2015/01/02

5 TIPS dan Penyebab Salah Transfer Uang di ATM / Internet Banking

BintangTop.com - Salah transfer uang di atm ataupun via internet banking merupakan kasus yang umum terjadi, dan tidak menutup kemungkinan menimpa pada siapapun, karenanya … patut bagi kita mengetahui penyebab dan cara mencegah/menghindarkan diri dari resiko Salah transfer dana.

Beberapa Hal Penyebab Utama Salah Transfer uang di ATM atau pun Internet Banking :

1. Ketidak telitian dalam memasukkan nomor rekening.
2. Tidak teliti dalam melihat nama si penerima.

3. kalau salah transfer terjadi via internet banking, biasa terjadi karena Tidak cermat dalam mengklik daftar penerima dana, terutama nasabah internet banking BCA, dimana penerima uang di tentukan dengan memilih pada daftar yang ada. Kalau pada bank lain semisal mandiri dan BNI saya lihat tidak ada keharusan untuk memasukkan orang tujuan yang ditransfer pada daftar.

5 TIPS dan Penyebab Salah Transfer Uang di ATM/Internet Banking 4. Salah transfer bisa disebabkan pula misalnya tertipu oleh orang via sms penipuan,
tahu kan … banyak SMS penipuan yang meminta untuk mentransfer ke rekening mereka.
Atau bisa jadi tertipu via telepon dimana korbannya berhasil terhipnotis untuk mentransfer sejumlah dana ke rekening penipu.

5 TIPS Menghindari / Mencegah Terjadi Salah transfer Uang :

1. Hindari transfer sambil bicara/ngobrol dengan orang lain, terlebih ngobrol dengan anak kecil yang umumnya selalu minta diperhatikan lebih dulu.

2. Jangan mentransfer dengan tergesa/tergopoh-gopoh, baik di kejar waktu ataupun karena banyak orang antri di belakang, tetap fokus … karena ini masalah uang.

3. jangan mentransfer uang tanpa pernah mengecek/memeriksa ulang 2 kali baik itu nomor rekening beserta jumlah uang yang hendak di kirim saat di inputkan.

 4. Pastikan sebelum menekan enter/transfer … pastikan teliti ulang data konfirmasi di layar tentang si penerima dana apakah sudah yakin benar, bila tidak teliti … sering terjadi orang salah transfer dikarenakan nama tujuan kebetulan mirip / serupa.

5. Hapus daftar nama orang tujuan transfer di internet banking.
Kasus salah transfer di internet banking BCA lebih sering terjadi, dimana orang yang pernah kita transfer walau hanya sekali maka akan tampil selamanya dalam daftar tujuan transfer.
Karenanya bila tidak perlu dengan beberapa orang tertentu, maka sebaiknya hapus saja mereka dari daftar agar terhindar dari salah transfer akibat salah klik daftar.
Daftar penerima dana transfer tersebut memang diurutkan sesuai alphabet sehingga memungkinkan nama-nama yang mirip akan berderet berdekatan dan membuka peluang salah mengklik nama dan salah transfer.

Cara Menghapus orang dari daftar tujuan Transfer di Internet banking bca :
(seharusnya sama dengan di internet banking bank lain, cuman berbeda di nama menu nya)

  1. Login ke Internet banking bca
  2. Klik menu Administrasi (di kolom kiri sebelah bawah), lalu pilih Hapus Daftar Transfer, pilih yang Rekening bank bca. 
  1. Muncul daftar nama orang beserta nomor rekening yang pernah anda daftarkan / di transfer sebelumnya. Silakan pilih/contreng beberapa nama yang sekiranya bukan langganan atau sudah tidak berhubungan lagi untuk urusan transfer.
  1. Teliti sekali lagi, siapa saja daftar nama orang yang anda pilih untuk di hapus, bila sudah yakin … lanjutkan tekan tombol Proses …
  1. Muncul pesan bahwa Daftar Transfer terpilih Telah Berhasil Di Hapus “ … Selesai. Mudah kan ??

Demikian Sharing Penyebab salah transfer uang di ATM ataupun di Internet banking dan 5 Tips Pencegahannya.
Semoga kita dapat terhindar darinya.





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

  1. Setiap mau transfer selain nama biasanya nominalnya juga saya cek ulang buat jaga2 salah transfer :)

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.