2015/03/19

7 Menit - Cara UNIK Mengubah BOTOL Bekas Menjadi GELAS

Adakah satu atau beberapa botol bekas yang sudah tidak terpakai di rumah kalian …
Berikut adalah cara unik yang dapat sobat BintangTop.com praktekkan untuk membuat gelas dari bahan botol bekas.
selain gelas, juga nanti bisa dipakai untuk pot tanaman ataupun rumah lampu atau lilin, semua sesuai imaginasi para sobat sekalian.

Alat yang diperlukan :

1. Air dingin (air + Es dalam panci)
2. Lilin + Korek api.
3. Pengerat botol (Cutter kaca) atau Gergaji Besi.
4. Amplas (yang agak halus).
5. Spidol kecil.

Cara Membuat Gelas dari Botol Bekas :

1. Penggoresan.
Terlebih dahulu berikan penandaan melingkar pada badan botol dengan spidol kecil, Atur posisi goresan untuk membuat gelas yang tinggi atau pendek sesuai kebutuhan.
lalu lakukan pengeratan/penggoresan dengan cutter kaca secara melingkar rata pada badan botol,

7 Menit - Cara UNIK Mengubah BOTOL Bekas Menjadi GELASBila tidak punya cutter kaca, terpaksa gunakan saja gergaji halus untuk besi, caranya … jalankan mata gergaji 1 arah secara pelan sambil ditekan dan bergerak melingkar pada bagian yang sudah di tandai dengan spidol, usahakan jangan sampai melenceng keluar garis.

Catatan : penggoresan dengan cutter pemotong kaca hanya boleh dilakukan sekali saja, yang penting terbentuk garis/goresan kecil. penggoresan berulang akan menghasilkan garis dobel yang mengakibatkan potongan botol nanti tidak bagus.
Waktu yang dibutuhkan : 2 menit.

pemanasan area botol yang sudah di gores dan dicelup air2. Pemanasan
Lakukan pemanasan pada area botol yang sudah di gores, caranya … putar botol secara tidur/horizontal diatas lilin, jangan menempelkan api pada badan botol, melainkan cukup dekatkan saja dengan ujung api lilin sehingga goresan melingkar pada botol tadi terkena hawa panasnya semua selama kurang lebih : 3 menit.

3. Pendinginan.
Selesai dipanaskan, Celupkan badan botol dalam baskom/panci yang telah dipersiapkan dengan air es tadi, bagian yang tergores harus masuk dalam air, akan terdengar suara air bergemeratak akibat panas botol yang bersentuhan dengan air dingin selama sedikitnya : 1 menit.

Pada proses ke tiga diatas … sebenarnya telah terjadi reaksi pemecahan kaca pada sekeliling goresan yang dibuat akibat perlakuan proses pemuaian dengan panas dan proses penyusutan mendadak dengan air dingin.
Dan … Yup … langkah terakhir …

4. Penarikan dan Finishing.
keluarkan botol dari air dingin, sekarang pegang bagian bawah botol dengan tangan kiri serta pegang leher botol dengan tangan kanan, lakukan penarikan sambil seakan memuntir botol (jangan keras- keras tenaganya) …

Cara UNIK memotong BOTOL Bekas Menjadi GELASDan Taraat … Botol telah terpotong melingkar dengan baik pada  goresan tadi, saatnya finishing … lakukan penghalusan pada bibir gelas yang baru jadi – dengan cara di amplas agar tidak tajam.
Waktu terpakai : 2 menit.


Catatan : lakukan semuanya dengan memperhatikan sekitar agar tidak berbahaya, sebaiknya hindarkan dari anak kecil.

---
Sewaktu kecil saya diajari memotong botol dengan cara melingkari dengan benang yang sudah dicelupkan minyak tanah, lalu benangnya dibakar … namun hasilnya tentu kurang memuaskan akibat api yang sifatnya menyebar ^_^
Cara diatas menjadikan pemotongan berjalan lebih halus dengan hasil lebih sempurna.

Itulah tadi Tutorial – 7 Menit pembuatan gelas dengan memanfaatkan botol bekas, kiranya dapat menambah inspirasi, keratifitas, dan imaginasi para sobat BintangTop.com untuk kegiatan lainnya ^_^




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.