2015/03/03

WASPADA - Beli HP BARU Ternyata HP lama/Bekas - TIPS Membedakan

Menurut data telekomunikasi, di Indonesia telah beredar penggunaan handphone/telepon genggam/ponsel .. tidak kurang dari 200 juta unit, dengan berbagai merek dan model, dimana 1/3 dari jumlah tersebut adalah berupa Smartphone / telepon pintar.
Smart phone itu sendiri terbagi menjadi ada yang original dan sebagian lagi non ori – hasil pembelian dari black market / distribusi Hp secara ilegal.


Dapatkah kalian bayangkan, Betapa kecewanya bila mengetahui bahwa HP baru yang sudah kalian beli ternyata sebenarnya adalah HP lama atau Hp bekas hasil rekondisi, hasil repair, lalu di mark up serta di bungkus dengan casing yang baru.

Padahal … kita sudah bekerja keras mendapatkan uang, dan uang yang ratusan hingga jutaan rupiah itu sudah sepantasnya untuk mendapatkan HP baru sesuai janji, spesifikasi dan harga yang tertera.

Jadi … saatnya aberhati-hati dalam pembelian ponsel di jaman sekarang.

WASPADA - Beli HP BARU tapi Ternyata HP lama/Bekas - TIPS MembedakanBerikut adalah hasil investigasi di pasaran hand phone, ditemukan kecurangan dalam penjualan dan penyebaran Hp-Hp baru dengan bagian dalam second/bekas pakai …

Salah satu sumber yang ditemukan mengaku  bahwa dalam berbisnis dia bahkan menjual Hp-hp seken tapi tampak baru tersebut dengan harga yang tidak terpaut jauh dengan hp baru aslinya, misalnya di buat selisih hanya sekitar 200 ribu s/d 300 ribu dengan alasan bahwa harga yang terpaut jauh nanti dikira ini hp siluman/hp tidak asli atau hp tidak jelas lainnya.

Dalam pekerjaannya selama beberapa tahun terakhir, nara sumber memiliki tenaga khusus yang bertugas mencari hp-hp bekas yang umumnya sudah rusak dan tidak terpakai secara door to door, ternyata cukup mudah untuk mendapatkan handphone yang sudah tak terpakai dari sebagian keluarga yang di kunjungi di berbagai kampung dan perumahan.

Alasan menggunakan komponen Hp seken :
- Kemudahan dalam mendapatkannya
- Harga belinya sangat murah, bisa di beli denga Rp 5 ribu sampai dengan 10 ribu saja.
- Umumnya Hp tersebut rusak hanya karena salah satu komponen saja, sehingga masih lebih banyak komponen lain yang dapat di ambil dan di manfaatkan.

Yap … berbekal pengalaman sebagai teknisi Handphone, yang telah menservice banyak hp rusak, maka menjadikannya lihai dan mudah dalam merepair hp-hp rusak yang telah terkumpul.
Kemudian komponen-komponen internal Hp bekas dapat di copot masing-masing sesuai kebutuhan untuk merekondisi hp lain, hal ini dikenal sebagai istilah mengkannibal komponen.

Setelah bagian mesin/internal sudah Oke … saatnya menangani urusan eksternal.
- Membeli Casing baru termasuk Boxnya sesuai jenis Hp di langganannya.
- Memesan label baik berupa segel, nomor imei dan serialnya di percetakan langganannya.

Yup … hasilnya secara visual dan fisik, tidak dapat di bedakan mana hp asli dan mana hp palsu.
Semua telah siap, Hp-hp baru tapi isi dalamnya bekas/hasil rekondisi di distribusikan ke toko-toko yang mau menerimanya. Dengan selisih harga yang ada membuatnya tidak kesulitan dalam hal pendistribusian Hp-hp baru tapi sebenarnya seken ini.

Kesulitan yang Ada ??

Walaupun terus memiliki persediaan Hp seken yang banyak dari hasil keliling kota, kadang komponen khusus perlu di beli di toko-toko khusus elektronik.
Si Pedagang curang mengaku terkadang mengalami 2 kendala komponen di bawah ini …

Karena kebanyakan yang dipalsu adalah jenis Hp biasa maupun smart phone, maka …
a. Untuk smartphone jenis baru, sering komponennya belum ada di pasaran.
b. Untuk Hp lebih lama, kadang komponennya sudah tidak ada di pasaran.


Tips Terhindar Beli HP baru tapi ternyata HP lama :

1. Usahakan beli hand phone di Outlet/Toko-toko resmi yang ditunjuk oleh pemegang merek.

2. Bila beli di toko biasa, pastikan terdapat garansi toko di samping garansi resmi.
Setidaknya garansi toko mengindikasikan bahwa toko di buat dengan serius untuk jangka panjang di lokasi tersebut, bukan toko yang siap sedia untuk lari.

3. Sebelum membeli Hp atau Smart phone tertentu, cek terlebih dahulu harga pasarannya.
Jangan tergiur hp murah terpaut banyak, karena mengindikasikan hp memiliki resiko yang tidak jelas. Lha wong hp palsu aja di jual dengan selisih harga sedikit seperti kasus diatas, apalagi yang selisih harga terpaut jauh.

4. Periksa nomor IMEI = International Mobile Equipment Identity.
Pastikan sama persisi antara yang di HP, di box dan di surat gransinya/lainnya kalau ada.

5. Coba buka casing belakang, cek fisik serta cium bagian dalam casing dan pastikan tidak ada bau/aroma thinner, sebab thinner menandakan bekas service saat rekondisi.

6. Usahakan service di Service center resmi … setidaknya bila hp sobat palsu akan ketahuan, dan menjadi pengalaman sobat untuk tidak beli hp lagi di tempat sebelumnya.

Jangan lupa sob …
Hati-hati beli barang apapun termasuk smart phone, jadilah konsumen bijak dalam membeli barang jenis apapun, jangan hanya memikirkan barang bagus tapi murah, tapi perhatikan penjual dan tempat penjualannya agar …
Kalian tidak sampai terkena hukum pidana, lho kok bisa ???





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

  1. Widih penipuan jaman sekarang makin canggih aja ya. :[ Mesti bener-bener hati-hati.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.