2014/12/17

Jangan Beri Nama pada Bayi dengan Inisial A dan B atau Y dan Z

Seorang teman yang sudah pernah malang melintang dalam dunia sekolah, dengan semangat 45 menceritakan bahwa alangkah pusingnya saat sekolah sejak SD, SMP, hingga SMA … akibat memiliki nama dengan inisial A atau huruf depan A,
Usut punya usut … yang lain juga memiliki kasus yang sama akan tetapi namanya kali ini berinisial Z.

Jangan Beri Nama pada Bayi dengan Inisial A dan B atau Y dan Z
Kalian Menamaiku Apa ? 
Saya juga masih ingat betul, bagimana raut wajah para teman dengan inisial A dan Z yang selalu dipanggil duluan kalau ada perintah apapun, kasihan deh … ^_^

Penasaran, dari sekian orang dengan nama berhuruf depan A dan Z, saya Interogasi  Interview … ternyata rata-rata memiliki pengalaman yang sama, yaitu … saat sekolah mereka merasa terbebani secara mental dengan memiliki nama depan berinizial A atau Z.

Beban mental ini berhubungan dengan :
Tidak siap, rasa malu, tidak sempat mikir, jadi bahan tertawaan, merasa keki dengan guru, Muak selalu dipanggil duluan, sampai dengan ada yang menyesali namanya, DLL
dan ini bisa menjadi beban dari masa kecil sampai dewasa.

Beberapa nama yang menjadi perhatian saya antara lain:
-          Aan, Abdul, Achmad, Adi, Aizzati, Amanda, Ana, DLL
-          Zainal, Zainab, Zazin, Zul, Zen, Zubaidah, DLL

Memangnya kenapa dengan nama-nama diatas ??
Apa yang menjadikan beban mental dan sering memusingkan bagi mereka saat sekolah ??
Yup … sebenarnya ini berhubungan dengan kebiasaan guru dan sekolah dalam membebankan tugas, maju kedepan, dan aneka perintah lainnya kepada para murid adalah selalu dengan memanggil melalui daftar absen. Dari sini sudah jelas … bahwa daftar absen juga selalu diurutkan sesuai Alphabet A,B,C dan berakhir dengan Y,Z.
Sehingga …
Anak yang memiliki nama depan berhuruf A pasti memiliki urutan absen paling atas, sebaliknya anak dengan inisial Z pastinya memiliki nomor absen paling belakang.
Kemudian, umumnya pula guru kadang memaanggil, menyuruh kedepan, melaksanakan tugas, dan aneka perintah lainnya pada anak dari absen terbawah. Sehingga anak dengan nama berinisial Z dan Y pun kadang harus maju dulu.

Para orang tua yang membaca posting saya ini mungkin ingin menyangkal :

1. Bukannya itu baik, anak selalu dipanggil duluan agar selalu pintar menjadi yang terdepan?

Saya mewakili para anak, merasa .. inilah Jawaban kami :
Benar … adalah baik mengharap anak selalu pintar dan terdepan dan agar selalu siap, tapi kenyataan yang ada … orang tua hanya selalu menuntut dan berharap anaknya demikian padahal mereka sendiri sibuk mencari nafkah atau urusan rumah serta tidak menyiapkan mental anak sesuai beban mereka di sekolah.
Anak selalu merasa terbebani secara mental saat mereka selalu di panggil duluan untuk maju atau untuk mengerjakan sesuatu dihadapan para temannya, apalagi bila ada kesalahan .. mereka kadang menjadi bahan tertawaan, sedangkan murid yang di panggil berikutnya dan berikutnya akan lebih siap karena mereka sudah melihat temannya yang lain maju duluan.
Parahnya … ini terjadi bertahun-tahun dari SD, SMP, hingga SMA ,
(Kasihan deh lu :)

Pasti masih ingat acara Fear Factor kan ?
Bahkan para orang dewasa pun sama, mereka sangat terbebani bila harus maju duluan, sementara saingannya akan dapat melihat dan mempelajari kesalahan mereka, dan kenyataan yang sering terjadi … para pemain fear factor yang dipanggil belakangan lebih sering menjadi Pemenang.

Jika orang dewasa saja juga umumnya berharap untuk tidak dipanggil dulu, lalu bagaimana saat menjadi orang tua mereka hanya bisa menuntut anaknya agar selalu siap, duduk terdepan, selalu maju duluan ??
Ini semacam Egois bukan ?

2. Lha kalau semua orang tidak mau memberi nama dengan inisial A dan B, ya sama aja toh nanti yang berinisial C akan memiliki nomor absen teratas?

Saya kira tidak … sebab Tidak mungin semua orang membaca / menemukan posting saya ini bukan?
Dan belum tentu semua orang yang membacanya akan mempraktekkannya, bukan?

Admin menyarankan …
Sebaiknya memberi nama bayi minimal dengan inisial C,D … dan seterusnya atau maximal dengan inisial … V,W.
Sebab kadang dalam satu kelas tidak ada yang bernama depan A atau hanya 1 orang berinisial A, maka tidak jarang anak berinisial B yang terus dipanggil duluan.

Well …
Ini adalah murni - opini admin BintangTop.Com
Para sobat tentu bisa memiliki opini berbeda atau bahkan berlawanan.
Sehingga boleh saja setelah membaca catatan ini malah menganggap perlu memberi nama bayinya dengan dengan inisial A atau B. ^_^

Artikel saya buat … bisa menjadi sekedar bahan pertimbangan dalam memberi nama pada bayi Anda kelak (bagi yang belum berkeluarga) ataupun bagi yang segera memiliki momongan, ataupun bagi mereka yang mau mengusulkan nama untuk keluarganya  yang lain …

Bagaimana pendapat para sobat ??, Comment di bawah sob …

LOVE PEACE

Silakan share dengan teman , Kiranya menghasilkan Diskusi ?




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.