2016/07/29

Kerajinan Tempat Gelas Plastik Cantik dari Bahan Daur Ulang

Lebaran sebentar lagi.. eh lebaran telah usai. Hai pembaca setia kreatif BintangTop.com ! Lebaran sudah berlalu tapi suasananya masih bau-bau lebaran ya? Mungkinkah karena jajanan dirumah belum habis atau jangan-jangan karena sampah plastik dan gelas plastik yang menggunung dibelakang. Nah ini dia, yang membuat kita jadi masih mencium bau-bau ‘lebaran’.

Berhubung lebaran sudah usai kita harus segera membersihkannya ya, tapi jangan buru-buru dijual ya. Dengan tumpukan gelas plastik yang banyak justru kita mendapat bahan baku yang banyak untuk membuat kreasi baru. Salah satunya tempat gelas cantik ini. Mari kita simak proses pembuatannya.

Kerajinan Tangan Keranjang Cantik dari Bekas Gelas minum plastik

Cara Membuat Kerajinan tangan dari Gelas Plastik Bekas Minuman Ringan

Alat dan Bahan :
1. Sampah Gelas Minuman ringan
2. Cutter
3. Gunting
4. Kawat hias berbagai warna
(kawat yang biasanya untuk pengunci jajanan madumangsa)
5. Selang kecil
6. Kawat besar

Cara Membuat Kerajinan tangan dari Gelas Plastik Bekas Minuman Ringan

1. Ambil gelas minuman dari plastik, potong bibir gelas menggunakan cutter. Kemudian rapikan sisa-sisa plastiknya hingga tertinggal ring nya saja. Lanjutkan hingga ringnya cukup banyak.

gelas plastik bekas minuman dipotong ringnya

2. Lanjutkan hingga ringnya cukup banyak.

3. Ambil kawat hias ukur hingga kira-kira dua meter panjangnya (dua rentangan tangan orang dewasa) lalu potong.

4. Lilitkan potongan kawat hias pada ring gelas bekas, lanjutkan hingga menutup ring secara keseluruhan.


5. Ulangi pada ring lainnya, anda bisa membuat dua warna sekaligus dengan menggunakan dua kawat hias berbeda warna.

6. Pembuatan badan :
a. Ambil ring yang sudah dibungkus rapi dengan kawat hias, kemudian tekuk dan balik kedalam seperti gambar.


b. Lakukan hal yang sama pada ring yang berbeda warna.
c. Ambil ring 1 kemudian silangkan bagian tengah ring hingga membentuk sebuah lubang ditengah, kemudian ambil ring 2 dan masukkan ring 2 melalui celah tersebut.

 cara bending ring dan kawat

d. Rapikan dan posisikan seperti gambar.

 formasi penekukan kawat

e. Ulangi pada ring lainnya

7. Ring yang sudah jadi, silahkan dirangkai dengan jumlah 11 lipatan per bulatan (idealnya). Kemudian hubungkan menggunakan kawat hias yang dipotong kecil kecil.

8. Susun melingkar.

9. 1 rangkaian yang sudah jadi silahkan di gabungkan dengan rangkaian lainnya agar membentuk tempat gelas. Bentuk rangkaiannya pun sesuai selera

Kerajinan Tempat Gelas Plastik Cantik dari Bahan Daur Ulang

10. Untuk membuat talinya ambil dua buah selang, kemudian masing masing selang liliti dengan kawat hias. Kemudian satukan dua selang tersebut dengan memberinya kawat hias lagi pada bagian paling atas. Dua selang yang disatukan masing masing silahkan dimasukkan kawat dibagian dalamnya, agar bentuk selang terlihat kokoh sebagai pegangan. Silahkan lihat gambar. Ingat bahwa kawat harus lebih panjang dari selangnya, dan ujung kawat yang tidak masuk dalam selang silahkan dibengkokkan sebagai pengait.

handle dari kawat

11. Kaitkan ujung kawat dengan bagian bawah wadah gelas.


12. Wadah gelas cantik siap mengisi ruang tamu anda.

Kerajinan Tangan Keranjang Cantik dari Bekas Gelas minum plastik

Selain bentuknya yang cantik dan cocok dipajang di rumah, tempat gelas ini juga bernilai ekonomis lho, apalagi jika para sobat BintangTop.com berusaha membuatnya serapi mungkin.

Selain bisa memanfaatkan sampah gelas plastik yang teronggok di rumah, kita juga telah mengisi waktu luang dengan kegiatan posotif, serta turut berpartisipasi dalam gerakan go green. Tertarik mencobanya ?!

