2014/07/27

Penipuan Karcis Bus - Pengalaman di terminal BUS

BintangTop.com - Hati-hati saat naik bus ke luar kota, terutama saat mudik dan pulang balik, kriminal dalam terminal dan bus juga semakin meningkat.

Pernah admin menuju Pati / Semarang dalam rangka menemui seseorang (diluar waktu mudik), saat itu seperti biasa masuk ke terminal dimana bus-bus luar kota biasa mangkal.

Dan selalu … setiap kita masuk peron, akan banyak para calo mencegat para pengunjung yang baru masuk terminal untuk ditanyai mau kemana, ada yang sampai digandeng menuju bus, pengalaman saya di pulo gadung malah kami ditarik-tarik supaya mau menuju busnya … mengesalkan memang.

Tiba giliran saya yang dicegat, saya bilang mau ke Pati, lalu ada yang mengarahkan ke sudut terminal lokasi bus menuju semarang berhenti menunggu penumpang.

Sekedar Contoh Tiket 
Tapi saat itu kebetulan bus baru berangkat, jadi saya menunggu bus datang, tidak lama datang seorang laki-laki berpakaian biru tampak seperti seragam kondektur, kemudian menyodorkan tiket kertas dan menanyai mau ke kota mana sambil ditulis tujuan kota tersebut di kertas tiket tersebut.

Orang tersebut lalu menyerahkan kertas tiket bus itu (modenya mirip tiket pesawat, model panjang, gambar diatas hanyalah contoh, tampak lebih bagus dari pada kertas karcis biasa yang didapat saat di dalam bus,seingat saya tiket seperti itu kan di dapat jika pesan langsung di Agen tiket bus).
Saya heran dan bertanya :  kok kayak naik pesawat to pak, pakai beli tiket dulu, kan ini di terminal dan bus nya pun belum ada.
Dia menjawab : ini sudah beda pak, sekarang supaya lebih teratur maka diberlakukan seperti ini. Rp 25 ribu ke Pati pak, bayar sekarang …

Saya masih heran sambil mbolak balik tiket tersebut, dan dengan terpaksa menyerahkan uang yang diminta, katanya tarif juga naik … sambil disuruh menunggu bus dan nanti katanya tinggal serahkan saja tiketnya saat didalam bus, beres …

Tidak terlalu lama, bus memang datang, saya naik … dan menyerahkan tiket tersebut ke kondekturnya, anehnya … saya lihat raut wajah kondektur terlihat tidak senang, lalu dia turun dan saya perhatikan terus, ternyata dia mendatangi orang berseragam biru yang menarik tiket 25 ribu ke saya sebelumnya, saya perhatikan terus ternyata orang tersebut memberi uang rp 10 ribu ke kondektur tersebut, lalu kondektur naik lagi dan bus pun berangkat.

Saya penasaran dan menanyakan hal tersebut kepada kondektur dan menceritakan hal sebelumnya.
Kondektur lalu menceritakan bahwa … dia itu kondektur gadungan, kerjanya nipu orang dengan seragam biru, meminta uang ke calon penumpang saat bus belum ada dengan menyerahkan tiket buatan sendiri dan kadang bilang bahwa ada peraturan baru bla…bla…bla, tarif baru bala…bla…bla
Setelah bus yang ditunggu datang, orang tersebut akan mendapat untung dari tipuannya dengan menyerahkan uang kepada kondektur asli sesuai harga karcis yang sebenarnya.
Dari kejadian diatas, dari saya orang tersebut untung rp 15 ribu, sebab saya dikenakan 25 ribu padahal dia lalu menyerahkan 10 ribu ke kondektur aslinya.

Ini benar-benar PENIPUAN …
Karena saya termasuk tidak pernah ke pati, sehingga tidak tahu juga berapa harga karcis terbaru, sehingga kondektur gadungan tersebut juga mendapat kemudahan dalam menipu.

Kepada para sobat, mengutip dari nasehat kondektur aslinya, bahwa …
- Jangan pernah menyerahkan uang kepada kondektur di luar bus.
- Kondektur yang asli pasti narik ongkos di dalam bus saat bus sudah bergerak.
- Jika ada yang memaksa untuk bayar dimuka, sebaiknya pergi dulu dengan alasan menunggu teman, ke toilet atau lainnya, lalu awasi dari jauh … jika bus sudah datang barulah menuju bus tersebut dan langsung naik kedalam.
- Ada info yang diperlukan, bertanyalah di meja informasi terminal, jangan ke para calo yang tak dikenal.
- Sebelum berangkat usahakan cari informasi juga minimal tentang harga tiket dan bus jurusan mana untuk mencapai kota tujuan, agar ada bekal informasi sekitar berapa uang yang patut dikeluarkan.

Penipuan dapat dilakukan dengan aneka modus, kejadian diatas yang menimpa admin adalah salah satunya, 15 ribu memang tak cukup berarti …
Namun … berapa banyak kalo dikalikan jumlah orang yang sudah dia tipu per harinya …?

Punya pengalaman lain, jenis penipuan di terminal atau dalam bus ? ,,  comment dunk …




Artikel Selengkapnya Lihat di : DAFTAR ISI ARTIKEL - BintangTop.Com

0 Comments:

Post a Comment

- Tolong di Share ya Guys ! agar artikel diatas juga bermanfaat bagi sobat lainnya.

- Btw ... TerimaKasih, Saya sangat menghargai kesediaan sobat utk berKomentar.
- Silakan berpromosi bagi yang punya web, namun kotak comment hanya bisa -
menampilkan link mati, silakan Manfaatkan link hidup/aktif di bagian Name/urL.