2014/09/28

Di Jual - Bumbu Giling dari Bahan Sampah – Ulah Nakal Pedagang bumbu

Bagi para sobat wanita yang biasa masak tentu mengerti repotnya mengolah sendiri bumbu-bumbu dapur, entah itu bumbu rawon, rendang, soto, DLL.
Mulai dari lombok, kunyit, jahe, jeruk lemon, lengkuas, kemiri, bawang, DLL dengan proses mencuci, mengupas satu persatu, sampai dengan ngulek dan nggongso/menggoreng.
Karena kerepotan dan waktu yang dibutuhkan cukup banyak membuat para sobat wanita jaman sekarang lebih memilih bumbu giling instant yang sudah marak dijual baik di pasar maupun di supermarket.

Ternyata rumah makan dan Catering pun tidak mau ketinggalan, untuk lebih memudahkan dan tidak menyita waktu, mereka juga senang membeli bumbu giling siap pakai.

Masalah baru muncul, ada saja pedagang nakal yang memanfaatkan keadaan dengan upayanya mencari keuntungan berlipat dan menghindari kerugian dengan cara-cara yang buruk dalam mengolah bumbu giling instant untuk dijual.

Contoh Bumbu Giling sehat
Antara lain :
A. Bahan Bumbu dibuat menggunakan lombok / cabe-cabe busuk yang sudah dibuang ke tempat-tempat pembuangan sampah di pasar-pasar.
B. Bahan lain diambil dari sisa-sisa yang jatuh di bawah kolong stand satand jualan di pasar tradisional, kebanyakan sudah tidak layak konsumsi.

C. Ditambahkan Borax untuk menjadikan bumbu giling awet sampai bulanan.
D. Ditambahkan Pewarna textil, karena banyak bahan bumbu yang busuk dan rusak tidak layak konsumsi, maka untuk menjaga warna bumbu tetap menarik maka di tambahkan Pewarna jingga atau merah sesuai jenis bumbunya.

Kemudian bahan sampah dan yang tidak layak konsumsi tersebut dicampur dengan sedikit bahan bumbu yang bagus.

Dari 9 sampel yang diambil oleh team investigasi dari pasar tradisional dan supermarket, diteliti dalam laboratorium UNPAS bagian pangan, ditemukan 3 sample positif mengandung Borax dan Pewarna textil.
2 bahan yang tidak patut untuk masuk kedalam tubuh kita, yang jelas dapat memicu gangguan kesehatan dalam jangka ke depan.

Bisa dikatakan, dari sampel diatas menunjukkan lebih banyak Bumbu giling yang aman, sehingga kita masih bisa mendapat manfaat kandungan yang sehat dari rempah-rempah yang ada dalam Bumbu giling tersebut.
Bagi sebagian Pedagang yang nakal …. Semoga mendapat petunjuk untuk mencari rizki dengan cara yang halal dan tidak membahayakan konsumen.

Masalahnya adalah terlalu sulit untuk membedakan Bumbu giling alami dengan bumbu giling yang berbahan kimia berbahaya tanpa test laborat …

Sehingga … TIPS yang dapat diberikan untuk keamanan terbaik hanyalah :

1. Olah sendiri bumbu di rumah, bila capek di uleg, cobalah gunakan blender.
2. Beli semua bumbu-bumbu yang diperlukan, lalu gunakan jasa giling bumbu yang ada di pasar-pasar.

Adakah para sobat yang bisa menambahkan Tips lainnya …?




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

1 comment:

  1. Hindari makan-makanan instan di supermarket. Meskipun makanan tersebut instan, namun tidak memiliki banyak nutrisi.

    Jika Anda ingin makan diluar pun harus berhati-hati sebab banyak yang menjual Dus Makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti styrofoam, plastik, dll.

    ReplyDelete

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.