Baca Selengkapnya…



Bikin Sendiri Galeri Foto Menarik di Dinding Kamarmu

Kamar adalah tempat paling privasi untuk kita. Banyak aktivitas yang dilakukan di kamar, bukan hanya sekedar tidur saja. Kita bisa belajar, bersantai ataupun berinteraksi dengan sahabat dan saudara kita. Untuk itu, kita akan membuat kamar menjadi tempat yang nyaman dan produktif. Nyaman untuk beristirahat dan melakukan aktivitas lainnya.

Untuk membuat kamar yang nyaman, tidak membutuhkan biaya yang besar. Kita bisa memanfaatkan barang yang ada di sekitar kita. Dengan sedikit kreasi dan imajinasi, kamar bisa kita sulap menjadi tempat yang nyaman, dan tentu saja tidak membosankan.

Kamar kita bisa menjadi tempat bagi para sobat BintangTop.com dalam mencari inspirasi. Ide kali ini adalah membuat galeri foto didalam kamar. Untuk pembuatan galeri foto, menggunakan bahan yang mudah didapat dan caranya juga bisa dilakukan kapan saja.

alat dan bahan membuat sendiri galeri foto

Untuk membuat galeri foto, siapkan bahan-bahan berikut:
- Styrofoam
- Foto/gambar ukuran A4
- Double tape
- Cutter
- Gunting
- Cat Hitam (optional)

Bahan yang dibutuhkan cukup sederhana bukan? Untuk cara pembuatannya juga sangat mudah. Berikut …

Cara Pembuatan Galeri Foto di kamarmu.

1. Tempelkan foto ukuran A4 ke Styrofoam menggunakan double tape. Foto ini bisa di print menggunakan mesin printer, dan tidak harus foto sendiri. Bisa saja foto pemandangan, abstrak, tokoh favorit, atau sesuai dengan hobi dan keinginan kita.

2. Potong styrofoam sesuai dengan ukuran foto yang akan kita buat.

potong styrofoam untuk bingkai foto

3. Cat pinggiran Styrofoam menggunakan cat hitam. Langkah ini termasuk optional, fungsi dari cat ini adalah, untuk memberikan efek foto kita berada pada bingkai. Jika tidak di cat, juga sudah cukup bagus.

4. Tempelkan bagian Styrofoam lain menggunakan double tape. Tempel seperlunya, dan pastikan double tape itu akan menempel cukup baik di dinding.

5. Tempelkan Styrofoam ke dinding kamar mu. Atur tata letaknya sesuai keinginan agar kelihatan lebih menarik.
Bikin Sendiri Galeri Foto Menarik di Dinding Kamarmu
Pics : Arni G

Galeri foto mu pun sudah selesai dan kamar mu terasa lebih nyaman.
Sekedar tips buat para sobat BintangTop.com sekalian, agar kelihatan lebih menarik, usahakan foto atau gambar yang akan kamu pajang di galeri foto mu memiliki tema atau memiliki alur cerita, sehingga dinding kamar mu memiliki cerita tersendiri.
Selamat berkreasi.

Baca Juga :

Baca Selengkapnya…



10 Budaya Positif Orang JEPANG yang Bisa Jadi Teladan

Di antara banyak negara Asia, Jepang bisa menjadi salah satu percontohan yang baik dalam memotivasi negara lainnya untuk berkembang.
Tidak ada yang sangka bahwa negara yang kini begitu produktif dan maju ini dulunya sempat luluh lantak pada tahun 1945 karena mendapat serangan bom atom di kota Hiroshima dan Nagasaki.

Karya-karya Jepang yang begitu memukau mulai dari produk teknologi hingga anime membuat para konsumen dari dalam maupun luar negeri begitu menyukainya. Kira-kira apa sih rahasia yang membuat masyarakatnya bisa begitu berkembang?

Nah, berikut ini beberapa kebiasaan mereka yang sudah berakar hingga menjadi budaya positif sehingga pas menjadi tauladan buat para sobat BintangTop.com semua.

para gadis jepang dengan pakaian tradisional Kimono

1. Dibalik inovasi teknologi mereka yang maju, ternyata mereka tidak ketergantungan gadget lho.
Meskipun masyarakat Jepang juga terkenal produktif sebagai negara penghasil beragam teknologi, ada hal kontras yang bisa kamu temukan di dunia pendidikannya.
Dengan alasan mencegah diskriminasi agar tidak terjadi ketimpangan sosial antara ekonomi berkecukupan dan tidak, maka sekolah di Jepang melarang siswanya membawa gadget.

