2015/04/06

REVIEW Positif - Menaikkan DAYA & Beralih ke LISTRIK PULSA

Buat para sobat BintangTop.com yang ragu dengan kinerja PLN, pada kesempatan sore yang indah ini saya berbagi tentang Mengurus Kenaikan daya Listrik rumah sekaligus Mengubah dari listrik biasa atau Analog menjadi Listrik Prabayar atau pulsa/token.

Salah satu rumah keluarga kami yang ada di perumahan lama … sudah sekian  tahun di sewa orang dimana masih menggunakan listrik analog dengan daya yang hanya 450 Watt.
Dapatkah para sobat BintangTop.com menduga ? berapa pengeluaran biaya listrik untuk daya sebesar tersebut ??
Yup … hanya Lima Puluh ribu rupiah saja per bulan ^_^
Pemakaian atau konsumsi listrik cukup normal yaitu terdapat kulkas, setrika sekitar seminggu 2x, televisi 14”, kipas angin 2 unit, dan beberapa lampu.

Karena para tetangganaya sudah mulai pada merubah daya menjadi listrik pulsa dan katanya cukup menguntungkan sekaligus hemat, maka kita akhirnya tertarik pula untuk menaikkan daya listrik dari 450 watt menjadi 900W, sekaligus merubah sistem analog menjadi sistem prabayar pulsa.

Cara menaikkan daya Listrik :

1. Ternyata saat kita datang ke kantor PLN terdekat, kita hanya disuruh untuk menelpon saja ke 123.
Benar saja setelah menelpon, kita berbicara dengan operator sambil menyebutkan nomor IdPel atau identitas pelanggan … maka kita di daftarkan untuk proses kenaikan daya listrik sekaligus disuruh memilih mau diisi pulsa berapa, ada yang 50 ribu, seratus ribu bahkan 1 juta, saya akhirnya milih yang pulsa 100 ribu.

2. Proses pembayaran biaya administrasi juga mudah yaitu cukup main transver saja, katanya bisa lewat ATM, daripada nanti kuatir bingung - saya memilih opsi transver via kantor pos untuk lebih amannya.
Dengan memberikan nomor idpel saya membayar biaya pengajuan kenaikan daya + menjadi listrik prabayar sebesar sekitar Rp 425 ribu rupiah ditambah Pulsa Rp 100 ribu = Rp 525 Ribu.
(Sudah tidak ada biaya lainnya lagi kecuali ini).

- Kalau sobat mau mengolor waktu, sebenarnya sobat bisa mendapatkan biaya gratis jika pengajuan tersebut bersamaan dengan hari ulang tahun PLN, biasanya PLN memberlakukan gratis administrasi dalam jangka 1 bulan bagi pendaftar kenaikan daya atau pendaftar pemasangan baru.

Proses Penggantian Box panel listrik rumah

a. Sesuai janji PLN, bahwa rumah akan di datangi dalam 14 hari kerja, tapi ternyata hanya dalam 5 hari sejak pendaftaran ternyata mobil petugas sudah datang ke rumah untuk membongkar panel Boks / MCB listrik lama dan diganti menjadi Box baru dengan sistem listrik Prabayar Pulsa/token.

b. Kita dimintai materei 6 ribu untuk ditempelkan pada form laporan, sekaligus Nomor meter Box lama akan dicatat oleh petugas untuk tagihan bulan depan seperti biasa, dan bulan berikutnya kita sudah tidak ada tagihan lagi sebab sudah berganti menjadi listrik pulsa.

c. Sekitar hanya 20 menit, Selesai sudah Box panel listrik pulsa terpasang dan sudah terisi sekitar 155,00 KWH dimana sebagai isi pulsa yang sudah kita bayar saat pendaftaran sebelumnya sebesar Rp 100 ribu.
(setelah 2 bulanan, beli token baru untuk mengisi pulsa listrik sebesar Rp 100 ribu juga namun isinya hanya 147 KWH, katanya memang kalau kita beli dimana atau di tempat berbeda maka isi Kwh nya juga berbeda,  jadi … perlu cari langganan yang murah nih :)

REVIEW soal Listrik Pulsa ?  Hemat atau Boros ??

Setelah sekitar 2 bulan pemakaian dimana penghuni rumah memberlakukan hal sama dalam konsumsi listrik seperti biasanya, maka kami dapat menyimpulkan :

1. Listrik pulsa prabayar benar-benar hemat …
Bagaimana tidak, jika sebelumnya biaya listrik berdaya 450 watt rata-rata Rp 50 ribu per bulan, kemudian setelah diganti dengan listrik pulsa, maka isi pulsa sebesar rp 100 ribu dengan isi 155 Kwh habisnya adalah sekitar 2 bulan.
Ini artinya biaya yang dikeluarkan juga sama sebesar Rp 50 ribu per bulan, padahal daya listrik sudah dinaikkan menjadi 900 Watt.

