2015/04/03

Mengganti Sendiri & Beli BATEREI Remote Control ALARM Mobil

Remote Battery habis sekitar 1 setengah tahun
Sudah sekitar 1,5 tahun sejak pembelian mobil keluarga, ternyata remote untuk mengunci pintu sekaligus alarm mobil ternyata mulai tampak redup, remote cadanganpun dipakai … dan setelah tahun ke tiga baru terasa bahwa remote cadangan juga mulai redup dan tidak dapat menjangkau jarak lebih jauh seperti sebelumnya.

Bunyi Alarm Terbalik
Sehabis pulang dari mall - Tidak biasa mobil keluarga kita terdapat keanehan, yaitu yang biasanya alarm berbunyi 1x sebagai tanda pintu terkunci dan bunyi 2x sebagai pertanda terbuka … kok malah berlaku sebaliknya, yakni alarm berbunyi 2x pada saat mengunci, setelah di chek handle pintu memang terkunci.

Alarm Error
Tak disangka pada esok hari kemudian, Ketika membuka pintu dengan remote yang sudah kedap kedip lampu indikatornya - mobil membunyikan suara yang selama ini tidak pernah terjadi yaitu …

Mengganti Sendiri & Beli BATEREI Remote Control ALARM Mobil
Remote alarm security mobil 
berbunyi “Tiiit …. Tiiit … Tiit” dan terus menerus, jadi bunyinya bukan alarm anti maling yang menjerit-jerit memekakkan telinga.
Kita sudah mencoba mematikan dengan remote mobil tapi percuma, langkah berikutnya kami nyalakan starter mobil ternyata juga tidak bisa … wah.. alamat … alarm security mobil telah mengaktifkan anti starter.

Kita langsung menduga bahwa error awalnya terjadi karena baterei yang sangat lemah hingga kemudian remote mati sama sekali, kemudian error alarm tersebut yang tidak bisa di hilangkan mengakibatkan pengaktifan anti starter/anti theft seperti umumnya alarm mobil bekerja.
Aki jelas tidak bermasalah karena semua fitur lain masih bisa di fungsikan dengan baik seperti lampu, bel, riting, bahkan AC.
Karena starter tidak bisa di lakukan juga, Langkah terakhir terpaksa kita lakukan yaitu … mencabut kabel negatif pada aki ^_^
Akhirnya suara alarm yang aneh tersebut tidak berbunyi lagi untuk semenatara. :)

Mengganti Sendiri baterai Remote Mobil
Membuka remote mobil, ternyata cukup mudah …
- Gunakan kuku terkuat yaitu kuku jempol untuk membuka bagian alur yang tersedia di pinggiran remote, kalau tidak kuat gunakan saja obeng minus.
- Bagian dalam remote control mobil Avanza Xenia ternyata bukan bentuk bulat pipih melainkan baterai jenis cylinder biasa yaitu alkalin kecil denagn size A27 (selama ini kita mungkin hanya mengenal bahwa batre alkaline terkecil yaitu A3 atau AAA).

Beli BATEREI Remote Control ALARM Mobil xenia avanza

Dimana Beli Baterai Alarm mobil ??
- Setelah mencoba mencari di toko-toko dan ternyata cukup sulit juga, akhirnya terpaksa kita sempatkan pergi jauh untuk mendatangi Toko Gramedia.
Toko gramedia umumnya menjual baterei alkaline dari jenis kecil samapi besar.
Dan saya pun akhirnya langsung beli beberapa buah – dimana satunya untuk cadangan.

- Selain Gramedia ... saat saya jalan-jalan ke Supermarket Giant ... ternyata di rak dekat kasirnya juga tersedia aneka baterei alkaline termasuk size A27 untuk remote alarm mobil tersebut.

Setelah baterei kita ganti – Yess …
Remote control sudah berfungsi langsung dengan baik.

Itulah sekelumit pengalaman kita - mungkin bermanfaat untuk para sobat BintangTop.com
kiranya mengalami masalah yang mirip berkenaan dengan alarm mobil yang error plus mengganti sendiri serta membeli batere alkalin untuk Remote mobil jenis xenia Avanza, saya kira cukup sama dengan jenis remote mobil lainnya.

Artikel Terkait :
Bagi sobat yang ingin emamatikan alarm secara permanent sehingga anti starter tidak lagi terjadi ataupun bila ingin mengganti dengan sistem alarm biasa yan umumnya tanpa anti starter ….
Silakan Baca …





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

7 comments:

  1. Infonya cukup membantu Saya yang lagi berusaha mencari cara ngebuka nih remote. Sudah mau 5 tahun gak pernah ganti baterai jadi agak lupa caranya. Tq Gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah sip tuh bro ... bs bertahan 5 tahun ... :)

      Delete
  2. tx u info nya, sangat membantu

    ReplyDelete
  3. tx u info nya, sangat membantu

    ReplyDelete
  4. Mantap infonya, hampir aja salah suruh OB beli battery. Unt browsing dl.

    ReplyDelete
  5. Thx info nya gan, jadi bisa ganti sendiri batery remote nya

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.