Selain itu, siswanya juga bisa lebih fokus menerima dan memahami pelajaran tanpa harus terganggu karena bercengkerama dengan gadget-nya.
Nah, buat kamu yang masih ogah terpisah dari gadget-nya bahkan sampai ke WC sekalipun sepertinya harus lebih mengontrol diri. Kamu enggak mau dikatakan sebagai orang yang tidak peka dan egois kan karena tidak mementingkan dunia nyata?

2. Waktu sangatlah berharga bagi kebanyakan masyarakat Jepang.
Bahkan, biasanya mereka tidak segan menghabiskan berlembur-lembur ria untuk bekerja.
Kebanyakan dari warga Jepang terkenal workaholic alias gila kerja. Selain itu, mereka begitu disiplin terhadap waktu kerja sehingga mereka selalu berangkat lebih awal agar tidak telat.

Uniknya lagi, mereka juga doyan pulang telat saking asyiknya bekerja. Pulang lebih cepat memberikan kesan bahwa pegawai tersebut kurang dibutuhkan. Mereka rela bekerja ekstra dan memberikan performa terbaiknya. Salut!

3. Jepang punya budaya ogah ditraktir atau mentraktir. Mereka berusaha untuk mandiri.
Budaya bukan cuma perilaku yang terjadi begitu saja, tetapi merupakan hasil tempaan sejak kecil. Nah, sejak kecil anak-anak Jepang dididik untuk tidak berhutang dan bersikap mandiri.

Bahkan, mereka terbiasa membawa peralatan sekolahnya sendiri agar lebih mandiri. Selain itu mereka jadi semakin terlatih bertanggung jawab dengan barang kepemilikannya.  Jadi, tak heran hal tersebut membuat mereka juga tak memiliki kebiasaan mentraktir.

orang jepang gemar membaca dimana saja

4. Kebiasaan membaca buku menjadi hal lumrah di Jepang.
Kalau kamu menemukan banyak orang Jepang di berbagai tempat menghabiskan waktunya membaca itu sih hal biasa.
Yup, kebiasaan membaca menjadi semacam kegiatan asah otak bagi mereka. Beragam jenis buku pun mereka lahap, mulai dari pelajaran, komik, majalah, koran, hingga bacaan elektronik lewat gadget.

Nah, buat kamu yang suka bengong atau bingung mengisi waktu saat dalam perjalanan atau senggang bisa meniru kebiasaan ini nih.

5. Menjunjung tinggi bahasa lokal
Berbeda halnya dengan negara-negara berkembang yang kebanyakan rela menampa kemampuan berbahasa Inggrisnya, Jepang justru sebaliknya.

Orang Jepang rata-rata malah kurang begitu fasih dalam berbahasa Inggris. Bagi mereka, bertambahnya nilai atau kemampuan seseorang bukan justru membanggakan budaya asing atau bahasanya.
Tidak salah kalau akhirnya budaya dan bahasa Jepang begitu digandrungi oleh negara lain, termasuk Indonesia.

6. Orang Jepang terbiasa santun dan hati-hati berkomunikasi, bahkan untuk orang tak dikenal.
Orang Jepang membiasakan diri untuk berhati-hati dalam berkomunikasi dengan orang lain. Jadi, tidak heran jika mereka cenderung ramah dan bersahabat.
Bahkan kebiasaan menyapa dan mengucapkan salam kepada orang lain sering juga dilakukan kepada orang yang belum dikenalnya.

7. Kebiasaan mengevaluasi diri dan menghargai proses menjadikan pribadi orang Jepang selalu berkembang.
Orang Jepang kebanyakan sering tidak berorientasi pada hasil tetapi juga pada proses yang dilaluinya.

Nah, jika hasilnya sudah sesuai dengan yang diharapkan, mereka tidak serta merta puas dan bersantai begitu saja. Mereka terus mengevaluasi dan terus berinvasi dengan hasil yang telah didapatkan. Buktinya, lihat saja karya bangsa mereka yang luar biasa.

8. Makanan sehat sudah jadi santapan lumrah bagi orang Jepang.
Letak geografis Jepang yang dekat dengan lautan mendukung kebiasaan masyarakat Jepang semakin doyan makan ikan.

