2015/08/16

5 Daftar Periksa Mobil Anda - TIPS Sebelum Perjalanan

Tiada siapapun yang ingin mendapatkan halangan di tengah jalan, namun pada kenyatannya ... banyak terjadi bahwa hambatan tersebut datang akibat kemalasan kita sendiri.
Di bawah adalah Check List atau daftar Periksa mobil para sobat BintangTop.com sebelum memulai Perjalanan panjang baik itu keluar kota ataupun keperluan lainnya dalam rangka camping, wisata/Tour atau dinas pekerjaan lainnya.

Jangan menyesal setelah terjadi, istilah “Sedia payung sebelum hujan” juga berlaku untuk perjalanan jauh sobat dengan kendaraan mobil guna meminimalisir kendala / kesulitan yang tak di inginkan dimana bisa terjadi kapan saja dimana saja.

5 Check List Mobil Sebelum Perjalanan Panjang

1. Accumulator
Check kondisi Accu / Aki mobil anda, pastikan level air accu sudah tepat antar garis upper dan lower, bila kurang … segera lakukan pengisian, bila pada pagi hari mobil sering tidak bisa langsung distarter, tandanya aki mulai lemah, sebaiknya lakukan pengisian setrum aki pada jasa-jasa setrum aki yang banyak di jalanan/bengkel, bila tidak membantu, berarti aki mulai soak - maka segera ganti dengan aki baru.
Aki menjadi sangat penting dimana jangan sampai anda terkendala di jalan karena mogok akibat aki yang kurang diperhatikan.

2. Pendingin
Menempati daftar terpenting kedua, silakan periksa cairan pendingin mobil milik para sobat BintangTop.com masing-masing, terutama …cairan radiator dan air wiper.
Isi bila sampai kurang, jangan sampai mesin panas dan meningkatkan resiko mesin overheating sehingga terjadi mogok.

3. Olie
Pada saat pagi sebelum menyalakan kendaraan, periksalah olie mesin dengan menarik stick level oil, jika sampai kurang ataupun sudah kotor, segera lakukan pengisian olie mesin baru.
Lakukan pula pemeriksaan pada olie lainnya seperti olie rem, olie garden dan transmisi.
Jangan sampai perjalanan panjang ini nantinya ikut menyumbang kerusakan pada mesin mobil yang anda sayangi.

4. Belt dan Selang
Tidak kalah pentingnya, jika mobil para sobat BintangTop.com sudah beroperasi lebih dari 4 tahun, saatnya memeriksa keadaan aneka van belt. Sabuk dan keadaan pulleynya, pastikan masih kuat dan segera ganti bila sudah terlihat getas.
Jangan sampai di tengan tour panjang mobil mengalami belt putus atau selang bocor akibat tidak ada perhatian sebelumnya, sehingga mobil mogok ataupun walau sekedar ac mati tentu sangat membuat perjalanan tidak menjadi menyenangkan.

5. Roda
- Terkahir, perhatikan keadaan ban, apakah masih layak untuk di pakai, mengingat perjalanan panjang sering membuat pengemudi membawa mobil dengan kecepatan tinggi semisal di jalan tol atau jalan yang sepi, so … pastikan ban dalam keadaan layak untuk kecepatan tinggi, tidak aus melebihi batasan yang ada,
- periksa pula keadaan tekanan ban, bila tidak memiliki alatnya, sebaiknya bawa saja ke tambal ban di jalan untuk mengecek semua ban.
- Jangan sampai ketinggalan … Cek Ban Cadangan, isi angin bila perlu.
Umumnya banyak orang yang kurang memperhatikan tekanan udara ban serep ini, sehingga di saat ada ban bocor dan diganti ban serep … ternyata ban cadangan ini juga setali tiga uang (sama-sama gembos dan tidak dapat dipakai jalan karena tidak pernah di isi angin sejak lama),
kalau sudah begini … penyesalan sudah terlambat bukan …?
Untuk itulah 5 daftar Cek List ini sangat penting di lakukan.
                                                                                  
Mungkin sebagian para sobat BintangTop.com telah melakukan maintenance / perawatan mobil secara berkala dan teratur, Tapi Percayalah … untuk rencana perjalanan panjang – sobat tetap memerlukan 5 daftar periksa diatas demi menghindari hal-hal yang tak di inginkan …
agar perjalanan menjadi terjaga kenyamanan, keamanan, dan kelancarannya.

Baca Juga :
Artikel yang dulu tentang … 
 
Kemudian … Have a Nice Trip Gan ^_^




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.