2014/10/28

Tips untuk Muslimah – 7 Cara Tidak Mudah Gerah Meski Berjilbab

BintangTop.com - Buat para Hijaber, Kadang Gerah (bhs jawa : sumuk) tidak lepas dari diri kita yang selalu memakai jilbab saat di luar rumah, baik itu sekolah, kuliah atau yang bekerja.
Termasuk saya sendiri ^_^ meskipun sudah terbiasa berkerudung, tapi yang namanya cuaca panas tentu tak bisa dihindarkan.

Berikut adalah 7 Tips Meminimalisir Gerah Saat Beraktifitas dan Berjilbab :

1. Gunkaan Material Hijab yang Tepat
Untuk cuaca panas, gunakan jilbab berbahan lebih tipis asal tidak terawang kelihatan rambutnya, pastikan mudah menyerap keringat, sehingga kemudian keringat itu akan kering sendiri saat kain terkena udara. misalnya bahan kaos / katun, jenis thai silk, dan chiffon crepe.

Untuk acara malam, baru silakan jika mau memakai gunakan jilbab yang berbahan lebih tebal, bahkan ada yang memakai jilbab kombinasi yang terdiri dari 4 helai kerudung jadi satu ^_^, tidak masalah jika kegiatannya di ruang AC misalnya.

Tips untuk Muslimah – 7 Cara Tidak Mudah Gerah Meski Berjilbab2. Miliki Kipas Lipat dan Tissue
Ini senjata ibuku yang dapat-dibawa kemana-mana dan menjadi penolong disaat gerah / sumuk di luar ruangan, beli kipas yang dapat dilipat menjadi kecil sehingga dapat dimasukkan tas bahkan dompet wanita sekalipun.

3. Jangan Memakai Jilbab Sebelum Rambut Kering
Berjilbab dengan rambut keadaan kering sempurna, lebih menjamin pula kesehatan rambut dan tidak mudah ketombean yang menjadi biang kerontokan.
Jika rambut masih ada sedikit basah terus mengenakan jilbab, maka memicu kelembaban di kepala dan menjadikan mudah gerah saat keadaan panas teruatama diluar ruangan.

Sehabis cuci rambut, jangan memakai handuk dengan menggosok-gosok ke kepala, hal ini menjadikan rambut kusut sehingga lebih lama keringnya, yang benar … tempelkan handuk pada kepala, bungkus rambut dengan handuk lalu gerakkan lembut handuk kebawah sampai dengan ujung rambut, sehingga rambut bisa cepat kering tanpa kusut.
Setelah rambut tampak mamel / lembab, barulah dapat di keringkan lebih sempurna dengan hair dryer.

4. Berhenti Sejenak di setiap aktivitas
Aktifitas apapun baik itu melibatkan aktivitas fisik (misalnya memasak, berjalan) ataupun aktivitas pikiran (misalnya membaca dan berhitung) sediakan waktu sejenak berhenti agar tubuh kembali relax, pikiran yang berkelanjutan tegang / spanneng juga membuat tubuh lebih mudah bercucuran keringat.

5. Hindari Terpapar Sinar Matahari Langsung
Saat diluar ruangan lindungi tubuh dan kepala dari paparan sinar matahari karena efeknya cukup cepat membuat suhu tubuh menjadi naik. Silakan gunakan topi lebar bila perlu payung saat beraktifitas di jalan.
Tidak perlu malu pakai payung … kita kan Cewek ^_^
kalau cowok pakai payung ?? gak masalah juga asalkan PD :)

6. Berwudlu
Jangan menunda waktu shalat karena aktifitas yang gak selesai-selesai, sentuhan air wudhu akan kembali merangsang pendinginan suhu tubuh lebih cepat.
usahakan menyisir rambut sehabis shalat agar rambut terjaga dari kusut sekaligus melancarkan peredaran darah di kepala dan membuat rambut tidak mudah lembab sehingga lebih terhindar dari Gerah.
Bila tidak ingin berwudlu sebab belum masuk waktunya shalat dan sedang kegerahan … basuh saja  tangan, wajah,  terutama kalau bisa kaki … untuk membantu penurunan suhu tubuh.

7.  Tidak sedang di luar, Tapi tetap kepanasan juga ?
Karena cuaca yang panas, Ruangan tidak ber AC, mengandalkan kipas angin tetap kepanasan juga …
Ya udah  … coba aja bikin sendiri - AC Portable … Cara pembuatannya juga relatif mudah.

Pernah di posting di sini … 




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

4 comments:

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.