Mereka punya kepercayaan bahwa makanan yang terlalu lama dimasak akan menghilangkan kandungan gizi yang ada di dalamnya. Jadi, tak heran kalau mereka suka makanan mentah.
Makanan sehat lain yang jadi kegemaran orang Jepang seperti yogurt, acar, dan tofu ternyata membuat daya tahan tubuh mereka baik karena mengandung isoflavon.

9. Disiplin dan konsisten dengan aturan yang sudah ada dalam kesepakatan
Ada hal unik lainnya dari kebiasaan Jepang yang lebih suka mengambil jalan lain ketimbang menggangu pengemudi lainnya.

Nah, apalagi kalau urusan mengantre mereka sangat disiplin. Mereka tak akan menerobos antrian orang di depannya. Alasannya, aturan untuk dipatuhi demi kepentingan pribadi dan bersama. Sesederhana itu kan.
tulisan kanji Nihon
10. Orang Jepang begitu menghormati budayanya bahkan tidak lekang karena modernisasi.
Kemampuan orang Jepang berbahasa Inggris yang kurang baik salah satunya disebabkan apresiasi mereka yang tinggi kepada budaya lokal. Seiring modernisasi, budaya asli tidak sedikitpun mereka tinggalkan dan tetap lestari di kehidupan hingga kini.

Salah satunya mereka bangga dengan tulisan / karakter asli jepang - kanji, bagaimana dengan orang indonesia ??, apakah tidak bangga bahkan melupakan tulisan Ha Na Ca Ra Ka ?? :)

Gimana, bagaimanpun juga, budaya yang patut jadi teladan baik Jepang dan negara lain lahir dari kebiasaan dan kesadaran dari diri pribadi masing. Yuk, para sobat BintangTop.com bisa mulai kebiasaan baik itu dari diri sendiri.

Baca Selengkapnya…



2016/07/24

Menyulap Pensil/Pena Usang Menjadi Bagus bak Baru Beli

Pensil, pena dan alat tulis lainnya memang tampak jelek, usang dan lawas setelah sekian lama kita pakai, tahukah sobat … sebenarnya kita menjadi lebih bersemangat dan antusias dalam mengerjakan sesuatu termasuk halnya tulis menulis jika barang yang kita miliki itu bagus, apalagi baru beli, ya nggak ?

Silakan para sobat BintangTop.com bayangkan kalau alat tulis kalian bukan hanya seperti baru, tapi juga lebih kece, lebih unik dan sedap dipandang mata … pasti lebih senang dan semangat nih buat ngerjakan PR, tugas kantor, menggambar, catatan rumah tangga, dan seabrek tugas lainnya deh.

So … yuk kita praktekkan saja …

Cara menyulap Alat tulis bekas / kumal menjadi Kece


Bahan yang sobat perlukan hanyalah :
a. Isolasi - Washi Tape atau Decorative Tape
Isolasi kecil imut ini dijual … dengan warna warni polos, atau bergambar lucu. Maupun dengan pola / pattern yang menarik.
(saya pernah beli isolasi sejenis ini di Gramed, pilihannya banyak dan menarik gan ! atau silakan mungkin di supermarket lain yang terdekat dengan lokasi sobat ya).
Penjualan di toko online semacam bukalapak dan FJB Kaskus juga ada.

washi tape atau decorasi tape
b. Gunting
c. Penggaris (jika perlu)
d. Pensil tulis bekas, Pensil warna / Kelir, Pena / Pulpen lawas, dan Alat tulis usang lainnya.

By the way …
Gak berlaku untuk alat tulis bekas saja ya, Alat tulis baru pun juga lebih yahud … kalau mau menggunakan trik ini guys ...

Contoh Cara Mengubah Pensil Kumal Menjadi Menarik Hati

1. Ambil pensil bekasnya, lakukan perekatan isolasi Washi Tape pada badan pensil, dengan cara … dari ujung yang satu ke ujung lainnya (secara memanjang).

2. lakukan hal yang sama pada bagian baliknya, atau kalau badan pensilnya memang kecil dan satu tarikan isolasi sudah cukup untuk membungkus penuh … maka tak perlu perekatan yang kedua.