2. Penghuni rumah merasa puas dengan sistem listrik pulsa, sebab :
- Tidak perlu repot lagi antri setiap bulan mendatangi loket PLN untuk membayar, kini cukup mudah untuk membeli token listrik dimana saja bahkan tetangga juga ada yang jual.
- Tidak takut lagi kena sanksi / denda gara-gara telat membayar.
- Dapat mengatur biaya pemakaian, sebab meter listrik menunjukkan pulsa yang berkurang setiap saat sehingga dapat di pantau setiap saat.
- Terdapat alarm peringatan saat pulsa sudah mulai mau habis, sehingga tidak kuatir listrik tiba-tiba mati akibat pulsa habis tanpa diketahui penghuni rumah.

Well … So My Final Review is …
- Listrik pulsa Prabayar Memang menguntungkan.
- Listrik prabayar lebih hemat.
- Listrik token memberi kemudahan.
- Cap jempol / Like buat PLN ^_^
Semoga kinerja dan sistem pembaharuan PLN semakin maju dan semakin baik.

Note :
Ini adalah review Pribadi, dan sekedar berbagi pengalaman pribadi pula.
Karena itu jangan heran bila hasilnya dapat berbeda dengan review orang lain yang mungkin malah merasa rugi dalam menggunakan sistem listrik prabayar sehingga lebih senang mengunakan model listrik analog sebelumnya.
Antara lain sebagian konsumen mengalami …
- borosnya penggunaan listrik pulsa.
- Pulsa pernah hilang banyak dalam waktu singkat ?
- Alarm berbunyi padahal pulsa masih banyak.
- Listrik padam/mati meskipun sudah di isi pulsa.
- DLL

ALASAN Beralih ke Listrik parabayar

Kita sendiri menunda sejak 2 tahun lalu untuk beralih ke listrik token karena banyaknya review negatif dari para konsumen, Namun kita sekarang berpikir …

- Bisa jadi sekarang saatnya untuk mencoba beralih ke listrik pulsa dengan pertimbangan PLN semestinya sudah menjadi lebih baik karena sudah sekian tahun mendapatkan komplain dari masyarakat dalam pemberlakuan teknologi barunya sistem pulsa prabayar.

- Bisa jadi banyak pelanggan yang merasa puas, namun tidak memberikan reviewnya, sedangkan yang tidak puas tentu lebih terdorong untuk memebrikan reviewnya bukan ?
Sehingga kami selama ini lebih banyak mendapatkan review yang negatif saja.

- Adanya dukungan dan review para tetangga yang katanya lebih enak pakai listrik token/pulsa sehingga tahun 2015 ini kami pun mencoba ikutan daftar, dan alhamdulilah hasilnya memuaskan.

Berikut Tips yang dapat saya sharing untuk menghindari kerugian dalam mengubah listrik analog menjadi listrik pulsa :

a. Pastikan tidak ada yang korslet / short body dalam instrument/peralatan listrik rumah, biasanya pada pompa/motor, kipas angin, mesin cuci, DLL
b. Pastikan tidak ada colokan/steker ataupun lubang colokan/stop kontak yang kendor/longgar, ini penting sebab kelonggaran tersebut akan sering memercikkan bunga api yang pasti menyedot banyak konsumsi klistrik.

Bila Instalasi listrik rumah sudah oke, insha Allah pemakaian lsitrik pulsa juga membuahkan hasil yang oke ^_^.

c. jangan lupa … Sambut dengan hangat petugas pemasang, ini juga penting - agar mereka bekerja dengan senang hati dan tidak sampai salah pasang yang dalam beberapa kasus katanya menjadikan error dan listrik boros ^_^.

Demikian review yang dapat saya berikan, dimulai dari proses pendaftaran dan pembayarannya yang mudah, pemasangan yang cepat, kemudahan pengisian token/pulsa listrik prabayar, sampai dengan review hasil akhirnya.

Semoga bermanfaat, buat para sobat BintangTop.com yang mungkin sebelumnya ragu dan kiranya mau ikutan beralih ke sistem listrik prabayar / pulsa.

Baca Juga :
Cara Mudah Menghitung Biaya Listrik rumah, Biar bisa Berhemat




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.