2015/02/05

6 PELUANG BISNIS Face/Body Painting – Prospek & Tarip

BintangTop.com - Setelah saya menulis artikel yang ke 1 tentang Face painting di …
(berisikan apa itu face painting, Perbadaan mutlak dibanding tatto, cara berkreasi, dan Dimana membeli alatnya)

Dan Artikel ke 2 Tentang …
(aman untuk kulit, aman jika terkonsumsi, tidak meninggalkan noda)

Sekarang di artikel ke 3 ini saatnya saya mengulas tentang Peluang bisnis yang yang dapat dipetik  dalam dunia seni lukis waja/tubuh/tangan.

(Penting, Harap baca dulu Artikel yang ke 1 diatas, agar sobat lebih paham tentang peluang bisnis yang akan dibahas kali ini).


Peluang Bisnis face/Body painting atau dikenal sebagai Seni lukis wajah, tangan ataupun tubuh (body painting), sejauh yang telah saya lihat prakteknya, dan saya sendiri juga pernah menjadi konsumennya … sebenarnya memiliki prospek yang menjanjikan, hal ini di dukung semakin meningkatnya animo masyarakat akan seni lukis wajah dan tubuh baik untuk kesenangan, keindahan, kecantikan, penampilan yang keren, acara-acara tertentu, dan sebagainya … sementara itu tenaga dalam bidang bisnis ini ternyata masih terbatas.

Sebagian besar, bahkan tidak mengira …
bahwa mereka akhirnya menjadi professional - menghasilkan Puluhan Juta rupiah tiap bulan berawal dari sekedar hobi melukis diri sendiri, akhirnya diminta melukis teman, tetangga dengan tarip murah, akhirnya semakin ramai, terkenal dari mulut ke mulut, bahkan kadang mendapat undangan untuk mengisi stand pameran tertentu di kotanya.

Bagi siapapun yang tertarik dunia bisnis yang menyenangkan ini,
Silakan mulai dulu dengan memahirkan tangan sobat dalam menggambar diri sendiri dan keluarga,
Sebaiknya beli peralatan yang sudah saya bahas di link artikel ke 1 diatas.
Selain harganya murah, namun hasilnya sama dengan para pelaku professional, selanjutnya sobat sekedar di tuntut untuk sering latihan agar dapat melakukan dengan cepat dan effisient, pintar memadukan warna, dan pengalaman lain yang akan didapat setelah mempraktekkan seni lukis ini.


Peluang Bisnis Seni Lukis Wajah/Tubuh dapat diterapkan dalam 6 Acara sebagai berikut :

1. Face Painting di Tempat wisata, taman kota, dan tempat keramaian lain.
 Tempat wisata merupakan tempat yang hampir ramai setiap hari, sehingga selalu ada peluang dalam menjaring client di tempat ini.

2. Face painting di acara-acara tertentu, seperti Free car day, pameran, DLL.
Pameran-pameran secara umum di kunjungi jumlah orang yang sangat besar, pada kesempatan ini, bisnis seni lukis wajah/badan lebih mudah di kenalkan dan sekaligus sebagai media promosi agar dapat menjaring pelanggan pada kesempatan yang berbeda.

3. Face painting di sekitar Stadion sepak bola dalam acara pertandingan dan supporter sepak bola.
Untuk kategori outdoor, pertandingan sepak bola merupakan peluang terbaik dalam bisnis face painting, para supporter kebanyakan rela antri panjang demi mendapatkan gambar di wajah mereka berupa bendera, tulisan, atau logo club sepakbola faforit mereka.
Memang … gambar-gambar ini menjadikan masing-masig orang merasa lebih percaya diri, keren, trendy bahkan mampu memberikan semangat dalam acara apapun.

Face painting untuk supporter sepak bola

- Untuk Nomor 1 - 3 diatas (outdoor), Perlengkapan yang diperlukan Adalah :

A. 1 buah Meja – untuk meletakkan Peralatan Face painting.
B. 2 Buah Kursi – untuk Si pelukis dan si orang/anak yang di lukis.
C. Peralatan lukis wajah,meliputi cat air yang aman/food grade minimal 5 warna, yaitu merah, kuning, biru, hijau, dan putih, dan pensil hitam empuk (pensil alis).
Tidak lupa … Kuas, Lap pembersih, Air (bisa disiapkan di botol aqua besar) dan mangkoknya (sebaiknya dari plastik, untuk mencegah pecah jika jatuh).
D. gambar pilihan.
Berikan gambar pilihan setidaknya 4 kategory, yaitu gambar khusus untuk dewasa cowok, untuk dewasa cewek,  serta gambar untuk anak cowok dan untuk anak cewek.

TARIP acara Outdoor :

- Tarip 1x lukis atau 1 buah gambar, misalnya di pipi kanan saja atau di punggung tangan kanan saja, dapat diberikan harga antara Rp 10.000 – 15.000

- kalau gambar 2 posisi, misalnya gambar di pipi kiri dan kanan, atau 1 gambar di pipi dan 1 gambar di tangan, maka taripnya antara Rp 15 ribu s.d 25 ribu.


