2015/06/05

Manfaatkan KAOS BEKAS Anda menjadi Bahan BERHARGA

Siapapun dari kalian para sobat, pasti selalu memiliki kaos yang sudah bekas pakai, usang ataupun sudah tidak mau dipakai lagi.
Kaos bekas ini Umumnya kalau tidak dibikin pel, ya dibuang.

Alih-alih dibikin pel, para sobat dapat memanfaatkan kaos bekas tersebut menjadi jauh lebih berguna dan berharga, bahkan memiliki nilai jual bagi yang mau menyediakan waktu untuk trampil dan berkreativitas.


Beberapa Kaos bekas para sobat BintangTop.com dapat disulap menjadi aneka wadah wadah unik, dompet, vase bunga, tas keren, keset warna-warni, dan lain-lain.

Sebelum menuju kesitu, terlebih dahulu kita harus memotongnya dan merubahnya menjadi bahan berharga berupa tali panjang gulung seperti penampakan berikut gan …


Nah, dari bahan tersebutlah, nanti tinggal di rangkai menjadi barang-barang yang bernilai jual (aneka tutorialnya di bahas dalam posting berbeda)

Persiapan Alat dan Bahan :

a. Kaos bekas
b. Gunting besar
c. Penggaris panjang
d. Pensil penjahit / Penanda kain

Cara Merubah Kaos Bekas menjadi Bahan Kerajinan Bernilai Jual :

1. Bahan
Bahan paling ideal adalah dari kaos yang terbuat dari katun, serta usahakan tidak ada sambungan jahitan di sisi kiri kanan kaos.
Idealnya pula bahwa kaos berwarna polos atau tidak memiliki banyak gambar.

2. Pemotongan dasar.
Potong kaos seperti gambar, disuwar suwir selebar 25 mm, untuk menghasilkan tali dengan lebar lebih besar maka pemotongannya dapat di perbesar lagi.
Pemotongan dilakukan dari sisi kanan kaos menuju sisi kiri badan kaos.
Harap diperhatikan bahwa potongan suwar suwir tidak sampai putus di ujung, ujung yang tidak putus tersebut nanti untuk dilanjutkan dengan potongan diagonal.


catatan :
Bagi yang ingin memproduksi banyak, maka untuk mempercepat proses penandaan dapat dibuatkan alat stensil dari bahan kayu, dimana triplek/kayu di setel renggang-renggang berjajar seukuran lebar pemotongan kaos, sehingga tidak perlu mengukur manual satu per satu  dan menggeser penggaris terus menerus.

3. Pemotongan lanjutan/bersambung.
Untuk menjadikan potongan dapat bersambung terus menerus tanpa putus sehingga terbentuk tali panjang, maka berikutnya ... silakan bagian ujung suwir di bentangkan, lalu potonglah secara diagonal dari suwir satu ke suwir lainnya, lanjutkan begitu terus pada sebelahnya berurutan.


Pic : Wuvie

4. Peregangan
setelah terbentuk tali panjang, bahan tali dari kaos tersebut silakan ditarik agak kuat  dengan 2 tangan supaya meregang lebih panjang.
Jangan terlalu kuat pakai tenaga kuda, nanti talinya putus sob ^_^
Dengan demikian tali kaos akan melar menjadi jauh lebih panjang, dimana 1 buah kaos dewasa bisa menghasilkan tali sekitar 20 meter lebih, keren kan ??

5. Penggulungan
Terakhir Gulunglah tali panjang yang sudah jadi, sehingga menjadi bola warna warni sesuai dengan warna kaos yang berbeda-beda sebelumnya.


Taraat …
Itulah contoh bola-bola tali kaos yang sudah jadi banyak, siap untuk dijadikan aneka kerajinan tangan.






Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.