2014/07/24

Penipuan Stand Toko di MALL - Menawarkan Barang Gratis

BintangTop.com - Kali ini admin teringat kejadian yang pernah dialami, dan admin sempatkan memposting kannya di sini.

Saat itu admin sedang jalan-jalan di mall yang cukup besar di kota kami, lalu melewati stand toko elektronik dimana di depan stand toko tersebut ada dua orang penjaga toko yang berusaha menggaet para lalu lalang orang untuk masuk kedalam tokonya.

admin juga termasuk yang dipaksa digandeng mereka untuk masuk ke tokonya dengan diiming-imingi pula hadiah kecil berupa gelas.
penjaga stand mengenalkan produknya, ada macam-macam seperti micro wave, tape, televisi, radio, Penghisap debu, dan lain-lain.

penjaga lainnya mempersilakan duduk dengan ramah, memberikan brosur produk dan harganya, sembari diselingi beberapa pertanyaan tentang pekerjaan admin.
tidak lama penjaga lainnya menceritakan ada kabar baik, kebetulan toko mereka sedang mengadakan undian hadiah bagi para pengunjung kemudian menyodorkan kaleng berisi undian untuk di kocok, lalu setelah dikocok dan ternyata ...

tertera gambar 3 alat elektronik produk mereka mendapat diskon besar. seingat admin saat itu gambar yang muncul adalah micro wafe, alat penghisap debu besar, dan vcd player.
Ketiga-tiganya tertulis total harga sekitar Rp 9 juta rupiah, namun sebagai hasil dari undian ... pengunjung hanya cukup membayar sekitar  Rp 3,5 juta rupiah.

Para penjaga toko saat itu sekitar 4 orang langsung berkumpul melihat undian tersebut dengan raut seakan tak percaya, bahkan salah satunya sampai-sampai menelpon mangernya tentang kebenaran kertas undian tersebut, lalu telepon diberikan kpd admin dan manager itu sendiri yang berbicara kepada admin, bahwa kertas undian berisi 3 hadiah sekaligus adalah langka, mungkin hanya 1 dari 1000 undian, jadi hanya pengunjung yang sangat beruntung bisa mendapatkannya.

Admin, mengambil sikap tenang ... dan segera menyikapi keadaan, admin langsung mengamati dan tampak beberapa penjaga seakan mempengaruhu admin untuk membelinya.
Admin mencoba berkelit, malah penjaga toko lainnya pada bilang ini kesempatan yang langka, murah total, dan lain-lain.
(jika memang ini hadiah besar, dan membuat toko mereka rugi, kenapa semua tampak mendesak admin membeli ?? bukannya jika admin tidak bersedia membeli mereka malah bisa ambil itu kertas undian dan diberikan kepada saudara mereka misalnya agar bisa membeli 3 barang dengan harga sangat murah??)

Admin mencoba menggunakan logika, bukannya ini semua produk bukan merek jepang ? tapi merek korea yang tidak dikenal, tentunya jika admin itung-itung kasaran, rasanya juga tidak mungkin 3 barang tersebut seharga Rp 9 juta. bahkan untuk harga 3,5 jutapun admin pikir ini normal bahkan masih agak mahal.
lalu admin bilang  akan berpikir dulu, dan tidak mau beli barang secara dadakan, kontan mereka bilang bahwa undian tersebut hanya berlaku saat ditoko tersebut, dengan alasan agar tidak direkayasa.
(admin rasa ini sama dengan bentuk penipuan umumnya dengan tidak memberi kesempatan pada orang untuk mempertimbangkan lebih lama)

Akhirnya admin merasa agak kesal, dan memutuskan untuk tidak menerima undian tersebut, dan langsung mengamati tampak wajah mereka sangat kecewa dan terlihat kesal, lalu undian tersebut disilang dihadapan admin sebagai tanda, undian digagalkan pengunjung sendiri dan tidak dapat di ambil oleh orang lain.

Saat admin Pulang dari mall terus berpikir ...
Ya ... admin yakin ini penipuan, bukan penipuan dengan mencuri uang anda ... tapi penipuan untuk menggiring dan memaksa pengunjung membeli produknya yang belum tentu dibutuhkannya dengan harga yang normal, sehingga barang-barangnya lebih mudah terjual.

skenario stand toko di mall ini terhadap para pengunjungnya dilakukan dengan cara ...
- Menanyai pengunjung tentang jenis pekerjaan dan apa posisinya, bila masuk kategori pekerjaan dengan gaji lumayan, maka aksi dilanjutkan.
- memberikan undian, dimana undiannya semua isinya sama meskipun dikocok bagaimanapun.
- membuat drama sehingga orang tidak punya kesempatan berpikir banyak,
- membuat skenario sehingga orang merasa sangat beruntung dengan membelinya, padahal harganya normal sesuai kualitas produknya.

Dugaan admin tidak keliru ...

Pas tahun berikutnya, admin menemukan stand lain di mall, dengan skenario yang hampir sama.
perbedaannya, ketika admin berusaha menolak untuk tidak mengambil hadiah undiannya dengan alasan harganya masih mahal meskipun di diskon sangat besar, stand toko di mall tersebut menawarkan opsi bahwa admin boleh membayar seadanya dulu, setidaknya bisa diangsur beberapa kali dimana harga yang sudah tertera di undian tidak akan berubah karena sudah hak pengunjung yang mendapatkannya.
mereka juga bilang bahwa stand mereka permanent di mall tersebut, jadi tidak perlu kawatir.

finalnya admin tetap tidak bersedia dengan dalih tidak suka mencicil barang.
coba sobat tebak apa yang terjadi kemudian ...
setelah sekitar 6 bulan admin ke mall tersebut lagi, Stand toko elektronik yang bilang sudah permanent itu ... sudah tidak ada sob ... berganti dengan stand lain kalau tidak salah stand aksesoris kecil-kecil untuk para cewek. jelas-jelas ini stand sudah disewa oleh orang lain.

Sekali lagi admin menyatakan ini bukan penipuan dengan mencuri uang anda ... tapi penipuan untuk memaksa pengunjung membeli produknya dengan harga yang normal/mahal sedikit, dengan kesan seakan-akan mendapat diskon super, sehingga barang-barang mereka lebih mudah terjual.
Kerugian di pihak kita, anda bakal terpaksa mengeluarkan jutaan rupiah untuk barang yang belum tentu anda butuhkan, sebab saat anda ke mall memang bukan sedang mencari barang tersebut bukan.

So ... Selalu bersikap tenang dalam setiap keuntungan besar yang mendadak muncul di hadapan anda, dimanapun ... bahkan sekarang ... saat di mall yang sudah terkenal sekalipun.

Ada pengalaman serupa atau lainnya, please comment ...




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.