiri, jika tidak … maka kaca akan lebih berisiko retak bahkan pecah (biar lambat asal selamat - berlaku disini :)
Jangan samakan dengan mengebor kayau atau besi dimana kita bisa selalu melakukan tekanan ke bawah agar cepat selesai.


5. Berikan air terus menerus selama pengeboran berlangsung, agar mata bor tidak overheat / panas yang berisiko pada keretakan kaca. Gunakan semprotan air atau kuas kecil.
Jangan menggunakan kain basah – jangan dekatkan kain apapun dengan area pengeboran sebab  berbahaya bisa ikut tertarik / terjerat oleh putaran mata bor, Bagi para sobat BintangTop.com yang cewek - Pastikan rambut panjang tidak terurai dan tidak mendekati putaran mata bor.

6. Saat Pengeboran lubang selesai
- Matikan dulu mesin bor tangan dengan mencabut stekernya agar total aman. Jangan sampai mesin menyala sendiri akibat ketidak sengajaan atau tanpa sepengetahuan ada anak kecil yang datang dan memainkannya.


- Bersihkan kaca dengan lap, lalu gunakan amplas untuk menggosok area pinggiran lubang agar serpihan tajam bekas pengeboran bisa hilang / bersih.

Cool … Sobat telah berhasil mengebor kaca dengan aman dan professional ^_^

Baca juga ya … Tulisan saya Terdahulu …




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

  1. Mantaf Gan.. thanx banget ilmu nya.. ane pengen berkreasi lampu hias dengan botol kaca tak terpakai..

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.