3. Rapikan ujung ujung isolasi washi / dekorasi tape dengan Gunting.

Cara Mengubah Pensil Kumal Menjadi Menarik Hati dengan washi tape

Metode ke 2 :
- selain merekatkan washi tape secara lurus, agan juga bisa merekatkannya dengan cara berputar miring, yaitu bergerak memutari badan pensil dari ujung satu menuju ujung lainnya.
(lihat contoh hasilnya pada gambar paling atas, untuk cara perekatan yang pertama ... lihat hasilnya pada gambar paling bawah)

Tadaa !
Pensil yang telah mati … kini tampilannya seperti menjadi lebih hidup, lebih menarik … dan … para sobat BintangTop.com sudah kembali bersemangat lagi nih ngerjain tugas PR nya, atau menggambar atau tugas lainnya :)
Menyulap Pensil/Pena Usang Menjadi Bagus bak Baru Beli 
TIPS :
- Silakan  bisa sobat terapkan pada alat tulis lain yang sejenis .. entah itu pulpen, stabilo, crayon, jangka … dan sebagainya.
- jadikan sebagai hadiah
Alih alih memberikan hadiah alat tulis biasa yang umumnya untuk acara 17 agustus atau kegiatan sekolah, perbaharui alat tulis tersebut menjadi lebih kece dengan washi tape agar hadiah menjadi lebih surprise, dan lebih menyenangkan bagi anak anak sekolah yang menerimanya.

Baca Selengkapnya…



2016/07/23

Bando PIKACHU dari Kertas untuk Anak atau Pesta Ultah

Mengingat Game Pokemon Go yang lagi booming, dan memanfaatkan moment yang ada, para sobat BintangTop.com bisa membuat Ikat Kepala / Head Ring atau mahkota atau sebut saja bando kertas ala Pikachu … entah untuk sekedar bermain anak anak, untuk pesta, acara ulang tahun, maupun kegiatan lainnya …

Cara membuat bando kertas Pikachu – salah satu legenda bintang Game Pokemon Go ini juga mudah sekali, para sobat hanya membutuhkan material sekedarnya, yuk … langsung aja praktek sekarang …

Bikin Sendiri Bando / Ikat Kepala Pikachu dari Kertas (paper Head ring / Head band)

Material yang disiapkan :
a. kertas karton warna kuning
(atau kertas kuning lain apapun yang agak tebal seperti karton manila)
b. kertas warna hitam,
kalau yang ini gak harus tebal, misalnya jenis kertas origami.
c. Pita Hitam

Bando PIKACHU dari Kertas untuk Anak atau Pesta Ultah

DIY Head band dari kertas model Pikacu Pokemon Go !

1. Membuat Head ring (1 buah)
Potonglah kertas kuning dengan ukuran panjang 40 cm dan lebar 4 cm.
Baik untuk dipakai anak maupun orang dewasa, ukuran ini sudah cek - oke.

2. Membuat Pikachu Ears (2 set)
- Potong kertas kuning membentuk oval (seperti telinga pikachu), dengan lebar pada ujungnya 4 cm, lebar 7 cm dibagian tengah, dan berbentuk lancip diujung satunya.

- Potong kertas hitam dengan bentuk mirip segitiga lengkung (samakan dengan bentuk ujung segitiga telinga pikacu)
- Tempelkan potongan kertas hitam pada telinga kuning dengan lem kertas.

Bikin Sendiri Bando / Ikat Kepala Pikachu dari Kertas

3. Merangkai dan Pemakaian
- Pasang dua telinga pada kertas head ring – dengan jarak 20 cm (posisikan tengah ya) sebaiknya di lem, atau pakai stapler juga boleh.
Perhatian : pemakaian staples harus dari dalam, agar bagian isi staples yang kasar berada diluar ikat kepala ini.

- Buat 2 buah lubang lingkaran di kedua ujung kertas head ring (lubang bentuk lingkaran diperlukan agar kertas tidak mudah sobek saat pemakaian).
- Masukkan pita hitam panjang 30 cm pada kedua lubang kertas head ring.

DIY Head band dari kertas model Pikacu Pokemon Go !
Pics : Paula B
Oke … bando Pesta Pikachu yang imut dan lucu siap dipakai di kepala …
Tinggal mengikat / membuat simpul hidup pada pita hitamnya.
  
