2014/09/15

Waspadalah - Anak Remaja Baik di Rumah Belum Tentu Baik di Luar

BintangTop.com - Beberapa waktu yang lalu Tim kepolisisan dan Keluarga para remaja terpidana - ditemukan dalam acara sebuah stasiun televisi tentang Debat - Benar atau Salah - para remaja tersebut terpidana dalam tuduhan kriminal sebagai pencuri dan perampas sepeda motor yang meresahkan warga kota.
                     
Saat menonton … Admin pikir … seakan-akan rasanya debat tersebut  tidak ada ujung selesainya, berikut adalah contoh inti perdebatan yang admin petik …

di sisi keluarga …
mereka yakin dan mengetahui pasti akan anaknya yang baik atau ada yang pendiam dan tidak mungkin melakukan perbuatan kriminal, dibalik jeruji si anak mengatakan tidak pernah melakukan perbuatan kriminal tersebut.

disisi lain Pihak berwajib …
menyatakan bahwa semua sudah dilaksanakan sesuai prosedur, dimana tidak mungkin kepolisian menangkap tanpa ada benang merahnya. Misalnya … ternyata remaja terpidana adalah terlibat geng motor.

Terlepas tidak tahu mana yang benar dan mana yang salah …
1 hal yang perlu kita waspadai adalah … Fakta bahwa banyak kasus anak yang baik bahkan pendiam ternyata dibalik itu adalah kriminal yang sudah lama beraksi dan baru diketahui para tetangga setelah tertangkap dengan aneka ucapan seakan tidak percaya.

Karenanya patut menjadi peringatan keras bagi para orang tua yang merasa anaknya baik di rumah … tetap harus waspada dan menjaga mereka dari segala faktor yang mengancam.

Cara mencegah …
1. Kelemahan terbesar orang tua adalah membiarkan anak bebas bermain/keluar rumah tanpa berusaha lebih keras untuk mengetahui kemana dan dengan siapa anak bermain.

2. Orang tua supaya sewaktu-waktu melakukan sidak atau memata-matai anak yang menjadi mutiara kehidupannya, sebagai mutiara … Patutlah dilakukan pengawasan lebih ekstra.
Misalnya melakukan pengechekan apa benar anak berada di tempat yang dia tuju saat pamit keluar rumah, entah itu sekolah/kursus/atau lainnya.

Faktanya… banyak terjadi anak pamit rumah bersama cewek, ternyata keluarnya sudah janjian dengan para cowok, bukan menuju kursus eh…malah keluyuran dan pacaran.

3. Penanaman pada jiwa anak akan bahaya pergaulan bebas di jaman sekarang, bahaya narkoba di kampus hingga sekolah, dan lain-lain termasuk nasihat untuk memilih teman yang positif.

Yang dimaksud penanaman adalah … setiap saat memberikan nasihat pada saat-saat yang tepat agar mudah diterima oleh si anak, misanya saat makan, makan bersama sangat bermanfaat untuk menjalin komunikasi bersama.
penanaman sejak dini (SD) akan lebih mudah daripada penanaman jiwa positif setelah anak beranjak remaja/dewasa dimana pengaruh negatif sudah banyak mengkontaminasi psikologi anak.

Sayangnya karena kesibukan atau ketidak mau tahuan terhadap perkembangan anak, orang tua jarang berkomunikasi dengan memberikan nasihat setiap waktu, si anak akan besar dengan lingkungan negatif yang mudah mempengaruhinya, terlebih jika anak dibesarkan oleh orang lain semisal pembantu rumah tangga.

Kesalahan orang tua tanpa mendidik anak secara intensif, dapat berakibat fatal, sebut saja ada banyak kasus anak membunuh sendiri orang tuanya. Ini artinya … Seakan-akan tidak berguna sang orang tua menyayangi hingga membesarkan anak sejak kecil karena si anak hanya menjadi fitnah dan kerusakan bagi mereka sendiri.

Cegahlah sedini mungkin sekarang juga, Terlambat lebih baik daripada tidak sama sekali.




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.