2014/11/02

My Review – Tips Ampuh Mengusir Tikus Rumah dengan Alat Ultrasonic



Hi Guys, kali ini saya mau sharing pengalaman dalam mengusir tikus bandel di rumah / kantor atau dimana saja dengan cara menggunakan Alat electronic penghasil Suara ultrasonic.

Seperti yang kita pelajari di SD, bahwa manusia tidak dapat mendengar suara dalam gelombang frekueansi tinggi 35000 Hz …
beberapa hewan mampu mendengar suara ultrasonic diantaranya adalah tikus dan kelelawar.

Atas dasar gelombang suara diatas, maka manusia menciptakan alat elektronik penghasil suara ulrasonic dimana suara tersebut di design sebagai suara keributan / kebisingan sehingga cukup mengganggu bagi hewan-hewan yang dapat mendengar gelombang suara ultra sonik tersebut.

Mungkin tidak mudah mendapatkan alat elektronik ini, pertama kali saya mencoba mencarinya di jakarta dan menemukan iklan penjualan alat tersebut di surat kabar, setelah beberapa kali dihubungi no. teleponnya ternyata tidak ada yang ngangkat … ku pikir nih orang niat jualan apa nggak ya…

Setelah beberapa lama pencarian akhirnya mendapatkan juga saat jalan-jalan di Carefour. Silakan lihat foto dibawah … itulah penampakan alat electronik suara ultrasonic yang saya beli sob … sebutan lainnya yaitu Pest Repeller / Controler (Pengendali Tikus).

Cara kerja Alat ini, sesuai instruksi yang ada dan berhasil saya terapkan :

1. Menyetel suara ultrasonic
Ada 2 pilihan yaitu High Frekwency dimana untuk mengusir hewan-hewan kecil seperti kecoa, semut DLL (untuk yang ini tidak pernah aku coba) dan pilihan yang kupilih yaitu Low frekwency digunakan untuk mengusir hewan-hewan lebih besar seperti tikus dan kelelawar, kucing.

2. Menyetel jenis kebisingan
- Pilihan ke 1 yaitu Fix, dimana suara ultrasonic dihasilkan secara tetap dan konstant digunakan pada saaat pertama digunakan hingga 2 minggu. Suara jenis fix ini sama halnya dengan kita mendengar kebisingan misalnya terompet yang dibunyikan dengan keras secara terus menerus, efeknya tikus akan terganggu dan mencari persembunyian agar tidak mendengarnya.
- Pilihan ke 2 yaitu Variable, tombol variable digunakan setelah pemakaian 2 minggu dimana suara yang dihasilkan adalah bervariasi, gambarannya seperti kita mendengarkan secara mendadak suara terompet yang keras lalu tiba-tiba timbul suara letupan atau pukulan keras, dan suara keras lainnya lagi berubah-rubah, efek yang ditargetkan … tikus  akan bingung sendiri dan akhirnya tidak betah tinggal di area yang dapat mendengar suara ultrasonik tersebut.

Hasilnya ???
a. Pengalaman saya Setelah menggunakannaya selama 2 minggu … tikus mulai berkurang dan setelah 6 minggu / 1,5 bulan hampir tidak pernah ada lagi tikus bersarang di belakang rumah yang sudah saya pasang alat tersebut.

b. Alat tersebut juga pernah saya pakai di sebuah rumah yang atap joglonya menjadi sarang tidur siang kelelawar selama bertahun-tahun, setelah dipasang dekat joglo maka memerlukan waktu sekitar 3 bulan … berangsur para kelelawar tersebut tidak mau tinggal di situ lagi / mencari tempat lain sebagai sarangnya.

c. Alat tersebut saat dipasang di depan rumah, saya lihat beberapa kucing yang melintas di depan pagar rumah langsung terlihat seperti terkejut dan waspada sambil terus melihat kearah sumber suara dan akhirnya menghindar.

Harganya ???
Seperti foto yang terlihat, alat tersebut pemakaiannya tinggal di cop pada stop kontak listrik rumah, berukuran kotak sebesar telapak tangan …
Saya beli dengan harga … Rp 400 ribu.
:) gimana sob … mahal ya ? ^_^

Saat jalan-jalan di Mall pernah lihat alat serupa tapi tak sama, dengan ukuran lebih kecil dan harganya hanya Rp 60 ribu … kupikir Wow jauh lebih murah harganya ya … Tapi … ku ragu akan kemampuannya.

Saya berani membeli alat ini dengan harga cukup mahal atas dasar pernah melihat pemakaian alat seperti ini di pabrik sawit, dimana setiap sudut pabrik dan area sekitar mess dipasangi alat ultrasonic yang ternyata berhasil mencegah hama tikus di tempat tersebut.

Demikian sharing saya via bintangtop.com … buat para sobat sebagai tambahan wawasan atau mungkin bermanfaat bagi yang mencari alternatif pengendalian hewan mengganggu di rumah, di kantor atau tempat lainnya.
Dengan catatan …
Posting ini bukan iklan dan Ini adalah hasil review dari pengalaman pribadi, sehingga tidak menjamin bahwa alat yang dibeli orang lain hasilnya sama dengan pengalaman saya sendiri, bisa jadi ada faktor lainnya seperti perbedaan tempat, jenis hewan dan lainnya.
dengan harga yang relatif mahal ,,, maka resiko harap ditanggung penumpang pembeli ^_^

Artikel Terkait ...
Membuat sendiri perangkap tikus terbaik di dunia dari ember bekas

Silakan Share agar bermanfaat bagi yang lain 




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

3 comments:

  1. Replies
    1. Tentunya ada beberapa merek berbeda di pasaran,
      harga bervariasi ... ada yang sekitar 200 ribu juga.
      kalao masih maksa - pingin tahu merek yang saya pakai ...
      yaitu : Tissor (Rp 400 lebih)
      dengan harga yg mahal, harap pertimbangkan juga untung ruginya sesuai kebutuhan ya ...
      (Use it as your own risk :)

      Delete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.