4. Face painting di Salon kecantikan.
Jika sobat punya salon, baik itu di jalan atau di rumah sendiri, tentu jangan sia-siakan peluang bisnis tambahan ini, Buat saja banner tentang face painting + gambar menarik bercampur dengan banner Salon.
Berikan ulasan dan sebarkan info tentang Face/body painting ke para tetangga terdekat, Pada kenyataannya, daya tarik seni lukis ini dapat menggaet bahkan orang yang baru tahu sekalipun. nanti … Bisnis sobat bisa semakin terkenal - menyebar sendiri dari mulut ke mulut.

Umumnya, pelanggan yang sering datang yaitu remaja dan anak-anak dalam rangka Peringatan hari nasional di sekolah atau karnaval untuk digambar wajahnya dengan tema doreng tentara, bendera merah putih, kumis dan cambang sakerah, gambar bandana/mahkota putri/pangeran, Tema bintang/langit, Tokoh kartun/hero, dan lain-lain.
Semakin banyak sobat memiliki koleksi gambar yang dapat dipilih, semakin besar peluang mendapatkan konsumen.

5. Body painting di acara Pernikahan.
Dewasa ini, Body painting lebih sering merambah acara pernikahan, umumnya si wanita minta di lukis bagian tangan, kaki, bahkan bagian pundaknya, sehingga tampak anggun laksana seorang peri/bidadari.


6. Face painting di acara Ulang Tahun, HeloWeen, Party lainnya.
Dalam bisnis ini, acara ulang tahun, hallo wen dan pesta lainnya - paling sering menyedot peluang bisnis face painting, karena itu jangan tunda lagi Buatlah kartu nama, dan brosur untuk melayani Face painting dalam rangka acara ulang tahun/Pesta.

TARIP acara ULANG TAHUN :
Untuk acara Pesta/party dan ulang tahun, tahun 2014 kemarin, secara umum dipatok Rp 1 juta untuk maximal 30 anak.
Masing-masing anak akan di beri gambar pada bagian pipi atau kening dan punggung tangan dengan memilih aneka gambar sesuai yang disukai masing2 anak.
Gambar harus sudah disediakan sendiri oleh sobat, dan hanya berikan gambar-gambar yang sobat sudah pernah menggambarnya dengan hasil yang cukup bagus.
Jangan sampai memberikan gambar yang ribet apalagi belum pernah sobat gambar, dikuatirkan hasilnya tidak maksimal.

lukis wajah untuk ulang tahunlukis wajah untuk pesta


Sampai disini dulu sharing saya di BintangTop.com tentang Dunia bisnis face/Body Painting.

Tulisan ini saya buat sejauh yang pernah saya lihat sendiri dan saya praktekkan, bahkan pernah menjadi konsumen bisnis ini sendiri di tempat wisata kota.

(sebenarnya ada foto-foto hasil kreasi saya sendiri, namun karena hasilnya kurang keren karena sekedar untuk suka-suka, maka tidak saya tampilkan disini, jadi sebaiknya saya tampilkan gambar2 contoh dari para professional)

Indahnya Berbagi … Semoga memberikan manfaat dan Inspirasi ^_^

Silakan Share agar bermanfaat bagi semua ,
Makasih dah mampir gan 




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

6 comments:

  1. Dear Bintang top.com
    Saya sangat tertarik dengan isi artikel yang anda muat, karena membahas bidang profesi yang saat ini sedang saya jalani yaitu face & body painting.
    Akan tetapi sangat disayangkan jika salah satu foto yang dimuat yaitu foto body paint untuk pernikahan adalah foto salah satu koleksi hasil karya saya tanpa anda meminta persetujuan sya terlebih dahulu dan tanpa menyebutkan dari mana foto tsb diambil. Dan jika web ini ingin memuat suatu artikel mohon di konfirmasi terlebih dahulu kepada yang bersangkutan dengan terus terang kalau ingin di muat di sebuah website ataupun media lain. bukan dengan cara mencari-cari info seperti seseorang yang ingin memnyewa jasa saya. Toh tidak ada ruginya jika ingin mewawancara, saya pribadi juga membuka tangan lebar-lebar untuk itu. Terima kasih atas perhatian dan pengertiannya ya mba cantik. Salam damai dari Nufus Art. www.nufusart.blogspot.com.

    ReplyDelete
  2. Dear Nufus art, maaf saya kira itu tadi gambar umum ... ternyata tidak ya ^_^
    oke ... foto bersangkutan kini telah saya hilangkan ... terimakasih atas kunjungannya.

    ReplyDelete
  3. ku sudah kunbal ke blog agan ... terus terang baru tahu ada blog nufus art ... sebelumnya - gambar tangan tersebut saya peroleh dari gambar google secara umum, lalu saya pakai sekedar untuk ilustrasi dari tulisan saya. thanks for stand by ... ^_^

    ReplyDelete
  4. Siapapun jika menemukan gambar tsb di google pasti akan tau linknya ke mana...saya rasa mba juga tau itu...hehehe. Tapi whatever lah..yang penting mba sdh minta maaf. Itu point-nya...
    Salam sukses selalu...

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.