TIPS :
- Untuk bahan yang lebih awet kuat, saya sarankan memakai bahan kain flanel.
- para sobat BintangTop.com bisa saja membuat head ring lebih panjang sesuai ukuran kepala si anak, lalu di staples mati / permanen.
Namun penggunaan pita lebih disarankan agar head ring menjadi fleksibel bisa dipakai siapa saja.
- mengapa pakai pita atau kain hitam ?? … ya tentu saja agar temanya mengena … yaitu sesuai dengan warna ciri khas pikachu pokemon :) yaitu kuning hitam

Boleh juga dipakai sambil main game dan berburu Pokemon … Go go go ! ^_^

Baca Juga :

Baca Selengkapnya…



Gelang Pikachu dari Isolasi – DIY Aksesoris Main Pokemon Go

Masih demam dengan game Pokemon Go ? padahal game nya aja belum masuk indonesia, tapi para gamer gak kehilangan akal untuk men download sumber dari luar (apk) agar bisa menginstal game ini di HP android kesayangan mereka.

Masih dalam tema game pokemon go, gimana kalau para sobat BintangTop.com gak sekedar memainkannya, namun juga memakai aksesoris ala pikachu … tentu menarik bukan ?
Dan bikinnya mudah banget bro ! hanya bermodal lakban … itu loh isolasi besar yang banyak dijual dengan aneka warna.

Btw, di artikel Sebelumnya, kita juga pernah sharing tentang :
  
Cara Membuat Gelang Pikachu dari isolasi

Bikin Sendiri Gelang Pokemon ala Pikachu

Bahan bahan :
a. Isolasi lakban warna kuning, hitam, dan putih ( warna polos)
(saya pernah beli di Gramed. Disana ada beberapa pilihan warna)
b. Gunting
c. Penggaris

Bikin Sendiri Gelang Pokemon ala Pikachu

1. Ulur dan potong lakban warna kuning sepanjang 11 cm (untuk dewasa) atau lebih pendek untuk anak anak.
- Lipat lakban kedalam secara memanjang … sehingga lebarnya kini menjadi separuh, dan bagian yang berdaya rekat sudah tidak tampak.


2. Potong lakban warna hitam bentuk lingkaran dan putih bentuk persegi panjang kecil … ini untuk komponen mata pikachu – sebanyak 2 set.
Diameter lingkar mata disesuaikan agar proporsional terhadap lebar lakban yang terlipat tadi.

- Bikinlah 2 buah lingkaran dari lakban warna merah untuk rona pipi pikachu ^_^
- Bikin juga dari lakban hitam 4 buah persegi panjang kecil dan 1 buah segitiga untuk ditempelkan menjadi bentuk hidung.

Cara Membuat Gelang Pikachu dari isolasi
Pics : Cute lil cupcakes

3. Tempelkan semua komponen, dibagian tengah lakban kuning.
- Terakhir … untuk penggunaan di tangan
Temukan kedua ujung lakban kuning, buka lipatan ujung yang satu agar ujung lainnya bisa sobat masukkan ke dalamnya sekitar sedalam 2 cm
- ingat … sesuaikan lingkar lakban kuning dengan lingkar pergelangan punggung tangan sobat agar bisa masuk gelangnya di tangan.
  
Yup … jadilah Gelang Pikachu … Monster Electrik Pookemon go !
Tips :
- Agar Gelang bisa flexible dan pas enak ditangan, jangan menggunakan cara perekatan permanent diatas, namun gunakan tali atau pita hitam / merah dengan terlebih dahulu membuat lubang bulat pada kedua ujung lakban kuning tersebut.

- cara lain, bisa memanfaatkan Velcro atau kancing, bagi yang mau ribet menjahit :)
Dah Siap Hunting Pokemon … ?
# Atau Kembali ke :

Baca Selengkapnya…



2016/07/22

25 Tutorial Kerajinan Tangan/Membuat Barang dari Benang/Tali

BintangTop.com - Benang maupun tali mudah didapatkan dimana saja, bahkan termasuk barang yang murah namun memiliki manfaat yang beraneka dan luar biasa untuk keperluan / kehidupan sehari hari …

Seperti cara membuat gantungan kunci dari tali, cara bikin gelang dari benang, diy aksesoris, hiasan, menggunakan benang / tali sebagai mainan, alat olahraga, serta Tips / Trik memanfaatkan benang dan tali menjadi barang apa saja yang sekiranya berguna.

Dibawah ini adalah berbagai tutorial yang saya kumpulkan dari aneka artikel yang pernah terbit di BintangTop.com , kesemuanya adalah step by step / dilengkapi langkah langkah yang jelas dalam cara membuat suatu barang atau kerajinan dalam hal memanfaatkan benang maupun tali sebagai bahan utamanya maupun Tips / Trik yang berhubungan dengan Tali.

