2014/12/24

12 Kebiasaan GO GREEN – Anda lah Penyelamat Bumi

Yup .. Para sobat juga bisa menyumbang peran dalam upaya menyelamatkan Bumi dari Dunia semakin sempit, Pemanasan global,  keroposnya Ozone, Rusaknya lingkungan, Berkurangnya udara bersih, DLL.

Aneka upaya dibawah dapat kita lakukan setiap saat …
yang akhirnya menjadi Kebiasaan yang sangat bermanfaat untuk Bumi tempat kita berpijak :

12 Kebiasaan GO GREEN – Anda lah Penyelamat BumiHemat Kertas = Hemat Penebangan pohon.
Tahukah sobat … Pohon besar setinggi 18 meter, setelah diolah hanya menghasilkan 14 Rim kertas, bisa dibayangkan berapa banyak pohon yang harus ditebang karena kebutuhan kertas yang sangat banyak dimana-mana.

12 Kebiasaan Go Green dalam kehidupan Sehari - hari :

1. Hemat penggunaan kertas dengan mengisi kertas secara bolak balik, jangan haya 1 sisi halaman saja.

2. Sebarkan tugas sekolah dengan file Pdf, hindari sering foto copy. Sekarang jamannya android, silakan instal PDF Reader.

3. jangan malas mencatat saat kuliah, sehingga di akhir session punya kebiasaan pinjam buku teman untuk foto copy, umumnya foto copy tentu memamakai 1 sisi halaman kertas saja, sehingga pemborosan kertas tak dapat dihindarkan.

4. Manfaatkan kertas foto copyan bekas, sebelum di buang sebaiknya potong jadi 4 bagian  untuk ditumpuk dan di klip menjadi Note book kecil.

5. Upayakan jalan kaki atau bersepeda ke tempat kerja bila tidak begitu jauh, selain sehat sebagai olahraga juga membantu mengurangi polusi udara. Coba ajak teman juga agar lebih menyenangkan saat bersepeda.

6. Sekali-kali bagi yang kebiasaan naik mobil, coba naik Busway (yg tinggal dijakarta :).
Selain mengurangi polusi akibat semua pada pakai mobil sendiri, juga mengurangi macet.
Atau setidaknya gunakan 1 mobil untuk berbagi dengan penumpang lebih banyak.

7. Tanam pohon di sekitar rumah, upayakan merawat bunga dan tanaman di setiap waktu yang bisa, manfaatkan lahan yang ada walau sedikit. Selain memberikan kesegaran udara juga memberikan kesegaran pikiran saat menagani bunga/tanaman di rumah, hilangkan stress dan beban kerja dengan melihat tumbuhan kita yang hijau.

Jangan meremehkan 1 tanaman,

8. Jangan membuang sampah koran dan plastik ke dalam tanah, tahukah sobat ? koran dan plastik – bahan kimianya hanya akan meracuni tanah dimana ke duanya tidak mudah hancur didalam tanah meskipun hingga puluhan tahun.
Buang sampah di tempat yang benar, agar sampah sampai pada TPA (Tempat Pembuangan Akhir) dimana disana aneka sampah akan di pilah sesuai kategorinya, di daur ulang ataupun di lanjutkan dengan proses lainnya.

Sebaiknya gunakan pula Reuse bag / Tas kresek degradable, yaitu tas palstik yang di design dapat hancur sendiri secara bertahap.

9. Jangan mudah membuang barang bekas, aneka barang bekas dapat di manfaatkan dengan sedikit sentuhan kreativitas. Sebelum membuangnya … coba pikirkan sejenak … kira-kira bisa dimanfaatkan untuk apakah barang bekas tersebut.

10. Hemat listrik, matikan peralatan listrik yang tak terpakai, Setel Ac temperatur pada angka normal – 24 derajat. Gunakan temperatur 17 derajat hanya pada kondisi tertentu/panas sekali.

11. Gunakan Tenaga surya untuk menjemur pakaian, tidak harus selalu menggunakan pemanas untuk pengering pakaian.

12. Hemat Air dan sumber bumi lainnya, atasi kebocoran air pam di rumah gar tidak terys terbuang, serta pergunakan air secukupnya.

Demikian Sharing 12 Kebiasaan go Green setiap hari dalam rangka melestarikan bumi

Dapatkah sobat menambahkan yang ke 13, 14 dan seterusnya ?
Silakan share ide kalian via comments ya ^_^




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.