2015/04/26

Kunci Jawaban – Test Logika – Mungkin Anda Memang Jenius

Lanjutan dari Posting sebelumnya …

Silakan baca dulu posting tersebut untuk mengetahu persoalannya, kemudian coba ikut menebaknya, siapa tahu anda memang jenius …^_^
Selanjutnya cocokkan jawaban kalian di bawah ini …

Berikut adalah hasil anlisa logika dalam menemukan jawaban
Mana dari Daftar 10 Hari Ulang Tahun di bawah ini yang menjadi HUT si C.

--- ---
Daftar 10 tanggal kemungkinan HUT si C.
15 mei            16 mei            19 mei
17 juni            18 Juni
14 Juli            16 juli
14 Agustus    15 Agustus     17 Agustus

Data …
Si A hanya diberitahu Bulan,
si B hanya diberitahu Tanggal,
Dialog …
Si A : Aku tidak tahu kapan HUT si C, tapi aku yakin bahwa kamu (si B) juga tidak tahu.
Si B : Sebelumnya aku memang tidak tahu HUT si C, tapi sekarang … Aku tahu.
Si A : Kalo begitu, aku kini juga tahu kapan HUT si C.
--- ---

Yuk kita mulai … dari yang kita tahu …
Si A sudah mengetahui Bulan dari HUT si C,
Si B sudah tahu Tanggal dari HUT si C,

1. Ketika si A sudah di beri tahu Bulannya, maka ia langsung bilang yakin bahwa si B tidak tahu yang mana HUT si C.
Ini artinya …
HUT si C pasti bukanlah pada tanggal yang hanya muncul sekali dalam diaftar diatas, yaitu tanggal 18 juni dan 19 mei. sebab si B sudah mengantongi tanggalnya saja bukan, sehingga jika tanggal tersebut hanya muncul sekali tentunya si B langsung dapat menebak dengan mudah HUT tersebut.

Si A juga bilang dengan yakin … bahwa si B tidak tahu kapan HUT si C, sebab sebelumnya dia telah mengantongi bulan HUT tersebut, berarti logikanya … dia bisa yakin sebab bulannya bukan mei dan juni.

Karenanya kita bisa mencoret yang bulan mei dan bulan juni …
15 mei            16 mei            19 mei
17 juni            18 Juni
14 Juli            16 juli
14 Agustus    15 Agustus     17 Agustus

2. si B membenarkan omongan si A bahwa dirinya memang tidak tahu HUT si C, tapi karena si A yakin bahwa dirinya tidak tahu … maka akibatnya – si A sekarang malah menjadi tahu jawaban yang tepat.
Bagaimana bisa ?… sebab dengan berdasarkan logika dan keyakinan si A sebelumnya, si B jadi tahu bahwa HUT tersebut bukanlah mei dan juni, karena sudah mengantongi tanggal – maka si B langsung tahu kapan HUT si C.

Ini berarti … HUT tersebut pasti bukanlah tanggal 14, sebab … ada dua tanggal 14 yaitu 14 juli dan 14 agustus, kalau ada dua tanggal kembar maka tidak mungkin si B langsung tahu mana HUT si C bukan ?

Karena itu tanggal 14 bisa kita coret …
15 mei            16 mei            19 mei
17 juni            18 Juni
14 Juli            16 juli
14 Agustus    15 Agustus     17 Agustus

3. Ketika si B bilang sudah bisa tahu HUT si C, maka akibatnya si A juga menjadi tahu jawaban yang tepat … bagaimana bisa ? sebab dengan menggunakan logika diatas yang tersisa 3 tanggal unik serta di tambah karena si A sebelumnya sudah mengantongi bulan dari HUT si C.

Sekarang sudah jelas … Ini artinya …  HUT si C pasti bukanlah Agustus, sebab masih ada dua agustus yang tersisa, kalau HUT si C agustus maka si B tentu masih belum bisa bilang - sudah tahu HUT si C bukan ?

Jadi Agustus perlu di coret.
15 mei            16 mei            19 mei
17 juni            18 Juni
14 Juli            16 juli
14 Agustus    15 Agustus     17 Agustus

Yes … 16 Juli gan … ^_^
Ketemu sudah tanggal kelahiran si C yang sebenarnya …

Masih Puyeng kagak ???
Kalau masih bingung … coba baca lagi penjelasaannya, saya udah berusaha menuliskan penjelasan semampunya :)

Bagaiman jawaban para sobat ???
Sudah cocok tidak dengan hasil analisa diatas,
Kalo jawaban dan analisa sobat mirip diatas …
SELAMAT Bro / Sis … mungkin sobat emang Jenius …

Kalo tidak bagaimana ???
TENANG … Kagak masalah gan …
Tes logika diatas aslinya pakai bahasa inggris, saya buat pakai bahasa indonesia biar kesemuanya lebih mudah memahami ...
ini adalah salah satu dari soal yang diujikan pada uji kompetisi remaja anak sekolah pada olimpiade matematika Singapore untuk Asia, dan sengaja dibuat sebagi soal yang tersulit dari 25 soal yang diujikan, soal tersulit ini di pakai untuk memisahkan mana anak yang lebih baik.

Saat Salah satu stasiun TV singapura membocorkan satu soal ini via Fb, maka soal ini langsung menular bak virus ke banyak sekali orang, mereka semua pada mencoba … dan hasilnya sesuai dugaan …
hampir semua pada puyeng dan salah jawabannya, tanpa analisa karena keburu asal mau menjawab dan ngawur saja.

So … Jika para sobat bintangTop.com tidak mampu menjawabnya …
gak perlu kuatir, masih banyak sekali temannya … Kita semua memang rata-rata begitu kok … Wkk wkk ^_^

Salam matematika …
Dan buat si C … lain kali kalo mau ngasih tahu hari ulang tahunnya
mbok ya jangan pakai main tebak-tebakan segala … biken puyeng orang bayak aja luh …
Tinggal bilang aja kapan tanggal lahir mu aja kok susah banget sih   ^_^ :)




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.