2014/10/24

Dalam Hal Keuangan - Anda Semua Belum Dewasa Bahkan Seumur Hidup Kekanak-kanakan – Bagaimana Mengubahnya

BintangTop.com - Tak disangka, Sebenarnya kita dewasa secara fisik namun faktanya Anda tetap masih menjadi anak kecil dan kekanak-kanakan bahkan semur hidup dalam bidang finansial.

Kita tercetak sejak kecil sesuai apa arahan yang diberikan oleh ayah dan ibu kita. Dan menjadi apa kelak … tidak lepas dari arahan keluarga dan pengaruh lingkungan dimana kita hidup. Tapi sayangnya … hanya segelintir orang tua yang memahami tentang mengarahkan anak agar kelak bisa dewasa dalam hal keuangan, karena uang tidak pernah lepas dalam kehidupan.

Berikut adalah  hal umum dan lumrah yang dilakukan orang tua kepada anaknya dan ternyata ini akan terbawa hingga dewasa bahkan seumur hidup manusia :

1. Saat anak-anak menginginkan sesuatu … ia akan minta dibelikan segera dan secepatnya, menangis bila ditunda atau tidak dituruti, bila keinginan itu sangat kuat maka bila perlu sambil berguling-guling di tanah dan memukul ibunya, umumnya orang tua selalu lebih sering memenuhi permintaan anak karena rasa sayang yang dimikinya.

- Dalam dunia anak … Pingin apapun = Tinggal minta.
- Tidak keturutan – menangis bila perlu bikin ribut.

Setelah besar …
Dunia sudah berubah, tanggung jawab dan beban hidup kini berada di pundaknya sendiri.
karena keadaan tersebut diatas sudah terbawa sejak kecil, menjadikan manusia umumnya …
- Lebih sulit bersabar / sulit tekun dalam memperjuangakan sesuatu.
- Mudah menyerah setiap menemukan kendala yang lebih besar.
- Dalam efek yang lebih buruk … melakukan tindakan kriminal sebagai cara cepat tuk memenuhi keinginannya.

2. Saat anak-anak diberi uang oleh siapapun … hal yang pertama dipikirkan adalah KESENANGAN… dengan cara berpikir … Mau dibelikan apa ya ?
- Dalam dunia anak … Uang = Kesenangan = Dibelanjakan / Dikeluarkan untuk mendapat kesenangan.

Setelah besar …
Setiap dia mendapat uang entah gaji dari hasil bekerja, entah uang dari mana …
Alam bawah sadar otomatis berusaha mencari KESENANGAN apa yang dapat diperoleh dari uang tersebut …
Beli baju baru? Ada mode baru loo, pingin rekreasi lagi bete nih, jalan-jalan di Mall ah…, makan-makan yuk, uangnya kurang nih .. acara apa ya yang lebih murah ? …
Dan lain sebagainya …

 Cling … bayangkan tiba-tiba anda muncul di dalam sebuah super market, terus di saku anda ternyata ada uang … di jamin … hal pertama yang dipikirkan adalah … Beli apa ya enaknya, sebenarnya tidak sedang memerlukan apa-apa … tapi coba lihat dulu siapa tahu ada yang tertarik bisa di beli nih.

Yes … Tidak ada yang berubah dari karekter saat dia masih anak-anak hingga dewasa … bahkan seumur hidupnya …


 - - - Lalu apa yang harus di ubah ? - - -
Kini saatnya Merubah Pola pikir …

1. Buat kita semua yang sudah terlanjur besar / dewasa …
- Ubah pola pikir mencari Kesenangan dengan mengeluarkan uang menjadi … Senang jika uangnya di simpan / di Tabung.
Berusahalah selalu lebih senang bila uang di masukkan tabungan daripada uang di belanjakan untuk memenuhi kesenangan.

2. Buat orang tua …
Inilah cara efektif untuk mengajarkan anak … bahwa menginginkan sesuatu itu membutuhkan proses dan waktu, tidak semuanya mudah di dunia ini, ada banyak rintangan setalah besar nanti untuk mendapatkan segala hal yang di inginkan dan menabung adalah salah satu cara untuk mencapainya.

Saatnya memahami dan mulai mengajari anak-anak agar memperoleh kesenangan dengan menabung uang daripada memperoleh kesenangan dengan membelanjakan semua uang.
Jangan melihat nominalnya sehingga merasa tidak telaten dengan hasil tabungan yang dikumpulkan, ini bukan tentang mengumpulkan uang banyak … ini tentang membentuk rasa senang yang dapat diperoleh dengan cara menyimpan uang bukan dengan mengeluarkannya.

Ajarkan anak sejak TK senang menyisihkan meski hanya Rp 500 dari uang 2000 rupiah uang saku sekolahnya. Ajarkan anak senang menyisihkan Rp 1000 saat dia mendapat uang dari neneknya 5000 rupiah misalnya dan Tidak harus setiap hari.
Catat dalam buku kecil sebagai buku tabungan si anak, untuk yang uang sakunya lebih besar bila perlu buka tabungan yunior di bank sehingga sia anak memegang langsung buku tabungan resmi dan bisa melihat angka uang yang dia kumpulkan.
Inilah cara efektif menanamkan pola pikir … kesenangan bisa didapat dengan menyimpan uang, bukan hanya dengan selalu mengeluarkannya.

Setiap periode tertentu dimana uang sudah terkumpul banyak, tawarkan anak untuk membeli sesuatu yang dia inginkan dan belum pernah kita belikan, bisa jadi kita menambah sedikit uang bila memang kurang dan jaga agar tabungan tidak sampai habis total.

Demikian sharing BintangTop.Com tentang … Jangan Menjadi anak kecil seumur hidup dalam hal keuangan - bagaimana berubah menjadi dewasa secara finansial.

Silakan Share agar bermanfaat bagi yang lain 




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

2 comments:

  1. sangat setuju, saya sangat merasakan hal itu mas

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.