2014/11/28

My Review – Mengatasi Listrik Sering Njeglek/Kelebihan beban dan Menghemat Listrik Rumah

Hi Para sobat …  jumpa lagi dalam My review, kali ini tentang pengalaman Listrik rumah yang sering mati akibat njeglek/kelebihan beban daya … karena jaman sekarang kebutuhan akan perabotan elektronik semakin banyak sementara listrik rumah sobat umunya 900 watt atau 1300 watt.

Bermula dari pengalaman Teman yang juragan komputer, dan menyarankan menggunakan Alat listrik bernama Soft Start atau Automatic Power Start sebagai penstabil dan peredam tarikan listrik oleh instrument listrik saat menyala.

Kemudian saya membeli Alat listrik bernama Soft Start / Power Start ini untuk rumah saya dan ternyata hasilnya …
Para tetangga heran, bagaimana bisa rumah saya yang memiliki banyak alat listrik yang wattnya besar kok bisa tidak njeglek tanpa harus menaikkan daya listrik PLN.

My Review – Mengatasi Listrik Sering Njeglek/Kelebihan beban dan Menghemat Listrik Rumah
 ( Contoh Auto Power Start ) 

Rahasianya di …
A. Saya menjadwalkan pemakaian alat listrik yang wattnya besar agar tidak menyala bersamaan, misalnya saja … Jangan menyetrika pada malam hari, sebab akan berbarengan dengan menyalanya  banyak alat llistrik lainnya, seperti AC, Kulkas, aneka lampu rumah.

B. Mematikan sementara  alat listrik lainnya, jika akan menyalakan alat listrik dengan watt yang besar.

Untuk 2 hal diatas saya yakin, para sobat semua mungkin sudah pernah mempraktekkannya. Tapi inilah yang terpenting bagi saya …

C.  Saya Memakai Soft Start pada 2 alat listrik yang tarikan wattnya paling besar, antara lain :
- Kulkas.
Kulkas yang selalu otomatis hidup mati sesuai temperaturnya, menjadikan setiap saat menarik listrik dengan volume yang besar setiap saat.

- Setrika
Sama dengan kulkas, setrika dengan watt yang besar, juga sering hidup mati saat dipakai sehingga akan berkali-kali membuat tarikan awal yang besar setiap saat.

- Pompa, Mesin tangan lainnya, ataupun yang daya angkat awalnya besar, perlu melewati Soft Start agar listrik rumah tidak njeglek/kelebihan daya.

By The Way,
Satu buah Soft Start untuk melayani 2 Alat listrik, karena memiliki Output  2 set lubang stop kontak (lihat foto)

CARA pemakaian Mudah …
Soft Start tinggal di colokkan di listrik rumah, kemudian Cop / Steker kulkas dan Steker Setrika di colokkan ke lubang kontak Soft Start tersebut.

Maka otomatis …
- Setiap Kulkas mati dan hidup akan mengambil listrik rumah melewati soft start terlebih dahulu dimana soft start ini akan meredam agar tidak membutuhkan daya angkat yang tinggi di setiap saat Kulkas menyala. Hal ini ikut membuat hematnya listrik.

- Saat memakai Setrika … saya juga memanfaatkan Soft Start,
maka soft start akan meredam dan menstabilkan listrik rumah yang disedot oleh setrika sehingga daya angkatnya tidak besar di setiap kali setrika menyala, sehingga hal ini turut membantu menghemat listrik.

Finally …
Semenjak memanfaatkan Soft Start / Power Start tersebut, listrik rumah sudah tidak mudah mati akibat njeglek/kelebihan beban daya  dan rekening listrik mamang terasa lebih irit :) .

Contoh Auto Power Start
My Soft Start
CATATAN Penting …
1. Spec Soft/Power Start …  input : 110V-220V dengan Output : Max. 1500Watt
Dijual umum di toko-toko keListrikan

2. Harga Alat Soft Start atau Auto Power Start …
terbilang Murah yaitu sekitar Rp 25 ribu – Rp 30 ribu. Tergantung merek dan barang, ada yang casing plastik ataupun logam, sebaiknya pilih yang logam lebih aman, karena alat ini saat terbebani banyak juga bisa panas.

3. Soft/Power start ini bersifat Removable,
bisa di pindah-pindah sehingga bisa dipake untuk alat lain yang barangkali beda tempat misalkan karena sobat hanya punya 1 unit Soft start saja.

4. Alat Soft start ini tidak menjamin tahan lama,
Saya pernah membeli 2x dengan merek berbeda dan rata-rata setelah 1 tahun ternyata rusak.
Setelah pembelian ketiga dengan merek sesuai foto diatas, Lumayan setelah 3 tahun ternyata masih awet dan berfungsi baik.

5. Posting ini bukan iklan dan Ini adalah hasil review dari pengalaman pribadi,
sehingga tidak menjamin bahwa alat yang dibeli orang lain hasilnya sama dengan pengalaman saya sendiri, bisa jadi ada faktor lainnya seperti perbedaan merek, perbedaan daya listrik rumah anda, jenis Alat listrik yang dipakai atau faktor lainnya.

Demikian sharing dan Review saya via bintangtop.com … buat para sobat sebagai tambahan wawasan atau mungkin bermanfaat bagi yang mencari alternatif untuk rumahnya yang berdaya 450W atau 900W-1300W tanpa harus menaikkan daya listrik rumah yang berakibat rekening listrik lebih mahal ditambah lagi biaya untuk menaikkan daya PLN itu sendiri.





Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

7 comments:

  1. Wah... kalau dulu dirumah saya pernah mbk... sering mati karena terlalu berlebihan penggunaan listriknya, tetapi sekarang tidak lagi...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. o ya ... gan ...
      soft start atau power start diatas ... banyak di jual di toko-toko listrik kok,
      bahkan toko kecil pun juga ada yang menjual.

      Delete
  3. betul gan..namun perlu di ketahui alat ini tidak bisa untuk motor seperti AC, vacum dan alat yang memiliki beban berat lainnya :-)

    dapat di beli di https://www.tokopedia.com/rentalonline/penghemat-daya-listrik-murah-berkualitas

    ReplyDelete
  4. apakah boleh menggabungkan fungsi menstabilkan arus dan menghemat listrik, dengan cara menggunakan stavolt dan arus yg keluar dimasukkan softstart? kemaren beli kulkas ma tokonya dikasih softstart.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah ndak masalah itu gan,
      saya juga pernah make keduanya bersamaan.

      Delete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.