25 Tutorial Kerajinan Tangan/Membuat Barang dari Benang/Tali

Well … Check it Out Gan …

Kumpulan Tutorial Kerajinan / DIY Barang dari benang dan Tali








25, 26, 27, … New Articles … In Progress …

Silakan dilihat 1 per 1 sesuai kebutuhan, semoga dapat menjadi inspirasi maupun sebagai referensi bagi para sobat BintangTop.com sekalian dalam pembuatan aneka kerajinan tangan dari benang/tali lainnya.

Silakan Share / Bookmark, Semoga Bermanfaat untuk para sobat sekalian.

NOTES :

- Kesemua artikel adalah tulisan kami, Dilarang menampilkan di media lain tanpa menyertakan sumber / link aktif menuju BintangTop.com
- Sebagian gambar adalah sekedar ilustrasi untuk pemahaman, dan tidak ada jaminan bahwa barang buatan sobat akan sama dengan yang dicontohkan karena perbedaan alat / kondisi yang ada.

Baca Selengkapnya…



2016/07/21

Gelang Trendy Benang dengan Teknik Macrame -Square Knot

Hai pembaca setia Bintangtop.com ! Kali ini saya akan berbagi tips membuat gelang trendy yang cantik dengan teknik anyaman macrame dasar. Macrame apa sih?

Macrame itu singkatnya sih seni menganyam. Teknik yang digunakan sangat dasar dan mudah, yakni namanya square knot, penasaran apakah itu square knot? Dan proses membuat gelangnya bagaimana,

yuk simak aja artikel berikut ini, jangan dibaca aja, tapi coba praktekkan ya, terus pakai gelangnya biar tambah keren … tentu teman teman kalian bakalan pada tertarik … :)

Cara Membuat Sendiri Gelang dari Benang Rajut

Cara Membuat Sendiri Gelang dari Benang Rajut

Bahan dan Alat :
a. Benang Rajut
b. Manik-manik
c. Lem Tembak
d. Gunting
e. Gesper
(cop copan plastik kayak di tali helm atau tas), beli yang ukuran kecil.

Bikin Sendiri Gelang Trendy dengan Teknik Macrame – Square Knot

Bagian 1 (Benang Utama) :

1. Potong 2 helai benang rajut dua/tiga kali panjang pergelangan tangan. Dan 1 sumbu utama yang lebih pendek (bisa seukuran pergelangan tangan dilebihkan sedikit untuk tali ujung).

2. Masukkan 3 buah manik manik kedalam sumbu utama untuk mempermudah proses penganyaman.
Catatan : Namun jika malah merasa kesulitan, manik-manik boleh ditaruh dibelakang.

teknik dasar square knot

3. Tali ketiga ujung benang dengan cara menyatukannya untuk mempermudah proses penganyaman.



4. Perlu diingat sumbu utama tidak dianyam, yang dianyam hanya dua helai benang lain yang lebih panjang.

5. Anyaman ini akan menggunakan square knot technique dasar pada macrame. Silahkan lihat gambar nomor 1 s/d 4.



6. Ulangi terus gambar 1 dan ditutup gambar 2 hingga anyaman mencapai tengah (sisakan untuk manik manik).



7. Ketika sudah sampai tengah manik-manik pertama silahkan dimasukkan keatas. Kemudian lakukan square knot technique satu kali saja seperti proses anyaman sebelumnya. 

cara memasang dan mengikat manik / monte

8. Ulangi pada manik-manik 2 dan 3.

9. Ketika semua manik-manik sudah dikunci dengan square technique silahkan mengulangi proses square knot techique hingga benang mencapai ujung yang lain.

benang utama gelang telah jadi


Bagian 2 (hiasan benang samping) :

1. Potong 6 helai benang seukuran sumbu utama.

benang rajut 3 warna

2. Lakukan proses pengepangan (kelabang) biasa pada 3 helai masing masing.

mengepang 3 benag / kalabang

3. Hasil dua buah benang yang sudah dikepang tadi silahkan dikunci ujung benangnya.


Bagian 3 (penyatuan) :

1. Ambil 3 bagian benang yang sudah dianyam tadi dengan menata urutannya adalah : Tali kepang 1 – Benang Utama – Tali kepang 2

2. Satukan bagian bagiannya dengan menalinya dengan cara biasa.

membuat ikatan simpul pada tali

3. Rapikan ujungnya.

merangkai benang jadi gelang

4. Ambil gesper 1 set, masukkan 3 ujung benang yang sudah disatukan pada masing masing ujung gesper.

pasang gesper 1 set pada gelang dari benag

5. Kemudian ujung benangnya silahkan direkatkan dengan lem tembak pada gespernya.

6. Rapikan sisa sisa lem tembak.

Bikin Sendiri Gelang Trendy dengan Teknik Macrame – Square Knot

7. Gelang cantik kreasi sendiri inipun siap sobat gunakan, para teman pasti pada pingin :)

Wah lumayan ya jadinya, handmade sendiri memang tiada duanya.
Selain para sobat BintangTop.com bisa menambah kemampuan kreativitas tangan, juga bakal menambah koleksi aksesoris kalian.

