2015/03/05

TIPS Beli Jajan Pasar - DADAR GULUNG Berbahaya & yang AMAN

Jajanan pasar umunya di dominasi oleh kue basah dan mengundang kenangan masa kecil, sehingga tidak saja nikmat di lidah tapi membawa memory tersendiri pada saat mengkonsumsinya terbawa akan nuansa ketika kita masih anak-anak.
Sayangnya jaman sekarang banyak para pembuat kue yang tidak memperhatikan bahan berbahaya dan lebih hanya mengutamakan laba.

Kali ini hasil investigasi menguak bahaya dan racun yang terkandung dalam salah satu jajanan pasar terkenal yaitu dadar Gulung, dengan bentuknya yangh khas terbuat dari lembaran parutan kelapa dan dan gula yang digulung memanjang serta warnanya yang hijau tampak sedap mengudang selera.
                                                             
Salah satu pembuat dan penjual jajanan pasar berhasil ditemukan melakukan praktek curang dalam bisnisnya selama lebih dari 10 tahun.

Si penjual mengaku tidak tahu menahu dengan bahaya bahan-bahan yang dicampurkannya, dan selama ini menggunakan resep yang dipakai oleh almarhum ibunya serta orang lain yang berprofesi sama.

TIPS Beli Jajan Pasar - DADAR GULUNG Berbahaya & yang AMANBerikut adalah beberapa bahan berbahaya yang di gunakan dalam proses pembuatan Dadar gulung :

a. Boraks/pijer/bleng, yang ternyata masih saja dijual bebas di toko-toko bahan makanan dan di pasar, padahal pemerintah sudah melarang sejak dulu akan penggunaannya dalam makanan/minuman walau seukuran apapun.
Borax dipakai dengan alasan agar tidak mudah basi, sehingga dapat dijual kembali bila jajanan tidak habis pada hari tersebut.

b. Pewarna tekstil/kain, menurutnya dengan memakai pewarna jenis ini menjadikan jauh lebih hemat, dimana hanya dengan 1 bungkus bisa dipakai untuk 2 adonan, sedangkan kalau memakai pewarna makanan standard/food grade dibutuhkan sekitar 5 bungkus, belum lagi per bungkusnya juga lebih mahal.
Dengan pewarna textil, ia juga menambahkan bahwa dari segi hasil warnyanya juga lebih memikat dan bagus daripada pewarna food grade.

Untuk mengetahui seberapa besar penyebaran  jajanan pasar dadar Gulung yang beracun maka diambillah …

10 Sample - di kumpulkan dari aneka pasar tradisional maupun toko besar/ternama, Semuanya di analisa dalam Laboratorium UNPAS Bandung,
Hasilnya …
a.7 dari 10 sampel – positif mengandung Borax.
Bahkan salah satu toko ternama juga salah satu dari sampel yang mengandung boraks tersebut.

b. 3 dari 10 sample – positif mengandung pewarna textil dan jenis Rodhamin B.
Bahkan salah satu pasar besar juga menjadi salah satu yang memiliki sampel tersebut.

* Ke dua bahan tersebut diatas tidak ada yang layak untuk masuk kedalam tubuh mahluk hidup/manusia, karena akan menjadi senyawa karsinogen yang dapat terakumulasi dalam tubuh, meracuni oragan dalam dan dalam jangka panjang dapat mencetuskan kanker/tumor.

Sebagian lain para pembuat dan penjual dadar gulung yang jujur – menggunakan bahan alami dan aman yaitu gula pasir dan gula merah serta dalam membuat warnanya menjadi hijau juga menggunakan bahan alami yaitu umumnya dengan daun suji.


TIPS Aman Membeli/memilih Jajajan Pasar Dadar Gulung dan membedakannya dengan yang berbahaya/beracun :

1. Dadar gulung dengan pewarna alami semisal memakai daun suji, warna hijaunya lebih pucat, warna sama merata, serta kadang masih tercium aroma daunnya.
Sedangkan dadar gulung yang memakai pewarna pakaian atau pewarna sintetis - warna hijaunya nya lebih gelap dan sering terdapat spot-spot gelap sehingga warnanya tidak merata seimbang.

2. Dadar gulung ayng aman, lembarannya mudah hancur atu robek bila di remas dengan jari-jari, sedangkan dadar gulung mengandung pengawet semacam boraks atu pijer atau bleng – lebih kuat dan kenyal sehingga tidak mudah rusak.

3. Jika dadar gulung ataupun kue basah sejenis lainnya yang Anda beli kemudian didiamkan di udara terbuka selama lebih dari 6 jam, maka jajanan yang aman akan mulai berlendir serta akhirnya berbau, sedangkan kue basah yang tidak aman akan bertahan baik atau tidak basi hingga hari esoknya.
Jika menemukan demikian, sebaiknya pertimbangkan untuk membeli di tempat lain atau membeli kue lainnya, atau mungkin berkreasi membikin sendiri kue basah Anda.

Dari pengujian sample diatas, terbukti masih selalu ada pedagan dan pembuat jajanan pasar yang jujur, sehingga tidak perlu menyurutkan para sobat BintangTop.com dalam tetap membeli jajanan pasar, yang penting setidaknya kita memiliki tips dalam memilahnya.

Penipuan makanan/Minuman Lainnya dapat di check di ...

semoga para pedagang lain semakin banyak yang mengikuti jejak menjadi pebisnis yang memperhatikan keamanan bahan pangan dan bisa saling untung menguntungkan dengan para pelanggannya sendiri.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.