- Dan kalau mau … bisa dijual lho, lumayan kan. Tertarik? Yuk dipraktekkan.

Baca Selengkapnya…



Cara Membuat RADIO Sederhana - DIY Mini FM Transmitter

Buat para sobat BintangTop.com yang memiliki hobi elektronika, pada tutorial ini kita mau sharing cara membuat mini radio sederhana, dimana kita tahu … Radio telah menjadi alat komunikasi yang sudah digunakan sejak abad 19.

Radio yang akan dibuat pada kesempatan ini menggunakan modulasi frekuensi (FM) yaitu sepeti gelombang radio yang biasa kita gunakan untuk menyetel musik pada radio tape, mobil, dan handphone.

Prinsip utama radio adalah adanya transmitter dan receiver, transmitter adalah pengirim pesan melalui frekuensi FM dan receiver adalah penerima pesan. Pada tutorial kali ini, kita akan mencoba membuat transmitternya dari komponen elektronika sederhana.

Cara Membuat Sendiri Radio FM Sederhana
Cara Membuat Sendiri Radio FM Sederhana

Komponen elektronika :
1. PCB lubang polos
2. Transistor NPN BC547
3. Microphone
4. Variable capacitor 47pf
5. L1 = Inductor 0.1uH
6. R1 = Resistor 4.7 kW
7. R2 = Resistor 330 W
8. R3 = Resistor 220 W
9. Kapasitor 1nf (102)
10. Kapasitor 10pf
11. Baterai 9V
12. LED (opsional)

Alat/Tools:
1. Solder
2. Timah
3. Tang potong  

Catatan:
*Komponen elektronika bisa diperoleh di toko elektronika, untuk daerah jakarta bisa diperoleh di glodok atau bisa juga di toko online semacam tokopedia / bukalapak, dll.


Langkah – langkah Cara Bikin Sendiri Simple Mini Radio FM

1. Siapkan seluruh komponen elektronika, ilustrasinya kira-kira seperti ini:

komponen elektronika bikin radio

2. Pasangkan komponen pada PCB, dan buatlah konfigurasi seperti rangkaian di bawah ini:

rangkaian RADIO Sederhana -  FM Transmitter

3. Jika komponen sudah tersambung, solder komponen tersebut. Jika telah selesai, kira-kira hasilnya seperti ini:

Cara Membuat RADIO Sederhana - DIY Mini FM Transmitter

4. Pastikan seluruh komponen berfungsi dan jalur rangkaian tidak terputus, gunakan multimeter untuk mengecek jalurnya.
5. Jika telah selesai, kita akan mencoba menguji mini FM transmitter.

Pengujian:
1. Siapkan radio tape atau radio pada handphone anda, ini berfungsi sebagai receiver yang akan menerima sinyal berisi pesan dari transmitter.
2. Tuning variable kapasitor secara manual untuk memperoleh frekuensi yang sama dengan receiver. Contoh pada receiver sebesar 87.5 MHz
3. Untuk menentukan frekuensi, bisa juga menggunakan persamaan berikut, dengan nilai L sebesar 0.1 uH :
rumus persamaan frekuensi
4. Berikan input suara pada microphone transmitter, kalian bisa menggunakan musik atau suara sendiri. Usahakan jarak antara transmitter dan receiver cukup jauh, agar mudah membedakannya.
5. Jika pada receiver telah terdengar suara dari transmitter maka percobaan kalian berhasil.

Nah, demikianlah tutorial membuat Radio mini FM transmitter ini.
- Jika para sobat BintangTop.com merasa kesulitan, kalian bisa berkonsultasi dengan guru fisika atau elektronika di sekolah. Karena, prinsip radio awalnya berasal dari hukum fisika, yaitu energi elektomagnetik.
- Silahkan mencoba sesuai dengan kemampuan dan kreativitas kalian !
Yuzwan P

Baca Selengkapnya…